ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN PERBANKAN KONVENSIONAL
Download PDF

How to Cite

Jahja, A. (2012). ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN PERBANKAN KONVENSIONAL. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 7(2), 337-360. https://doi.org/10.21274/epis.2012.7.2.337-360

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk membandingkan kinerja keuangan perbankan syariah dengan perbankan konvensional pada tahun 2005-2009 dengan menggunakan rasio-rasio keuangan yang terdiri dari CAR, NPL, ROA, ROE, BOPO dan LDR. Berdasarkan dari kriteria sampel yang telah ditentukan, diperoleh dua kelompok sampel penelitian, yaitu 2 bank umum syariah dan 6 bank umum konvensional. Alat analisis statistik yang digunakan untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini adalah independent sample t-test. Analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata rasio keuangan perbankan syariah (ROA, ROE dan LDR) lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan perbankan konvensional, sedangkan pada rasio-rasio yang lain perbankan syariah lebih rendah kualitasnya. Secara keseluruhan penilaian kinerja bank syariah masih berada di atas atau lebih baik dibandingkan dengan bank konvensional.

This study purpose to compare the financial performance of Islamic banking with conventional banking in the years 2005-2009 by using financial ratios consisting of CAR, NPL, ROA, ROE, BOPO and LDR. Based on judgment sampling method, two groups are chosen, consists of two Islamic banks and six conventional banks. Statistical analysis tools used to prove the hypothesis in this study were independent sample t-test. The analysis performed showed that the average financial ratios Islamic banking (ROA, ROE and LDR) significantly better than conventional banks, while the other ratios are lower. Overall, the performance of Islamic bank are better than conventional bank.

https://doi.org/10.21274/epis.2012.7.2.337-360
Download PDF

Creative Commons License

Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.