IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
pdf

Keywords

Penerapan Pembelajaran Interaktif, Pemahaman Siswa

How to Cite

Fatkhulloh, M., & Mardiyah, M. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 28-49. https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.28-49

Abstract

Pembelajaran interaktif adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru saat mengajar. Guru memainkan peran penting dalam menciptakan suasana pendidikan yang interaktif, di mana siswa dapat berkomunikasi satu sama lain, dengan guru, dan dengan sumber belajar mereka. Pembelajaran interaktif dirancang sedemikian rupa sehingga fokus pembelajaran terpusat pada siswa sehingga mereka dapat belajar dengan lebih baik dan lebih memahami apa yang mereka pelajari. Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik triangulasi untuk menguji validitas data. Hasil penelitian penulis adalah jawaban atas rumusan masalah Pertama: Implementasi Pembelajaran PAI interaktif memerlukan kegiatan Pendahuluan, Pelaksanaan, dan Penutup. Kedua, pemahaman yang lebih baik tentang translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi diperoleh melalui model pembelajaran interaktif PAI. Ketiga, peneliti menemukan bahwa faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan pembelajaran interaktif PAI untuk meningkatkan pemahaman siswa di SDN Kertajaya Surabaya adalah sebagai berikut: a. Faktor-faktor yang mendukung termasuk pimpinan sekolah, guru, siswa, dan tokoh masyarakat; b. Faktor-faktor yang menghambat termasuk diri sendiri, lingkungan, dan perbedaan latar belakang siswa.

https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.28-49
pdf

References

Ahmad, J., Rahmawati, D., & Anwar, R. B. (2020). Proses Translasi Representasi Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika yang Berorientasi pada High Order Thinking Skills. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika640, 9(3), 631. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2886

Aini, P. N., Hariyani, S., & Suwanti, V. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Menurut Teori Honey Mumfor. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 6(2), 44–52. https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1746

Amma, T., Setiyanto, A., & Fauzi, M. (2021). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik. Edification Journal, 3(2), 135–151. https://doi.org/10.37092/ej.v3i2.261

Asela, S., Salsabila, U. H., Lestari, N. H. P., Sihati, A., & Pertiwi, A. R. (2020). Peran Media Interaktif dalam Pembelajaran PAI Bagi Gaya Belajar Siswa Visual. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.242

Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA, 7(1), 131–147. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/1913

Fahrudin, A. (2020). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian: Kompetensi dan Strategi Jitu Riset Peneliti (1st ed.). UIN SATU PRESS.

Fahrudin, A. (2021). Model Aplikasi Komunikasi Daring sebagai Fasilitas Pembelajaran di Era Pandemi Covid 19. IJIC: Indonesian Journal of Islamic Communication, 4(1), 74–98. https://doi.org/10.35719/IJIC.V4I1.1123

Haliza, N., Hajari, V., Amirah Khairi, U., Dimas Jayadi, M., Kom, M., Ekonomi Dan Bisnis Islam, F., William Iskandar Ps, J. V, Estate, M., Precut Sei Tuan, K., Deli Serdang, K., & Utara Korespondensi Penulis, S. (2022). Pemanfaatan Media Microsoft Powerpoint yang Menjadi Penunjang Dalam Bidang Pendidikan dan Perusahaan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi, Dan Manajemen (JIKEM), 2(2), 2803–2811.

Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif untuk Anak Usia Dini. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Indriani, Nelly; Setiawan, I. (2012). Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(2), 41–48.

Jaliah, J., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 146–153. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.14

Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1404

Kahfi, M., Nurparida, N., & Srirahayu, E. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. JURNAL PETIK, 7(1), 63–70. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.986

Manjeng, J., & Jail, H. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Ekstrapolasi antara Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi. Karst: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(2), 54–61. https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.698

Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69–82. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859

Musrifah, M. (2019). Analisis Kritis Permasalahan Pendidikan Islam Indonesia di Era Global. Journal of Islamic Studies and Humanities, 3(1), 67–78. https://doi.org/10.21580/jish.31.2341

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126–136. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1218

Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Analisis kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematis materi peluang pada siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matemati ka, 06(02), 2286–2297.

Sobari, D. (2020). Analisis Penerjemahan Teks Berbahasa Arab dalam Buku Mahfuzhat: Kumpulan Kata Mutiara, Peribahasa Arab-Indonesia. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 20(2), 97–112. https://doi.org/10.19109/tamaddun.v20i2.6674

Sulaiman, A., & Syakarofath, N. A. (2018). Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam. Buletin Psikologi, 26(2), 86–96. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38660

Yelvalinda, Y., Pujiastuti, H., & Fatah, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pemahaman Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23–32. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6108

Zulaikah, S. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Negeri 40 Purworejo. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(2), 193–218. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i2.253

Zulmiyetri, nurhastuti, S. (2019). Penulisan Karya Ilmiah. Stkip Siliwangi Bandung, 1–47. file:///G:/PAI P4/MODUL-PENULISAN-KARYA-TULIS-ILMIAH.pdf

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.