FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM STUDI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM FAZLUR RAHMAN
Download PDF

How to Cite

Zaprulkhan, Z. (2014). FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM STUDI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM FAZLUR RAHMAN. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 9(2), 317-346. https://doi.org/10.21274/epis.2014.9.2.317-346

Abstract

Fazlur Rahman merupakan intelektual Islam yang memiliki pengaruh besar terhadap pemikiran Islam kontemporer. Salah satu pemikirannya yang penting adalah tentang pendidikan Islam. Menurutnya, untuk melahirkan ilmuwan yang integratif maka sistem pendidikan yang dibangun juga harus bercorak sistemik-integratif. Corak pendidikan yang semacam ini sesuai dengan tujuan pendidikan Islam, yaitu mengembangkan manusia sedemikian rupa sehingga semua pengetahuan yang diperolehnya akan menjadi organ pada keseluruhan pribadi yang kreatif. Pribadi semacam ini memungkinkan untuk memberdayakan sumber-sumber alam guna kebaikan umat manusia dan untuk menciptakan keadilan, kemajuan dan keteraturan dunia. Pemikiran Fazlur Rahman secara intrinsik yang berkaitan dengan pendidikan Islam adalah; (1) desakralisasi produk-produk pemikiran ulama klasik; (2) pembaruan metode pendidikan Islam dengan metode memahami dan menganalisis; (3) mengikis dualisme sistem pendidikan Islam; (4) menyadari pentingnya bahasa; (5) membangkitkan ideologi umat Islam tentang pentingnya menuntut ilmu dalam makna yang seluas-luasnya; dan (6) menyajikan ilmu sosial dan filsafat di dunia Islam.

Fazlur Rahman is an Islamic intellectual who had a major influence on contemporary Islamic thought. One of the important thinking is about Islamic education. According to him, to create integrative scientist who developed education system must also be patterned systemic-integrative. The typological of this education in accordance with Islamic educational purposes, namely to develop human such that all knowledge gained will be part of the creative individual. This personal, allows to empowerment natural resources for the good of mankind and to create justice, progress and order of the world. Intrinsically, the Fazlur Rahman thought related to Islamic education is; (1) the desecration products thought classical scholars; (2) reform of Islamic education method with a method to understand and analyze; (3) eroding the dualism of the Islamic education system; (4) recognize the importance of language; (5) raise the Moslems ideology about importance of seeking knowledge in the broadest sense; and (6) presents the social sciences and philosophy in the Islamic World.

https://doi.org/10.21274/epis.2014.9.2.317-346
Download PDF

Creative Commons License

Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.