Sekolah Unggulan: Pemisahan Gender dan Pendekatan Adab
pdf

Keywords

Pendidikan, Pemisahan, Gender, Pendekatan, Adab

How to Cite

Waliyuddin, A., & Rushd, D. I. (2024). Sekolah Unggulan: Pemisahan Gender dan Pendekatan Adab. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 263-277. https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.2.263-277

Abstract

Pendidikan memainkan peran sentral dalam membentuk karakter generasi muda di era pendidikan yang kompleks. Artikel ini mengulas dampak model pendidikan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta, yang mengombinasikan pemisahan gender dan pendekatan adab. Program unggulan ini, dimulai pada tahun 2006, bertujuan meningkatkan dimensi spiritual, moral, dan akademik siswa. Dengan memisahkan siswa berdasarkan jenis kelamin dan mengintegrasikan nilai-nilai adab Islam, sekolah ini berupaya menciptakan lingkungan belajar holistik. Penelitian ini menggali implementasi model pendidikan tersebut dengan fokus pada dampak terhadap perilaku, semangat belajar, dan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan observasi partisipatif dan wawancara dengan stakeholder terkait. Hasilnya menunjukkan keberhasilan program dalam meningkatkan disiplin dan semangat belajar, meskipun menghadapi tantangan bersaing dan dinamika internal. Meskipun pemisahan kelas berdasarkan gender memengaruhi pola komunikasi siswa, prestasi akademis dipengaruhi oleh motivasi, dedikasi, dan dukungan keluarga. Evaluasi siswa dan situasi ujian menjadi tantangan dalam implementasi program ini. Meskipun demikian, program ini menjadi contoh bagaimana pendekatan holistik dapat membawa dampak positif yang besar dalam dunia pendidikan.

https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.2.263-277
pdf

References

Akhwan, M. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. El-Tarbawi, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art6

Azizi, M. (2020). Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Keagamaan di SDN Bletok Bungatan Situbondo. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(3), 323–340. https://doi.org/10.35719/educare.v1i3.36

Faizin, A., & Kusumaningrum, H. (2023). Review Model-model Evaluasi Program Untuk Pendidikan dan Pelatihan Online. EduManajerial, 1(1), 42–54. https://doi.org/10.15408/em.v1i1.32245

Izzah, L., & Hanip, M. (2018). Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Pembentukan Akhlak Keseharian Santri Sunan Gunung Jati Gesing Kismantoro Wonogiri Jawa Tengah. Literasi, 9(1), 63–76.

Kasim, T. S. A. T., & Fadillah Manso. (2021). Pedagogi Berasaskan Pendekatan Induktif Dan Deduktif: Praktis Dalam Pendidikan Kewangan Islam. Online Journal of Islamic Management and Finance, Vol 1 No 1 (2021) 63-77, 1(9), 63–77.

Lutfiwati, S. (2020). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 55.

Mohamad Ali, A. R. (2018). Learning From The Success of Character Education Model in Muhammadiyah Schools: Case Study SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta AND SMP Birul Walidain Muhammadiyah Sragen. ISEEDU, 2(87), 282.

Muafiah, E. (2018). Realitas Segregasi Gender di Pesantren. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, Series 2, 1066–1078.

Muhammad Anas Ma`arif, & Ibnu Rusydi. (2020). Implementasi Pendidikan Holistik Di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(1), 100–117.

Mujtahid, M. (2017). Model Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Terintegrasi Dalam Perkuliahan Pada Jurusan Pai – Fitk Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 17(2), 230. https://doi.org/10.18860/ua.v17i2.3832

Purwadhi, P. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968

Roviza, R. (2018). Implementasi Penddikan Karakter Dalam Membentuk Kedisiplinan Dan Tanggung Jawab Siswa ( Studi Kasus di SD Al-Syukro Universal Ciputat Tangerang Selatan ).

Sari Gasi, G., & Aulya, D. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March).

Tampubolon, D. P. (2001). Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21. PT. Gramedia Pustaka Ilmu, XX(4), 345–346.

Taqiyah, B. (2016). Pengaruh Pemisahan Kelas Peserta Didik Laki-Laki dan Perempuan terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta. SKRIPSI, 13(3), 44–50.

Toriq, M. (2018). Pemisahan Rombongan Belajar Berbasis Gender: Studi Komparatif Hasil Belajar Kelas Laki-Laki dan Perempuan Di Madrasah Aliyah Yajri Payaman Magelang.

Yuliana, N., R, M. D., & Fahri, M. (2020). Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 15–24. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.15872

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.