Manajemen Program Tahfidz al-Qur’an dalam Mencapai Keberhasilan Lulusan
pdf

Keywords

Manajemen, Program, Tahfidz, Al-Qur’an

How to Cite

Zauhara, F., & Mustofa, T. A. (2024). Manajemen Program Tahfidz al-Qur’an dalam Mencapai Keberhasilan Lulusan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 241-262. https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.2.241-262

Abstract

Lembaga Pendidikan saat ini, telah banyak yang menyediakan program tahfidz untuk mendukung kualitas nilai dari setiap lulusan seperti halnya di SMP Al Irsyad Surakarta. Keberhasilan dan pencapaian disetiap lulusan bisa dilihat dari siswa yang mampu menghafal al-Qur’an sesuai dengan target yang telah ditentukan. Pada penelitian bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai manajemen program tahfidz dalam mencapai keberhasilan siswa di SMP Al Irsyad Surakarta sekaligus faktor pendukung maupun penghambat dalam pelaksanaan program tahfidz tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data yang berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen program tahfidz SMP Al Irsyad Surakarta sudah berjalan dengan baik dengan menggunakan fungsi dari manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengontrolan, dan evaluasi. Faktor yang mendukung berjalannya program tahfidz adalah sarana prasarana yang memadai, waktu yang tepat dalam pelaksanaan program, murobbi yang sesuai dengan bidangnya, dukungan dari Yayasan dan orang tua siswa terhadap berlangsungnya program tahfidz, banyaknya siswa yang mengikuti rumah qur’an di luar jam sekolah, dan terpisahnya siswa laki-laki dan perempuan dalam lingkungan sekolah. Sedangkan untuk faktor penghambat bisa terjadi dari faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal yaitu siswa yang telat menyetorkan hafalan karena malas sedangkan untuk faktor eksternal yaitu orang tua siswa yang kurang mendukung atas berjalannya program tahfidz.

https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.2.241-262
pdf

References

Andrias, A. N. A. (2019). Tinjauan Penyelenggaraan Tahfidz Al-Qur’an Di Sekolah. Textura, 6(1), 50–60.

Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63–81.

Hodijah, E. (2022). Rekonstruksi Peran Orang Tua Sebagai Murobbi Dalam Upaya Internalisasi Nilai Tauhid Pada Anak. Al-Mujaddid: Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 4(2), 11–28.

Julaiha, J., Suryani, E., Muammar, M., & Handinata, I. A. (2023). Sejarah Penulisan Dan Pembukuan Alquran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(4), 246–258.

Khusen, M. (2018). Implementasi Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qurâ€Tm An Di Mi Istiqomah Sambas Purbalingga. Jurnal Penelitian Agama, 19(2), 104–120.

Maarif, H., & Muhid, A. (2022). Metode Hafalan Di Pondok Pesantren Dalam Perspektif Psikologi. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(2), 851–864.

Maharani, D., Helmiah, F., Harahap, R. R., & Fachri, B. (2018). Pelatihan Komputer Dalam Meningkatkan Tahfidz Qur’an Menggunakan Al-Qur’an Digital Tajwid. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 1(2), 95–100.

Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jamp: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302–312.

Mutaqin, D., Indra, H., & Lisnawati, S. (2021). Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al–Qur’an Untuk Ketercapaian Target Hafalan Di Smptq Abi Ummi. Rayah Al-Islam, 5(02), 494–505.

Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen Program Pengembangan Kurikulum Pai Dan Budi Pekerti Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa: Management Of Ire Curriculum Development Program And Character In Forming Student’s Religious Character. Tafkir: Interdisciplinary Journal Of Islamic Education, 2(1), 1–20.

Prayoga, A., Noorfaizah, R. S., Suryana, Y., & Sulhan, M. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Quran Berbasis Metode Yaddain Di Mi Plus Darul Hufadz Sumedang. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 140–156.

Rahmawati, N. F., Fauzi, M. R., & Anwarudin, K. (2022). Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–16.

Sukino, S., Handini, A., & Wara, A. (2021). Pengembangan Sikap Religius Pada Anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahapura Iain Pontianak. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 134–162.

Suryana, Y., Dian, D., & Nuraeni, S. (2018). Manajemen Program Tahfidz Al-Quran. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(2), 220–230.

Syahputra, R. D., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsp Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(3), 51–61.

Syukran, A. S. S. A. S. (2019). Fungsi Al-Qur’an Bagi Manusia. Al-I’jaz: Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman, 1(2), 90–108.

Zubair, R., Isnaini, S., Nurzaman, M., & Khuriyah, K. (2023). Implementasi Model Itqon Dalam Kurikulum Pembelajaran Tahfizhul Quran Di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Ibnu Abbas Klaten. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(3).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.