KONSEP PENCIPTAAN MANUSIA (KHALIQUL BASYAR) SEBAGAI LANDASAN RELIGIOUS PENDIDIKAN ISLAM
pdf

Keywords

Landasan, Pendidikan, Hamba, khalifah

How to Cite

Aliyah, A., Hambali, A., & Suhartini, A. (2023). KONSEP PENCIPTAAN MANUSIA (KHALIQUL BASYAR) SEBAGAI LANDASAN RELIGIOUS PENDIDIKAN ISLAM. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 188-205. https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.188-205

Abstract

Artikel ini bertujuan memahami konsep penciptaan manusia oleh Allah dalam konteks pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penlitian deskriptif, dengan pengumpulan data melalui bahasan pokok terkait materi dan analisis berdasarkan pustaka. Kesimpulan artikel bahwa manusia sebagai hamba dan khalifah Allah di bumi ini. Oleh karena itu, manusia dalam perspektif Al-Qur'an harus mencakup aspek-aspek kehidupan yang memberikan nilai-nilai yang lengkap baik di dunia maupun akhirat, serta melaksanakan tugas hidup secara individu dan sosial sesuai perintah Allah. Konsep ini berimplikasi pada pendidikan, Manusia sebagai pelaksana tugas hidup sebagai hamba Allah, memiliki dampak yang signifikan pada tujuan dan proses pendidikan. Dalam konteks ini, pendidikan tidak bisa dipisahkan dari hakikat manusia sebagai hamba Allah.

https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.188-205
pdf

References

A. Samad, S. A. (2020). Pembelajaran Akhlak Tasawuf Dan Pembentukan Karakter Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(2), 149–162. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.382

Al-Sheikh, A. B. M. B. A. B. I. (1959). Tafsir Ibnu Katsir. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).

Albina, M., & Aziz, M. (2021). Hakikat Manusia dalam Al-Quran dan Filsafat Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02), 731–746. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2414

Aziz, A. A., Budiyanti, N., Ahmad, N., Suhartini, A., & Prayoga, A. (2020). PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA MA ’ RIFATULLAH. February 2021. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.997

Fahrudin, A. (2020). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian: Kompetensi dan Strategi Jitu Riset Peneliti (1st ed.). UIN SATU PRESS.

Hanefar, S. B., Sa’ari, C. Z., & Siraj, S. (2016). A Synthesis of Spiritual Intelligence Themes from Islamic and Western Philosophical Perspectives. Journal of Religion and Health, 55(6), 2069–2085. https://doi.org/10.1007/s10943-016-0226-7

Hasbiyallah, & Ihsan, M. N. (2019). Konsep Pengenalan Allah (Ma’rifatullah) Implikasinya Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Perspektif, 3(1), 1–14.

Hassan, A., Suhid, A., Abiddin, N. Z., Ismail, H., & Hussin, H. (2010). The role of Islamic philosophy of education in aspiring holistic learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5(1), 2113–2118. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.423

Hidayat, R. (2017). Konsep manusia dalam Al-Qur’an. Almufida, 2(2), 118–133.

Kaspullah, & Suriadi. (2020). Konsep ‘Abd Allah Dalam Perspektif Teologi Pendidikan. Jurnal Madaniyah, 10(561), 33414.

Mahirah, B. (2018). Prinsip Dasar Islam tentang Manusia. Inspiratif Pendidikan, VII(2), 421–436.

Muhidin, M., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2021). Kesadaran Akan Maksud dan Tujuan Penciptaan Manusia. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 3(2), 150–159. https://doi.org/10.47467/assyari.v3i2.460

Muhlasin. (2019). Idarotuna,Vol. 1.No. 2.April2019. 1(2), 46–60.

Mukri, R., & Sauri, S. (2022). Analisis Evaluasi Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum di SDIT Insantama Leuwiliang. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, Volume 21(Nomor 2), 96–103. https://doi.org/10.17467/mk.v22i1.1872

Muzakki, H., Natsir, A., & Fahrudin, A. (2021). Transformasi Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam dengan Nilai Islam Indonesia (dari Pendekatan Monodisipliner menuju Pendekatan Interdisipliner). Journal of Islamic Education Research, 2(1), 27–44. https://doi.org/10.35719/JIER.V2I1.114

Priatna, T., & Ratnasih, T. (2017). Konsep Manusia Ahsani Taqwim Dan Refleksinya Dalam Pendidikan Islam. Artikel Ilmiah, 16.

Puspitasari, M. (2022). Kerjasama Dalam Lembaga Pendidikan Berdasarkan Tafsir Al-Qur’an Surat Al-Maidah Ayat 2. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 209–221. https://doi.org/10.51878/learning.v2i3.1521

Raini, M. A. dan. (2018). Konsep khalifatullah dan implikasimya terhadap pendidikan islam perspektif M. Quraish shihab. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 2443–2741.

Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Satriadi, I. (2009). Tujuan Penciptaan Manusia Dan Nilai Edukasinya (Kajian Tafsir Tematis). Ta’dib, 11(2). https://doi.org/10.31958/jt.v12i1.153

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Suarning Said. (2017). Wawasan Al-Quran Tentang Ibadah. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Suhartini, A., Nurwadjah, A., Bandung, U. P., & Islam, P. (2022). Konsep Pengenalan Allah ( Ma ’ Rifatullah ) dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. 1(1), 37–50.

Warsah, I. (2018). Pendidikan Keimanan sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah Psikologi Islami. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 1–16.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.