MASA DEPAN PERGURUAN TINGGI ISLAM: Membangun Visi Kelembagaan Bereputasi Internasional
Download PDF

How to Cite

Fitri, A. (2013). MASA DEPAN PERGURUAN TINGGI ISLAM: Membangun Visi Kelembagaan Bereputasi Internasional. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), 235-258. https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.235-258

Abstract

Tantangan dan problem mendasar pendidikan saat ini terletak pada aspek peningkatan mutu dan perbaikan kualitas di perguruan tinggi termasuk perguruan tinggi Islam. Sejumlah perguruan tinggi terkemuka di Indonesia mempunyai visi menjadi universitas kelas dunia. Menurut The Times Higher Education Supplement, beberapa perguruan tinggi Indonesia memang telah mencapai peringkat atas di antara ribuan kampus di seluruh dunia. Walau demikian, secara umum masih terdapat banyak hal yang perlu di perbaiki. Bukan sekadar untuk meningkatkan peringkat, namun lebih untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi Islam. Kualitas dalam hal apa? Tentunya kualitas dalam Tri Dharma: Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Namun untuk meningkatkan kualitas dalam tiga hal tersebut, juga perlu meningkatkan mutu sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pendanaan, serta kualitas para pelakunya, yakni para dosen dan tenaga pendukung, yang berdampak pada kualitas lulusannya. Jika saat ini yang masuk dalam rangking 100 perguruan tinggi terbaik di Asia adalah perguruan tinggi umum maka kapan perguruan tinggi Islam dapat bersaing dengan perguruan tinggi lain merupakan hal yang harus dijawab di masa datang.

The fundamental problem faced by university institution, especially Islamic university is related to the aspect of improving its quality in education. Some exemplary universities in Indonesia have visions to be world class universities. The Times Higher Education Supplement reporting that some of universities in Indonesia have reached the level in between two hundreds among thousands of universities in the world. However, in general, they still need some efforts to improve not only their levels but their qualities as well. The intended improvement is in the domain of Tri Dharma (three obligations), covering education, research, and society service. To improve the quality of these domains, it should be supported by the quality of improvement of other aspects, such as structure and infrastructure, management, funding, lecturer, and staff. The availability of these components give positive effect toward the quality of the graduations. Nowadays the best universities that reach the level in between a hundred in Asia are those belong to public universities. The fact stimulates Islamic universities to compete to other universities. This is a case needed to be solved in the future.

https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.235-258
Download PDF

Creative Commons License

Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.