Abstract
Program sertifikasi guru di negeri ini telah berlangsung selama sepuluh tahun, dimulai sejak tahun 2005 hingga sekarang. Namun demikian hasilnya belum sesuai dengan harapan untuk mewujudkan guru profesional dengan indikasi masih rendahnya kinerja guru. Rendahnya kinerja guru sekaligus juga menunjukkan masih rendahnya kualitas pendidikan di negeri ini. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian tentang kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Dengan menggunakan metode kuantitatif penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti, apakah kepemimpinan transformasional dan kompetensi manajerial kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri seluruh Kabupaten Tulungagung? Apakah kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kompetensi manajerialnya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri seluruh Kabupaten Tulungagung Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulannya adalah kepemimpinan transformasional dan kompetensi manajerial kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri seluruh Kabupaten Tulungagung dan kepemimpinan transformasional serta kompetensi manajerial kepala sekolah berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri seluruh Kabupaten Tulungagung.
Teacher certification program in this country has been going on for ten years, since its inception in 2005. However, the results were not in line with expectations to achieve a professional teacher with an indication of the low performance of teachers. The low performance of teachers and also showed the low quality of education in this country. By using quantitative methods, this research is trying to answer questions such as, what is the transformational leadership and managerial competencies principals significantly affect the performance of teachers in Madrasah Aliyah Negeri throughout Tulungagung?What is transformational leadership principals and managerial competencies principals simultaneously significant effect on the performance of teachers in Madrasah Aliyah throughout Tulungagung? Based on the results of data analysis concluded both transformational leadership principals and competence managerial principals significantly influence the performance of teachers in Madrasah Aliyah throughout Tulungagung, and transformational leadership and managerial competencies principals simultaneously significant effect on the performance of teachers in Madrasah Aliyah throughout Tulungagung.
References
Ancok, Djamaludin, Psikologi Kepemimpinan & Inovasi, Jakarta: Erlangga, 2012.
B.M, Bass, dan B.J. Avolio, “Transformational Leadership and
organizational Culture”, dalam PAQ SPRING, Vol. 17, No. 1, 1993.
________, Leadership and Performance beyond Expectations, New York:
The Free Press, 1985.
Danim, Sudarwan, Menjadi Komunitas Pembelajar: Kepemimpinan
Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran, Cet. II,
Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Darmaa, I Ketut, “Kontribusi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah,
Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri
se-Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana”, dalam Jurnal Program
Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 3, 2013.
Dharma, Agus, “Dicari Kepala Sekolah yang Kompeten”, dalam http://
artikel/adharma.htm, diakses tanggal 10 Mei 2015.
Dharma, S. “Tantangan Kepemimpinan Pendidikan Menghadapi Abad
”, Makalah, disampaikan dalam pelatihan TOT Education for
Sustainable Development Berbasis Pendidikan Karakter Bangsa, 2010.
E.S., Muhyi, Kepemimpinan Pendidikan Transformasional, Jakarta: Diadit
Media Press, 2011.
Komariah, Aan dan Triatna, Cepi, Visionary Leadership Menuju Sekolah
Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Lamatenggo, “Kinerja Guru: Korelasi antara Persepsi Guru terhadap
Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kinerja
Guru SD di Gorontalo”, Tesis, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta,
Madjid, Abdul, “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala
Sekolah dan Motivasi pada Kinerja Guru SMP Negeri 1 Boyolangu
Tulungagung”, Tesis, Yogyakarta: Program Magister Manajemen
Universitas Gajah Mada, 2013.
Mulyasa E., Uji Kinerja Guru, Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru,
Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2013.
________, Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2013.
Mutohar, Prim, M., Manajemen Mutu Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007, Standar Kompetensi Kepala Sekolah Madrasah, Jakarta: BSNP, 2007.
Raihani, Kepemimpinan Kepala Sekolah Transformatif, Yogyakarta, LKiS, 2010.
R, Palan, Competency Manajemen, Teknik Mengimplementasikan SDM Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi, terj. Octa Melia Jalal, Jakarta: PMM, 2007.
Singarimbun & Efendi, Sofyan, Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES,
Sumaryanto, “Pengaruh Kemampuan Manajerial Pimpinan terhadap
Keberhasilan Program Kurikulum Berbasis Kompetensi”, dalam
Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia, Vol. 2 No. 1, Desember 2007.
Usman, “Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi
Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMPN se-Kabupaten
Tanggamus”, dalam Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, Vol. 1, No. 2, 2013.
Wawancara dengan 18 orang guru IPA SMP (Forum MGMP IPA
Kabupaten Tulungagung) di SMP Kauman 2 Tulungagung, 2
Februari 2015.
Wibawa, Dwi Ari, “Kepemimpinan Transaksional dan Kepemimpinan
Transformasional” Makalah, tidak diterbitkan.
Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.