POLA PENDAMPINGAN DAN PEMBINAAN SISWA DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA KEISLAMAN DI SMP AL IRSYAD SURAKARTA
pdf

Keywords

Pendampingan Siswa
Pembinaan Siswa
Budaya Islam

How to Cite

Putri, M. S., & Mustofa, T. (2023). POLA PENDAMPINGAN DAN PEMBINAAN SISWA DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA KEISLAMAN DI SMP AL IRSYAD SURAKARTA. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 161-187. https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.161-187

Abstract

Budaya keislaman ialah kultur, kebiasaan, atau aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat dengan mengaitkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pendampingan dan pembinaan siswa menjadi salah satu solusi dalam melestarikan budaya keislaman terutama di lingkup sekolah. Pendampingan dan pembinaan siswa   berupaya untuk memberikan bimbingan, dukungan, maupun mempersiapkan peserta didik agar menjadi individu yang berkualitas dan terhindar dari dampak negatif.  Didasarkan dengan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki tujuan berikut, yaitu: (1) menggambarkan budaya keislaman dari aktivitas dan aturan yang berlaku di SMP Al Irsyad Surakarta sebagai tempat dimana peserta didik dapat melestarikan tradisi yang ada dalam agama Islam dan (2) mengulas peranan pendampingan dan pembinaan siswa melalui pola bina prestasi dalam bidang cerdas cermat Islami sejak program tersebut dicetuskan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah kepala sekolah, guru pamong, guru dibidang kesiswaan, siswa kelas VII-XI, dan buku panduan dari SMP Al Irsyad Surakarta. Selanjutnya teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari observasi lapangan, pengumpulan informasi dengan narasumber yang terkait berupa hasil wawancara, serta dokumentasi rekaman dan gambar sebagai bahan pendukung penelitian. Kemudian data analisis dilakukan melalui tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji validitas bersifat triangulasi sumber guna mendapatkan keselarasan antara fenomena dengan beberapa narasumber. Hasil penelitian ini berupa bentuk budaya Islam dari upaya-upaya yang dilakukan SMP Al Irsyad Surakarta. Adapun wujud implementasi program bina prestasi secara umum dan spesifik di bidang cerdas cermat Islami. Program bina prestasi menjadi salah satu terobosan dua tahun terakhir sebagai sekolah Quran.

https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.161-187
pdf

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Ali, M., & Istanto, I. (2018). Pengembangan Manajemen Sekolah Islam Unggul: Mempertimbangkan Pendekatan Total Quality Management (TQM). Suhuf, 30(1), 57–70.

Anam, K. (2018). Pengembangan Budaya Disiplin Pada MTsN Tunggangri, MTsN Tulungagung, dan MTsN 2 Kota Kediri. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 281–312.

Ariyanti, G., Rahajeng, R., & Sumadji, A. R. (2019). Pembinaan Olimpiade Sains Melalui Pemberdayaan Klub Matematika dan IPA bagi Siswa SMP di Kota Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 350–358.

Berliana, A., Budiman, S., & Riniwati, R. (2023). Implementasi Etika Mengajar Wali Peserta Didik dalam Mendidik Karakter Anak SMP Usia 13-15 Tahun. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(1), 76–92.

Dahlan, M. Z. (2023). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Madrasah Inklusi MIMA Jombang 02 Jember. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(1), 57–66.

Darmayanti, N. W. S., Janawati, D. P. A., Sudirman, I. N., Putra, I. K. D. A. S., Persi, N. N., Setiawati, N. W. I., Saputri, N. W. T., Arianti, N. N., Meitri, D. A. K., & Wahyun, I. G. A. T. (2023). Pendampingan Siswa SD N 1 Cempaga yang Mengalami Kesulitan Membaca. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 3069–3072.

Elmansyah, T., Rizal, Y., Hidayati, N. W., Martin, M., & Trisnowati, E. (2022). Pembinaan dan Pendampingan Belajar Pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB C Kinasih. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 384–388.

Febrian, A. (2023). Tren Cukur Qaza’ dalam Perspektif Hadis. UInScof, 1(1), 135–149.

Fikri, K. (2019). Pelaksanaan Program Bina Prestasi Dalam Meningkatkan Soft Skills Siswa MTsN 6 Ponorogo [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/8335/

Hakim, N., & Sholihah, I. (2022). Implementasi Media Komik dalam Meningkatkan Ketrampilan Menulis Puisi Siswa MI Al-Hidayah. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 176–191.

Haryanti, N., & Indarti, L. (2022). Strategi Pembelajaran Kiai dalam Membentuk Karakter Jujur dan Disiplin Santri. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 121–136.

Hatim, M. (2018). Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 140–163.

Kementrian Agama, R. I. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019, Juz 1--10. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. https://pustakalajnah. kemenag. go. id ….

Kholis, N. (n.d.). Pertautan Agama dan Budaya dalam Keislaman Komunitas Piti Jepara. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 14(1), 82–91.

Kurikulum, B. S., & Pendidikan, A. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Tersedia Pada Http://Kurikulum. Kemdikbud. Go. Id/Wp-Content/Uploads/2022/07, 2.

Kurnia, A., & Kaloeti, D. V. S. (2019). Penerapan Adab Penggunaan Media Sosial Siswa Sekolah Dasar: Komparasi Sekolah Islam dan Sekolah Umum. JPIB: Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 2(2), 99–110.

Moh Zaiful Rosyid, D. (2019). Prestasi belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Munawir, A., Masykur, M., Darsan, H., Supardi, J., Murhaban, M., & Farizal, T. (2022). Pembinaan dan Pendampingan Siswa SMA Labs School Unsyiah dalam Persiapan Olimpiade Fisika. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 4(1), 110–117.

Nurastanti, Z., Ismail, F., & Sukirman, S. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 41–46.

Putri, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Bina Diri Memakai Sepatu Melalui Teknik Modelling Pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar III Di SLB Katolik Rajawali Makassar.

Rachmah, I. E. (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Religius Pada Smp Muhammadiyah 4 Banjarmasin. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(1), 1–26.

Revita, F., Dewa, M., Anjani, L., & Fatoni, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Al-Irsyad Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(1).

Shofi, A. H. (2021). Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Penyelenggaraan Program Kelas Bina Prestasi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Jember [UIN KH Achmad Siddiq]. http://digilib.uinkhas.ac.id/7300/

Suluri, S. (2019). Pendidikan Islam Berwawasan Budaya. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 191–202.

Sutikno, M. S., & Hadisaputra, P. (2020). Penelitian Kualitatif. Lombok: Holistica.

Wafa, A., Rafiuddin, A., Lukman, L., Jali, J., Imamah, I., & Musyarrofah, M. (2021). Pendampingan Pembinaan Baca Tulis Al-Quran, Ibadah dan Moral Remaja Desa Daleman Dusun Bates Kedungdung Sampang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 123–136.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.