PENGARUH MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP KREATIVITAS SISWA
PDF ()

How to Cite

rohmah, jazilatur. (2020). PENGARUH MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP KREATIVITAS SISWA. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 224-247. https://doi.org/10.21274/dinamika.2019.19.2.224-247

Abstract

Pendidikan yang berkualitas menjadi kebutuhan dan harapan masyarakat di era milenial agar mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul. Sebagai upaya pemenuhan atas kebutuhan ini sekolah perlu menyiapkan kurikulum, tenaga pengajar dan fasilitas yang memadai. Salah satu faktor yang memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran adalah menejemen kelas. Manajemen kelas oleh guru merupakan faktor eksternal yang mampu menciptakan pembelajaran yang kondusif dan efektif. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui secara mendalam pengaruh dari manajemen kelas terhadap motivasi belajar dan kreativitas siswa. Untuk mendapatkan hasil yang valid dan mendalam maka penelitian didesain dengan menggunakan pendekatan skuensial eksplanatori. Hasil dari penelitian ini menunjukkan  bahwa manajamen kelas berpengaruh secara signifikan positif terhadap motivasi belajar dan kreativitas siswa. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik manajemen kelas oleh guru, maka semakin baik pula motivasi belajar dan kreativitas yang dimiliki siswa. Ada beberapa hal yang dilakukan guru untuk dalam memanajemen kelas diantaranya yaitu dengan menata kelas dengan rapi, mendekorasi kelas bersama siswa, menjaga kebersihan ruang kelas, menerapkan pola komunikasi yang terbuka dengan siswa, mendesain pembelajaran yang aktif dan menyenangkan serta melibatkan siswa dalam pengambilan keputusan di kelas.

https://doi.org/10.21274/dinamika.2019.19.2.224-247
PDF ()

References

Alfian, 2011."Segi Sosial Budaya dari Kreativitas dan Inovasi dalam Pembangunan", Femina, vol.3, no.2.

Anik Pamilu. 2007. Mengembangkan Kreativitas Dan Kecerdasan Anak. Jakarta : Buku Kita.

Arif khoirudin, 2013. “Peran Komunikasi dalam Pendidikan”, Jurnal Tribakti, vol.23, no.1.

Conny Semiawan, 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. (Jakarta: Gramedia, )

Edi Purwanta, 2014. “Pengembangan Model Modifikasi Perilaku Terintegrasi Program Pembelajaran untuk anak dengan Masalah Perilaku”, Cakrawala Pendidikan, vol.33, no.2.

Fahmi. Tesis. 2011. “Pelaksanaan Manajemen Pengelolaan Kelas dalam

Fuad Nashori dan Rachmy Diana Muharam, Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam. (Yogyakarta: Menara Kudus, 2002,)

Javalitera,)

Jhon W Creswel. 2016. Reseach Design Pendekatan Metode Kualitatif.

Kinestetik Terhadap Prestasi Belaar Siswai”. Jurnal Kependidikan. vol.44. no.2. thn.2014. 1

Kuantitatif dan Campuran. Jogjakarta : Pustaka Pelajar.

Marinasari Fithry Hasibuan, 2017. “Peranan Pengelolaan Kelas Dalam Membentuk Nilai-Nilai Karakter Bangsa Dan Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran”, Joyfull Learning Journal, vol.6 no.2.

Model Pembelajaran Inkuiri dalam Pendidikan Jasmani”. Jurnal Kependidikan. vol.44. no.1. thn.2014. 1

Moh. Uzer Usman. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT.

Molly A James, 2015. “Managing the Classroom for Creativity”, Creative Education Journal.

Downloads

Download data is not yet available.