The Tasybih and purpose in the novele Al-Mahbubat work Aliah Mamduh
PDF

Keywords

Novel Al-Mahbubat, Tasybih, Tujuan Tasybih, Pembelajaran Balaghah.

How to Cite

Nafisah, D. (2022). The Tasybih and purpose in the novele Al-Mahbubat work Aliah Mamduh. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(1), 17-33. https://doi.org/10.21274/tadris.2021.9.1.17-33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan bentuk-bentuk redaksi kalimat tasybih dalam novel Al-Mahbubat, 2) mendiskripsikan tujuan tasybih dalam novel Al-Mahbubat, 3) menghasilkan model aplikasi temuan tasybih dalam novel Al-Mahbubat pada pembelajaran Balaghah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitan ini adalah 1) bentuk tasybih yang terdapat dalam novel Al-Mahbubat adalah Tasybih Mursal, Tasybih Mufashal, Tasybih Mujmal, Tasybih Tamsil, Tasybih Ghoiru Tamsil, Tasybih Maqlub, Tasybih Mursal Mufashal, Tasybih Mursal Mujmal, Tasybih Ghoiru Baligh, Tasybih Mufrod, dan Tasybih Taswiyah, 2) tujuan tasybih yang terdapat dalam novel Al-Mahbubat adalah Menjelaskan keadaan yang dialami oleh musyabbah, Menerangkan jika adanya suatu hal yang terjadi pada musyabbah , Memperjelas keadaan yang ada dalam musyabbah dengan mengkaitkan contoh, dan memperburuk atau memperindah musyabbah, (3) pembelajaran tasybih dalam novel Al-Mahbubat pada pembelajaran Balaghah dalam bentuk rancangan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Srudent centered learning, yang mana siswa lebih aktiv dalam proses pembelajaran.

https://doi.org/10.21274/tadris.2021.9.1.17-33
PDF

References

Ainin, Moh. 2016. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: CV. Bintang Sejahtera.
Al-Hasyimi, Almarkhum As-Sayyid Ahmad. 1978. Jawahirul Balaghah fi Al’Ma’ani wal Bayan Wal Badi’. Darul Fikri: Bairut.
Al-Akhdhori, As-Syaikh Abdur Rahman. 2016. Al-Jawahirul Maknun. Al-Juz Tsani. Pustaka Al-Muhibbin: Jombang.
Al-Maraghi, Ahmad AL-Akhdhari. 2007. ‘Ulumul Balaghah. Al-Bayan Wal Ma’ani Wal Badi’. Darul Kitab Al-“ilmiyah: Bairut. Lebanon.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Antika, RR. 2014. Proses Pembelajaran Berbasis Students Centered Learning (Studi Deskriptif Di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul Izzah , Nganjuk). Skripsi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bogdan, Robert C. dan Steven J. Taylor. 1992. Introduction to Qualitative Research Methotds : A Phenomenological Approach in the Social Sciences, alihbahasa Arief Furchan, John Wiley dan Sons. Surabaya: Usaha Nasional.
Fulash, As-Syaikh Ahmad. 1991. Tasirul Balaghah. Al-Madinah Al-Munawwarah. At-Tab’ah As-Tasaniyah Mazidah Wa Munqohah
Hafidz, Muhammad. 2018. Memahami Balaghah Dengan Mudah. Mojokerto: Insitut Pesantren KH.Abul Chalim Pacet Mojokerto.
Harsono. 2008. Student Centered Learning di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia. 3(1): 7-8.
Idris, Mardjoko. 2007. Ilmu Balaghah Kajian Khusus Ilmu Jinas dan Iqtibas. Yogyakarta: Penerbit Teras.
Iman, Saepul, dkk. Tasybih dalam kitab Qashidah Burdah karya Syaikh Muhammad Imam Al-Bushiri. Journal on Arabic Language and Literature. 2(1). 26-30
Kamil. Sukron. 2009. Teori Kritik Sastra Arab: Klasik dan Modern. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Naf’an, Wahab Abdul. 2016. Tasybih dalam Puisi “Banat Su’ad” Karya Ka’ab bin Zuhair.
Nurbayan, Yayan. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Balaghah Berbasis Pendekatan Adabi.
Nurbaya, Yayan. 2015. Pengembangan Materi Ajar Balaghah Berbasis Pendekatan Kontranstif, (online), (http://file.upi.edu./Direktori/FPBS/JUR_PEND_BAHASA_ARAB/19660829199001-YAYAN_NURBAYAN/Makalah/Balaghah_Konstrastf_Terakhir_pdf), diakses tanggal 01 November 2020
Pannen, Paulina dkk. 2001. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran, Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.

Downloads

Download data is not yet available.