Abstract
Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) umum serta Sekolah Menengah Kejuruan Islam (SMKI) merupakan siswa yang harus sigap dalam situasi apapun termasuk ketika bencana terjadi. Salah satu bencana yang sering terjadi adalah gempa bumi. Siswa SMK/SMKI dengan program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan merupakan program keahlian yang lulusannya dapat melakukan pekerjaan sebagai juru gambar dalam pekerjaan perencanaan dan pelaksanaan bangunan. Hal ini ditunjang dengan pengetahuan yang harus dimiliki siswa SMK/SMKI tersebut terkait meminimalisir efek yang ditimbulkan bencana gempa bumi terhadap rumah tinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku suplemen struktur bangunan tahan gempa yang bisa diterapkan pada mata pelajaran Dasar-dasar Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan model ADDIE yang dibatasi sampai tahap development yang berisi validasi produk oleh para ahli. Validasi yang dilakukan meliputi validasi Media, Materi dan Bahasa yang keseluruhannya dihitung menggunakan formula Aiken’s V. Hasil validasi ahli media diperoleh 0.87 yang berarti validitas sangat tinggi, ahli materi sejumlah 0.83 termasuk dalam kategori sangat tinggi dan ahli bahasa diperoleh 0.83 yang termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi. Berdasarkan uraian hasil analisis tersebut, diperoleh nilai rata-rata total 0.84. Nilai termasuk termasuk kedalam kategori ‘’valid’’ (0.67 ≤ V ≤ 1). Artinya, ketiga ahli memberikan penilaian yang cenderung konsisten dan sesuai dengan indikator penilaian.
References
Abdillah, A., Degeng, I. N., & Husna, A. (2020). Pengembangan Buku Suplemen dengan Teknologi 3D Augmented Reality sebagai Bahan Belajar Tematik untuk Siswa Kelas 4 SD. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 111–118. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p111
Agung, M., Sukanto, P., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2021). Pengembangan Job Sheet Praktik Plambing di Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Risenologi, 8(2), 63–69.
Ajizah, I., & Huda, M. N. (2020). Tpack Sebagai Bekal Guru Pai Di Era Revolusi Industri 4.0. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 333–352. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.333-352
Aldo, A., & Pratama, G. N. I. (2019). Evaluasi Ketahanan Gempa Rumah Sederhana Di Kelurahan Rum, Kota Tidore Kepulauan. INERSIA: LNformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 15(2), 1–9. https://doi.org/10.21831/inersia.v15i2.28565
Arisona, R. D. (2020). Sosialisasi Dan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa Sdn 2 Wates Ponorogo. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.21154/asanka.v1i1.1939
Arthur, R., Luthfiyah, F., Maulana, A., & Maharani, S. (n.d.). The Development and Validation Theoretical Model of Vocational Literacy. 1.
Arum, A. E., Khumaedi, M., & Susilaningsih, E. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Domain Afektif (Sikap) Kepercayaan Diri pada Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 5467–5474. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3203
Bramasta, D., & Irawan, D. (2020). Mitigasi Bencana Gunung Meletus di Sekolah Rawan Bencana. Publikasi Pendidikan, 10(2), 154. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13858
Budi Margono, & Riswati. (2021). KAJIAN KELAYAKAN DESTINASI WISATA UNTUK MEWUJUDKAN PARIWISATA KELAS DUNIA (Studi pada Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat). VISIONER: Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 13(1), 13–21. https://doi.org/10.54783/jv.v13i1.370
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). View of Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21.pdf. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 01(02), 57–66.
Di, R., & Thu, A. (2023). ANALISIS BUKU AJAR DURUSULLUGHAH AL-ARABIYAH MENURUT PERSPEKTIF. TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 11, 1–27.
Fatkhulloh, M., & Mardiyah. (2023). Implementasi pembelajaran interaktif mata pelajaran pai dalam meningkatkan pemahaman siswa. TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 11, 28–49.
Hutabarat, L. E. (2023). Tinjauan Geologis Gempa Cianjur November 2022. Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Dan Lingkungan, Program Studi Sipil, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, 4(1), 46–53.
Ihsan, H. (2016). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 266. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i2.3557
Khairul Rahmat, H., & Alawiyah, D. (2020). Konseling Traumatik: Sebuah Strategi Guna Mereduksi Dampak Psikologis Korban Bencana Alam. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 6(1), 34–44. https://doi.org/10.47435/mimbar.v6i1.372
Krisnamurti, T. F. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(1), 65–76.
Masrur, H., Corebima, A. D., & Ghofur, A. (2017). Pengembangan Buku Suplemen Mutasi Gen Pada Matakuliah Genetika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1160–1167.
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Romdhonah, D. L., Sucipto, A., Dede, C., & Nekada, Y. (2019). KESIAPSIAGAAN SISWA DALAM MENGHADAPI GEMPA BUMI Jurnal ILKES (Jurnal Ilmu Kesehatan). 10(1), 1–9.
Rosyida, A., Nurmasari, R., Bnpb, S., Data Spasial BNPB, K., & Kunci, K. (2019). Analisis Perbandingan Dampak Kejadian Bencana Hidrometeorologi Dan Geologi di Indonesia Dilihat Dari Jumlah Korban Dan Kerusakan (Studi: Data Kejadian Bencana Indonesia 2018). Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 10(1), 12–21.
Sarjono, H., & Julianita, W. (2011). SPSS vs LISREL: sebuah pengantar, aplikasi untuk riset. Jakarta: Salemba Empat, 5(2), 23–34.
Setyanto, H. A., Amin, M., Lestari, U., Biologi, P., & Malang, P. N. (2016). Pengembangan Buku Suplemen Pendekatan. Jurnal Pendidikan, 1(6), 1180–1184.
Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609
Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9354
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.