KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR ISLAM ERA KLASIK: Komparasi Pemikiran Ibnu Suhnūn dan al-Qābisi
Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman Vol 11 No 01 December 2016
PDF

How to Cite

Syahrizal, S. (2016). KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR ISLAM ERA KLASIK: Komparasi Pemikiran Ibnu Suhnūn dan al-Qābisi. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 11(2), 435-463. https://doi.org/10.21274/epis.2016.11.2.435-463

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan dan persamaan antara kurikulum pendidikan dasar Islam yang dipaparkan Ibnu Suhnūn dengan kurikulum pendidikan dasar Islam yang dikemukakan al-Qābisi dan menganalisis implementasi pemikiran keduanya dalam rangka pengembangan pendidikan dasar Islam dalam konteks keindonesiaan. Berdasarkan metode deskriptif, content analysis, analisis komparatif dan analisis sintesis maka hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Ibnu Suhnūn dan al-Qābisi tentang kurikulum pendidikan dasar Islam memiliki perbedaan dan persamaan. Perbedaannya mencakup aspek klasifīkasi isi kurikulum pendidikan dasar Islam dan rincian mata pelajaran al-Qur’an. Sedangkan persamaannya meliputi aspek pengertian, klasifīkasi, keseimbangan, kategori, tujuan dan corak kurikulum pendidikan dasar Islam. Kurikulum pendidikan dasar Islam versi Ibnu Suhnūn dan al-Qābisi memungkinkan untuk diimplementasikan dalam rangka pengembangan kurikulum pendidikan dasar Islam di Indonesia. Hal ini karena kurikulum pendidikan dasar Islam yang didesain oleh kedua tokoh pendidikan Islam klasik tersebut masih relevan hingga dewasa ini. Meskipun ada beberapa kekurangan lantaran faktor lini masa, kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan sebagainya, namun tetap bisa disempurnakan sesuai dengan tuntutan dan kemajuan zaman.

This study aimed to analyzing the differences and the similarities between Islamic elementary school curriculum of Ibnu Suhnūn and al-Qābisi, and to analyze the implementation both of them in the Islamic elementary school of Indonesia. Based on descriptive, content, comparative, and synthesis analysis, the result of study showed that Ibnu Suhnūn and al-Qābisi’s thought on Islamic elementary school curriculum has the differences and the similarities.The differences include classifying contain of it and detailing Qur’anic subject aspect. While the similiarities include the defīning, classifying, balancing, categorizing, purposing and patterning of Islamic elementary school curriculum aspect. Ibnu Suhnūn and al-Qābisi’s thought was enabled to be implementated in order to develop the curriculum of Islamic elementary school in Indonesia. Because the concept of them are still relevant in contemporary era. Eventhough any weaknesses because some factors, such as different in term of time, the progress of sciences and technology, etc, but can be enhanced in accordance with the demands and the progress of time.

https://doi.org/10.21274/epis.2016.11.2.435-463
PDF

References

al-Amīr Z. Syams al-Dīn, Abd, Al-Fīkr al-Tarbawi ‘inda Ibni Sahnūn wa al-Qābisi, al-Tab’ah al-Ūlā, Beirut: Al-Syirkah al-‘Ālamiyah li al-Kitāb Sy. M. L, 1990.

al-Jumbulati, Ali dan Futuh At-Tuwaanisi, Abdul, Perbandingan Pendidikan Islam, terj. M. Arifīn, Cet. II, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.

Al-Qābisi, Al-Risālah al-Mufassalah li Ahwāli al-Muta’allimīn wa Ahkami al-Mu’allimīn, Tūnus: al-Syirkah al-Tūnusiyah li al-Tauzī’, 1986.

Adang, Camilla, Intra-and Interreligious Controversies in 3 rd /9 th Century Qayrawan: The Polemics of Suhnūn b. Sahnun, Tel Aviv: The Hebrew University of Jerussalem The Faculty of Humanities, 2009.

Abdul Nasir Zakaria, Gamal, Prinsip-prinsip Pendidikan Islam; Ibnu Suhnūn, al-Qābisi dan Ibnu Khaldūn, Pahang Darul Makmur: PTS Publications & Distributor Sdn. Bhd., 2003.

Fuād al-Ahwāni, Ahmad. al-Tarbiyah fī al-Islam, Cet. VI, al-Qāhirah: Dār al-Ma’ārif, t.t.

________, Al-Tarbiyah fī al-Islam aw al-Ta’lim fī Ra’ al-Qābisi, Qāhirah: Dār Ihyā’ al-Kutub al-’Arabiyah, 1955.

Furchan et.al, Arief, Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Gunther, Sebastian, Ideas, Images, and Methods of Portrayal Insights into Classical Arabic Literature and Islam, Brill Leiden-Boston, 2005.

Ismā’īl ‘Ali, Sa’īd, Usul al-Tarbiyah al-Islamiyah, al-Tab’ah al-Ūlā. ‘Ammān: Dār al-Masirah li al-Nasyr wa al-Tauzī’, 1427 H/2007 M.

Langgulung, Hasan, Asas-asas Pendidikan Islam, Cetakan V, Jakarta: Pustaka al-Husna Baru, 2003.

Muhammad Syāfi`i, Ibrāhīm, Min A`lâm al-Tarbiyah al-`Arabiyah al-Islamiyah, t.t.p.: Maktabah al-Tarbiyah al-`Arabi li Duwal al-Khalīj, 1988.

Nasution, S, Asas-asas Kurikulum, Cet.1, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam; Seri Kajian Fīlsafat Pendidikan Islam, Cet. 2, Jakarta: Raja Grafīndo Persada, 2001.

Suhnūn, Ibnu, Kitāb Ādāb al-Mu’allimīn, Tahqīq Hasan Husni ‘Abd al-Wahhāb dan tab’ah jadīdah bimurāja’ah dan ta’līq Muhammad al-‘Arūsiy al-Matawiy, Tūnis: Dār Būsalāmah li al-Tab’ah wa al-Nasyr wa al-Tauzī’, t.t.

Susanto, A, Pemikiran Pendidikan Islam, Edisi I, Jakarta: Amzah, 2009.

Suwito dan Fauzan (eds.), Sejarah Pemikiran Para Tokoh Pendidikan, Cet. I, Bandung: Angkasa, 2003.

Creative Commons License

Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.