Abstract
Studi ini bertujuan untuk menentukan apakah kemampuan matematis siswa yang mengikuti pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, and Reflecting) berbeda dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Yang mana dilakukan dengan penelitian pendekatan kuantitatif dan menggunakan model Desain Eksperimen Quasi. Rancangan penelitian digunakan dengan menggunakan Desain Grup Kontrol yang tidak sebanding. Studi ini melibatkan mahasiswa PGMI UINSU semester IV, dan menggunakan teknik pengambilan sampel probabilitas. Selain lembar observasi, wawancara terstruktur, tindakan pre-test, post-test, dan uji hipotesis; penelitian ini menggunakan uji T. Hasil menunjukkan bahwa siswa pgmi yang menggunakan model MASTER belajar berbeda dari siswa lainnya yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Uji sampel ganda T menunjukkan perbedaan sebesar -0.143 antara pre-test dan post-test kontrol, dan nilai sig. 2 tailed 0,000 < 0,05.
References
Ardiani, N. U., Asrori, A., & Nasution, S. P. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Model Pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, Reflecting) dan Self Efficacy. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 117–125. https://doi.org/10.21580/SQUARE.2021.3.2.9324
Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal Basicedu, 6(3), 4663–4671. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I3.2837
Fahrudin, A. (2020). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian: Kompetensi dan Strategi Jitu Riset Peneliti (1st ed.). UIN SATU PRESS.
Ferinaldi, Firi, A., & Anggraini, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri Tipe MASTER Siswa kelas VIII SMPN 22 Merangin. Mat-Edukasia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–6.
Fidayanti, M., Ali, S., & YP, S. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 3(No. 1), Page 88-96.
Fridiyanto. (2019). PARADIGMA WAHDATUL ‘ULUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA SEBUAH UPAYA FILOSOFIS MENGHADAPI ERA DISRUPSI. Journal Analytica Islamica, 8(2), 149–155. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/7078
Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 179–194. https://doi.org/10.21274/TAALUM.2014.2.2.179-194
Khaulah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Master Pada Materi Theorema Pyhtagoras Di Kelas VII SMP Negeri 1 Juli. Jurnal Pendidikan Almuslim, IV(2), 44–47. http://id.wikipedia.org/wiki/Teorema_Pyt
Martinah, A. S., Kharisma, O. H., Nasution, S. P., & Pahrudin, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Master Terhadap Literasi Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 75–81. https://doi.org/10.32665/james.v2i2.94
Mediawati, E. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 5(2), 134–146. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i1.67
Musrikah. (2016). Model Pembelajaran Matematika Realistik sebagai Optimalisasi Kecerdasan Logika Matematika pada Siswa SD/MI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.21274/TAALUM.2016.4.1.1-18
Mutijah. (2018). Model Integrasi Matematika dengan Nilai-nilai Islam dan Kearifan Lokal Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–75.
Nurhudaeni, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Master Berbantuan Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Negeri 1 Sugihwaras. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(2), 163–172. https://doi.org/10.14421/jpm.2022.72.08
Nurjanah, M. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(2), 38–45. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i2.741
Rose, D. (1986). Accelerated learning. In Education + Training (Vol. 28, Issue 1). https://doi.org/10.1108/eb017217
Rosmalinda, D. (2019). Model MASTER dan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together: Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa. JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology), 2(1), 95–108. https://doi.org/10.1007/978-3-031-07753-1_7
Susilo, A. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79–93. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649
Wibowo, T. (2019). Metode Diskoveri Terbimbing (Guided Discovery): Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Sains MI/SD. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(1), 55–74. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4776
Widyastuti, Putra Wijaya, A., Rumite, W., & Rita Marpaung, R. T. (2019). Minat Siswa Terhadap Matematika dan Hubungannya dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 83–100.
Zaini, A., & Marsigit, M. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Dan Konvensional Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 152–163. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2672
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.