Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Pelajaran Bahasa Arab
PDF

Keywords

Minat belajar, siswa sekolah menengah pertama, bahasa Arab.

How to Cite

Ngarifah, I. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Pelajaran Bahasa Arab. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11(1), 177-193. https://doi.org/10.21274/tadris.2023.11.1.177-193

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengukur minat belajar siswa terhadap bahasa Arab yaitu rasa suka siswa terhadap pelajaran bahasa Arab, ketertarikan siswa terhadap pelajaran bahasa Arab, keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, dan perhatian siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data primer diperoleh dengan menyebarkan angket kepada siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik ramdom sampling yang melibatkan 60 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persentase dari rasa suka siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab ialah 68%. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab mencapai persentase 75%. Ketertarikan siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab memperoleh persentase 64%. Perhatian siswa dalam pembelajaran bahasa Arab mencapai persentase 72%. Adapun rata-rata minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab memperoleh persentase 70% dengan kategori “sedang”. Berdasarkan hasil tersebut, maka untuk mencapai hasil belajar yang lebih efektif,  guru hendaknya berupaya untuk menjaga dan meningkatkan minat belajar siswa.

https://doi.org/10.21274/tadris.2023.11.1.177-193
PDF

References

Agel, Nasra L., Syahruddin Usman, dan Rappe, “Penerapan Strategi Al-Ta’bir Al-Mushawwar dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab dan Maharatul Kalam,” ’A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 10.1 (2021), 88–115
Ariansyah, Creative Teacher Berpihak pada Murid (Goresan Pena)
Astawa, Ida Bagus Made, Belajar dan Pembelajaran (PT Raja Grafindo Persada, 2021)
Bastian, Adolf, dan Yasin, Menjadi Guru Profesional dalam Konteks Globalisasi, ed. oleh Rintho R. Rerung (Media Sains Indonesia, 2022)
Gunawan, Imam, Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, ed. oleh Suryani, 1 ed. (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)
Hasnah, Sitti, “Pembelajaran Kosakata (Mufrodat) Bahasa Arab Melalui Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Pada Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Palu,” ISTIQRA, Jurnal Penelitian Ilmiah, 3.1 (2015), 197–225
Hijrah, Nurul, Amran AR, dan Ramli, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Minat Belajar,” Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 4.2 (2022), 49–56
Jamaluddin, dan Andi Hajar, Keterampilan Mengajar (Banyumas: PT Pena Persada Kerta Utama, 2022)
Magdalena, Ina, Perkembangan Peserta Didik Sekolah Dasar (CV Jejak, 2021)
Muhamad Agriawan, “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Dengan Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta,” Universitas Islam Indonesia (Universitas Islam Indonesia, 2018)
Mulyani, Weni Sainur, Fachrur Razi, dan Agus Mulyana, “Pengaruh Penggunaan Thariqah Mubasyarah Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII di Sekolah Qur’an Indonesia Megamendung,” Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2.1 (2021), 25
Nursyaidah, dan Lili Nur Indah Sari, Mengenal Minat dan Bakat Siswa melalui Tes STIFIn (Merdeka Kreasi Group, 2021)
Purwanto, Anim, Konsep Dasar Penelitian Kualitatif: Teori dan Contoh Prektis (Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2022)
Rosyada, Dede, Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2020)
Rusli, Muhammad, Dadang Hermawan, dan Ni Nyoman Supuwiningsih, Memahami E-Learning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan (Penerbit Andi, 2020)
Sama’, Annisa Wahyuni, Anastasia Dewi Anggraeni, dan Tonasih, Psikologi Pendidikan, ed. oleh I Ketut Ngurah Ardiawan (Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021)
Setiawan, Bramantio, Apri Irianto, dan Susi Hermin Rusminati, Dasar-Dasar Pendidikan: Kajian Teoritis untuk Mahasiswa PGSD (CV Pena Persada, 2021)
Susanti, Elvia, Mahyudin Ritonga, dan Bambang Bambang, “Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa,” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4.1 (2020), 179
Tafonao, Talizaro, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2.2 (2018), 103–14
Trygu, Teori Motivasi Abraham H. Maslow dan Hubungannya dengan Minat Belajar Matematika Siswa (Guepedia, 2021)
Zulqarnain, M. Shoffa Saifillah Al-Faruq, dan Sukatin, Psikologi Pendidikan (Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2021)

Downloads

Download data is not yet available.