MODEL PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP SKILL PADA MATERI AJAR PAI DI SMK DAARUT TAUHIID
pdf

Keywords

Model
Pendidikan Entrepreneurship
Materi Ajar
PAI

How to Cite

Huda, M., Syahidin, S., & Kosasih, A. (2023). MODEL PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP SKILL PADA MATERI AJAR PAI DI SMK DAARUT TAUHIID. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 365-381. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.365-381

Abstract

Fenomena yang terjadi saat ini di Indonesia, keterampilan siswa dalam berwirausaha masih rendah sedangkan dengan majunya teknologi dan perkembangan zaman, siswa dituntut untuk menguasasi segala bidang termasuk kewirausahaan atau entrepreneurship. Lebih miris lagi berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada bulan Agustus 2021 menunjukkan jumlah pengangguran di Indonesia didominasi oleh lulusan SMK hal ini disebabkan banyaknya peserta didik yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang selanjutnya dan tidak mempunyai bekal yang cukup mereka hanya siap untuk mengisi lowongan pekerjaan dibanding menciptakan lapangan pekerjaan. Penelitian ini dilakukan untuk memahami dan menelaah terkait perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi model pendidikan entrepreneurship skill pada materi ajar PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat empat model dalam pendidikan entrepreneurship skill pada materi ajar PAI di SMK Daarut Tauhiid yaitu, model PBL (Problem Based Learning), group small discussion, observasi dan praktik.

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.365-381
pdf

References

Almalki, Sami. “Integrating Quantitative and Qualitative Data in Mixed Methods Research—Challenges and Benefits.” Journal of Education and Learning 5, no. 3 (2016): 288.

Aminuddin, Aminuddin, dan Kamaliah Kamaliah. “Perencanaan Pendidikan Agama Islam Kontemporer.” Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman 8, no. 1 (Juni 30, 2022): 56–64. Diakses September 26, 2022. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-aulia/article/view/540.

Arsyad, Junaidi. “Metode Kisah Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer.” TAZKIYA:Jurnal Pendidikan Islam, no. 1 (2017): 1–16.

Aziz, Abdul. Materi Dasar Pendidikan Islam. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

Bager, Torben. “The camp model for entrepreneurship teaching.” International Entrepreneurship and Management Journal 7, no. 2 (2011): 279–296.

Dedi Lazwardi. “MANAJEMEN KURIKULUM SEBAGAI PENGEMBANGAN TUJUAN PENDIDIKAN.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 7, no. 1 (2017): 99–112.

Fahrudin, Ahmad. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian: Kompetensi dan Strategi Jitu Riset Peneliti. 1 ed. Tulungagung: UIN SATU PRESS, 2020.

Fayolle, Alain, Benot Gailly, dan Narjisse Lassas-Clerc. “Assessing the impact of entrepreneurship education programmes: A new methodology.” Journal of European Industrial Training 30, no. 9 (2006): 701–720.

Hamim, Ahmad Husni, Muhidin Muhidin, dan Uus Ruswandi. “Pengertian, Landasan, Tujuan dan Kedudukan PAI Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Jurnal Dirosah Islamiyah 4, no. 2 (2022): 220–231.

Hefni, Wildani. “Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Jurnal Bimas Islam 13, no. 1 (Juli 21, 2020): 1–22. Diakses Mei 13, 2022. https://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/view/182.

Hidayat, Tatang, dan Syahidin Syahidin. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Taraf Berfikir Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 16, no. 2 (2019): 115–136.

Jones, Colin. “Entrepreneurship education: Revisiting our role and its purpose.” Journal of Small Business and Enterprise Development 17, no. 4 (2010): 500–513.

Lestari, Dini Dwi, Irwandi Ansori, dan Bhakti Karyadi. “Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma.” Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 1, no. 1 (2017): 45–53.

Matlay, Harry. “Researching entrepreneurship and education: Part 2: What is entrepreneurship education and does it matter?” Education and Training 48, no. 8–9 (2006): 704–718.

Miko, R Bg, Oktavio Wijaya, dan Efri Diah Utami. “Determinan Pengangguran Lulusan SMK di Indonesia Tahun 2020 Analisis Data Sakernas Februari 2020 (Determinants of Unemployment of Vocational High School Graduates in Indonesia in 2020).” Seminar Nasional Official Statistics 2021 2020, no. 17 (2021): 801–810.

Mtebe, Joel S., dan Roope Raisamo. “A Model for Assessing Learning Management System Success in Higher Education in Sub-Saharan Countries.” The Electronic Journal of Information Systems in Developing Countries 61, no. 1 (Februari 1, 2014): 1–17. Diakses Oktober 7, 2022. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/j.1681-4835.2014.tb00436.x.

Muslimin, Erwin, Uin Sunan Gunung Djati Bandung, Siti Julaeha, dan Andewi Suhartini. “Konsep dan Metode Uswatun Hasanah Dalam Perkembangan Pengelolaan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 02, no. 1 (2021): 71–87.

Muzakki, Hawwin, Ahmad Natsir, dan Ahmad Fahrudin. “Transformasi Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam dengan Nilai Islam Indonesia (dari Pendekatan Monodisipliner menuju Pendekatan Interdisipliner).” Journal of Islamic Education Research 2, no. 1 (Juni 11, 2021): 27–44.

Nurjanah, Ayu, Erni Munastiwi, dan Siti Nur Azizah. “Manajemen Soft Skill Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran di Paud.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 7, no. 1 (Juni 25, 2022): 29–43. Diakses Oktober 7, 2022. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/15486.

Pittaway, Luke, dan Corina Edwards. “Assessment: Examining practice in entrepreneurship education.” Education and Training 54, no. 8 (2012): 778–800.

Prasetyo, Eko, Rika Gubita, dan Andaraswari Andaraswari. “Pembentukan Karakter Religius dan Tanggungjawab Peserta Didik di Smp Negeri 2 Teras Boyolal.” Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) 2, no. 2 (Desember 2020).

Rachman, Fathor. “Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran.” AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies 3, no. 2 (2018): 160–174.

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, dan Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 1–8.

Setia Budi, H. I. “Pentingnya Jiwa Kewirausahaan Sebagai Pembelajaran Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi dan Hamba Tuhan.” KINGDOM : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2022): 75–89.

Solichin, Solichin, Yoto Yoto, Abdul Qolik, dan Maftuchin Romlie. “Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Praktikum Pengelasan.” Jurnal Teknik Mesin 21, no. 1 (Juli 22, 2013): 85–92.

Stoten, David William. “Navigating Heutagogic Learning: Mapping The Learning Journey in Management Education Through The OEPA Model.” Journal of Research in Innovative Teaching & Learning. emerald.com, 2022. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/JRIT-07-2020-0038/full/html.

Susanti, Martien Herna. “Model Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Dalam Menumbuhkan Entrepreneur Muda Kreatif Dan Inovatif Di Kota Semarang.” Motiva : Jurnal Psikologi 41, no. 1 (2017): 734–742.

Syu’aib, Kholil. “Kurikulum Dalam Pendidikan Islam.” Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 15, no. 28 (2019): 68–74.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.