STRATEGI OPTIMALISASI PELAKSANAAN ANGGARAN BELANJA SATUAN KERJA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA TUBAN
PDF

Keywords

Optimalisasi Anggaran
Penyerapan Anggaran
Analisis SWOT

How to Cite

Soesanto, D., Nenobais, H., & Susanti, S. (2024). STRATEGI OPTIMALISASI PELAKSANAAN ANGGARAN BELANJA SATUAN KERJA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA TUBAN. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 24(01), 73-94. https://doi.org/10.21274/dinamika.2024.24.01.73-94

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendiskripsikan strategi optimalisasi pelaksanaan anggaran belanja pada KPPN Tuban. Dengan adanya analisis tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi optimalisasi penyerapan anggaran agar dapat menjadi 100%. Strategi yang tepat guna mendorong terciptanya optimalisasi anggaran belanja pada KPPN Tuban secara menyeluruh. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif diskriptif. Informan penelitian ditentukan secara purposive sampling. Informannya meliputi; Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Penandatangan SPM (PPSPM), Bendahara Pengeluaran, Pejabat Pengadaan, Staf PPK pada KPPN Tuban dan Kassubbag Keuangan pada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur. Adapun instrumen pengumpulan datanya menggunakan kuisioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis datanya menggunakan pendekatan SWOT. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa terdapat delapan alternatif strategi yang dapat dilakukan dalam upaya peningkatan optimalisasi pelaksanaan anggaran belanja KPPN Tuban yaitu; 1) Adanya aplikasi komputer untuk optimalisasi pengelolaan anggaran yang realtime berbasis digital. 2) Komitmen pimpinan (KPA) dalam menghasilkan SDM dan manajemen SDM yang handal dan amanah melalui sarana dan prasarana yang mendukung serta perencanaan matang. 3) Pengelola anggaran yang kompeten dan komitmen pimpinan (KPA) serta meningkatkan kualitas SDM dalam menghindari dampak bila terjadi mutasi pegawai. 4) Sarana dan prasarana didukung dengan berbasis digital untuk meningkatkan efektifvitas dan efisiensi pengecekan barang dan jasa serta kelengkapan dokumen. 5) Perencanaan kegiatan yang berbasis digital, bertujuan untuk memudahkan terlaksananya diskusi serta revisi dalam pelaksanaan anggaran belanja yang efektif. 6) Adanya audit SDM dan pembinaan yang berbasis aplikasi, untuk mengantisipasi adanya rotasi staf pengelola anggaran. 7) Ada semangat dan antusias pengelolaan anggaran dengan melakukan diskusi maupun briefing pada pagi hari. 8). Ada sarana dan prasarana diskusi dan konsultasi perencanaan anggaran secara daring.

https://doi.org/10.21274/dinamika.2024.24.01.73-94
PDF

References

Arif, E. (2013). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Minimnya Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten/Kota di Provinsi Riau Tahun 2011. Yogyakarta: Tesis. Universitas Gadjah Mada

Elim, M.A, Ndaparoka, D.S., & Tomasowa, T.E.D. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Belanja Pada Organisasi Perangkat Daerah Di Kota Kupang. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Audit. 3/2.

Halim, A. (2013). Manajemen Keuangan Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat

Kanaiya, I. P. C., & Mustanda, I. K. (2020). Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus Berpengaruh terhadap Belanja Modal Pemerintah (Doctoral dissertation, Udayana University).

Priyantono, H., Baga, L. M., & Falatehan, A. F. (2017). Strategi Optimalisasi Penyerapan Anggaran Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Jakarta II.

Radjak, L. I., & Humolungo, F. (2022). Pengaruh Perencanan Anggaran Dan Pelaksanaan Kegiatan Terhadap Realisasi Anggaran Di Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo. JSAP: Journal Syariah and Accounting Publik, 5(1), 1-7.

Yuniarti, S. (2022). Literature Review: Realisasi Anggaran Dan Rencana Kerja Anggaran Sekolah (Rkas) Di Smpit Al-Izzah Kota Serang. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 181-194.

Yudhiantara, M. (2021). Teori Manajemen Publik. (Bahan Diskusi Mahasiswa MAP Universitas Marwadewa), 10. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30408.65280.

Downloads

Download data is not yet available.