PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN GAME ONLINE TERHADAP AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH MASYARIQUL ANWAR CARINGIN
pdf

Keywords

Sosial media, Game Online, Akhlak Siswa.

How to Cite

Alauddin, F., Wasehudin, W., & Haetami, Z. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN GAME ONLINE TERHADAP AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH MASYARIQUL ANWAR CARINGIN. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 65-84. https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.65-84

Abstract

Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui: (1) Pengaruh media sosial terhadap akhlak siswa di Madrasah Aliyah Masyariqul Anwar Caringin, (2) pengaruh game online terhadap akhlak siswa di Madrasah Aliyah Masyariqul Anwar Caringin, (3) pengaruh media sosial dan game online terhadap akhlak siswa di Madrasah Aliyah Masyariqul Anwar Caringin, Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Selanjutnya untuk mendapatkan pengaruh sosial media dan game online terhadap akhlak siswa peneliti menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan software SPSS 26.0. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa; (1) Hasil pengujian menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh terhadap akhlak siswa di Madrasah Aliyah Masyariqul Anwar Caringin. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil uji t dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H01 ditolak dan Ha1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa media sosial berpengaruh terhadap akhlak siswa di Madrasah Aliyah Masyariqul Anwar Caringin. (2) Hasil pengujian menunjukkan bahwa game online berpengaruh terhadap akhlak siswa di Madrasah Aliyah Masyariqul Anwar Caringin. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil uji t dengan nilai sig diperoleh nilai 0,000 < 0,05 sehingga H02 ditolak dan Ha2 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa game online berpengaruh terhadap akhlak siswa di Madrasah Aliyah Masyariqul Anwar Caringin. (3) Media sosial dan game online berpengaruh terhadap akhlak siswa di Madrasah Aliyah Masyariqul Anwar Caringin. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil uji F yang diperoleh nilai 0,000 < 0,05 sehingga H03 ditolak dan Ha3

https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.65-84
pdf

References

A.N, S., Meidawati, Bayu, & Rani. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Athilakshmi, V. (2019). College student attitude towards social media. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 6(1), 33–41. https://doi.org/10.21744/irjmis.v6n1.481

Aziza, I. F., Azhar, I. M., & Rofik, A. (2021). Game Online dan Pengaruhnya Terhadap Akhlak Siswa Sekolah Menegah Pertama Negeri di Kabupaten Malang. … Alamin: Journal …, 4(1), 1–8.

Dumrique, D. O., & Castillo, J. G. (2018). Online Gaming: Impact on the Academic Performance and Social Behavior of the Students in Polytechnic University of the Philippines Laboratory High School. KnE Social Sciences, 3(6), 1205–1210. https://doi.org/10.18502/kss.v3i6.2447

Fahrudin, A. (2020). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian: Kompetensi dan Strategi Jitu Riset Peneliti (1 ed.). UIN SATU PRESS.

Fahrudin, A. (2021). Model Aplikasi Komunikasi Daring sebagai Fasilitas Pembelajaran di Era Pandemi Covid 19. IJIC: Indonesian Journal of Islamic Communication, 4(1), 74–98. https://doi.org/10.35719/IJIC.V4I1.1123

Feoktistov, A. V., Trofimenko, O. N., Ognev, S. P., Lyakhovets, M. V., & Koynov, R. S. (2020). Digital platform as a professional education management tool. Journal of Physics: Conference Series, 1691(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1691/1/012058

Goel Divya, M. S. (2016). Impact of Students Attitudes Towards Social Media Use in Education on Their Academic Performance. AIMA Journal of Management & Research, 10(4), 1–16.

Haviluddin. (2019). Profesor dan Lektor Kepala: Greget atau Gregetan (Refleksi Permenristekdikti No. 20/2017). LP3M Universitas Mulawarman. http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/1171

Kuswandi, I., & Kuswandi, I. (2017). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita dengan Mengoptimalkan Penggunaan Media yang Ada di Lingkungan Sekolah Dasar Luar Biasa Saronggi Kabupaten Sumenep. 1(2), 30–42.

Ma’rufah, N., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. (2020). Degradasi Moral Sebagai Dampak Kejahatan Siber Pada Generasi Millenial di Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 191–201.

Moleong Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Namlı, S., & Assistant Gönül Tekkurşun Demir, R. (2020). The Relationship between Attitudes towards Digital Gaming and Sports. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 19(1), 41–52.

Saunders, K., & Novak, J. (2012). Game Development Essentials: Game Interface Design. In Zhurnal Eksperimental’noi i Teoreticheskoi Fiziki.

Setiawan, D., Rahman, A., & Ramadhan, I. (2019). Pengaruh Media Sosial terhadap Akhlak Siswa. Mozaic: Islam Nusantara, 5(1), 73–84. https://doi.org/10.47776/mozaic.v5i1.133

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sutrisno Hadi. (1973). Metodologi Research. Fakultas Psikologi UGM.

Syawaludin, Hakim, M. I., & Zaini, M. (2022). Dampak Media Sosial Terhadap Akhlak Peserta Didik (Studi Kasus di MA NW Lenek Tahun Pelajaran 2021-2022). Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 60–72.

Wahyudi, D. (2017). Pengantar Akidah Akhlak dan Pembelajarannya. In Nuryah (Ed.), Pengantar Akidah Akhlak dan Pembelajarannya (1 ed.). Lintang Rasi Aksara: Yogjakarta.

Yuan, D., Rahman, M. K., Issa Gazi, M. A., Rahaman, M. A., Hossain, M. M., & Akter, S. (2021). Analyzing of User Attitudes Toward Intention to Use Social Media for Learning. SAGE Open, 11(4), 1–13. https://doi.org/10.1177/21582440211060784

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.