INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM SHUBUH BERJAMAAH
pdf

Keywords

Subuh Berjamaah, Remaja, Kecamatan Babalan

How to Cite

Siregar, M., Nurmawati, N., & Al Farabi, M. (2023). INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM SHUBUH BERJAMAAH. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 142-160. https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.142-160

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa saja program Subuh berjemaah dan bagaimana strategi penerapan program Subuh berjemaah Dewan Pengurus BKPRMI Kecamatan Babalan yang berkaitan dengan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada remaja. Metode penelitian yang digunakan ialah metode empiris, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan studi dokumen. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa program Subuh berjemaah Dewan Pengurus BKPRMI Kecamatan Babalan yang berkaitan dengan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada remaja se-Kecamatan Babalan dilakukan dengm pembacaan Al-Qur’an, tausiah, tanya jawab, tahsin, sarapan, ishlah, dan gotong royong. Strategi penerapan program Subuh berjamaah Dewan Pengurus BKPRMI Kecamatan Babalan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada remaja se-Kecamatan Babalan, komunikasi dengan baik, ustaz dan qari terbaik, mengikutsertakan remaja. Dapat dilihat dari hasil yang dicapai pada program tersebut bahwa remaja semakin aktif ke masjid, disiplin, sopan ucap dan sikap. Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan program ini ialah, adanya dukungan masyarakat, sarana layak, donatur. Sementara itu, penghambatnya ialah tidak hadirnya Ustaz secara mendadak, masalah teknis seperti mati lampu, hingga adanya libur panjang nasional

https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.142-160
pdf

References

Ali, Mohammad. (2012). Psikolog Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Al-Jurjawi, `Ali Ahmad. (1961). Hikmah at-Tasyri` wa Filsafatuh. Juz II. Mesir: Jam`iyah al-Azhar al-`Ilmiah.

Al Khalidi, Ahmad. (2019). Komunikasi Dakwah Gerakan Pemuda Subuh dalam Menggerakkan Salat Subuh Berjemaah di Kota Lhokseumawe. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Aly, Hery Noer dan Munzier S. (2012). Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani.

Arifin. (2014). Psikologi Dakwah. Jakarta: Bulan Bintang.

Arikunto, Suharsimi. (2018). Prosedur Penelitian; suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Basrowi dan Suwandi. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, Heru. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Kemanusiaan dan Budaya. Jakarta: Rineka Cipta.

Batubara, Mustopa Marli. (2019). Membangun Budaya Salat Subuh Berjemaah di Masjid dan Gotong Royong sebagai Program Kerja Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN). Jurnal: “Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1”.

Dalimunthe, M.A., Pallathadka, H., Muda, I., Manoharmayum, D,D., Shah, A,H., Prodanova, N,A., Mamarajabov, M, E., Singer, N. (2023). Challenges of Islamic Education in the New Era of Information and Communication Technologies. HTS Theological Studies. 79(1).

Daulay, Haidar Putera. (2012). Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Kusairi, Ishaq. (2014). Husaini Al-Qur’an dan Tekanan Jiwa. Jakarta: Sadra Press.

Miles, B. Matthew dan A. Michael Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif; Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Murti, Siti dan Heriyanto. (2021). Program Salat Subuh Berjamah dan Kesadaran Beragama. Jurnal: “Islamic Science, Culture, and Social Studies, Vol. 1, No. 2”.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.