Abstract
Research on the development of Student Worksheets (LKPD) integrated with Islamic values is motivated by the absence of LKPD that integrates Islamic values in the mathematics learning process and the low interest in learning MTs Asy-Syafi'iyah Kendari students. This study aims to develop valid, practical, and effective LKPD. The research method used is research and development with the ADDIE model. The results showed that the LKPD integrated with Islamic values was very valid to be used in the learning process based on the results of the validity by material experts of 3.73 (very valid) and the results of the validity of religious experts at 3.07 (valid). LKPD is also very practical to use in the learning process at MTs Asy-syafi'iyah Kendari based on assessing teacher responses and student responses. The effectiveness of LKPD can be seen from the students' mathematics learning outcomes, where the results show that there are differences in the mathematics learning outcomes of class VII MTs Asy-Syafi'iyah Kendari before and after LKPD is used in the learning process, based on the results of the Wilcoxon test with a significance value of 0.018.
References
Abdiyani, S. S., Khabibah, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 1 Jogoroto berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari adversity quotient. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i2.774
Afiatman, N. H., Samparadja, H., & Anggo, M. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 1. https://doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9277
Anisa, Kodirun, Busnawir, & Rahmat. (2019). Pengaruh pengetahuan dasar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 100. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5648
Arifin, Z. A. I., & Sepriyani, D. N. A. (2019). Pengembangan LKS matematika dengan pendekatan saintifik pokok bahasan polinomial untuk SMA Kelas XI. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.813
Faizah, H., & Astutik, E. P. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbantuan software geogebra pada materi program linier. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.24853/fbc.3.2.103-110
Fajar, A. P., Kodirun, Suhar, & Arapu, L. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872
Fannie, R. D., & Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1). Retrieved from: https://media.neliti.com/media/publications/221053-none.pdf
Febriya, S., Pranata, O. H., & Aprilliya, S. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada materi keliling lingkaran dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).
Fitrah, M., & Kusnadi, D. (2022). Integrasi nilai-nilai islam dalam membelajarkan matematika sebagai bentuk penguatan karakter peserta didik. Jurnal Eduscience, 9(1), 152–167. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2550
Halistin. (2018). Analisis pengetahuan dasar matematika siswa SMP Negeri di Kota Kendari. Jurnal Al-Ta’dib, 11(2). https://dx.doi.org/10.31332/atdb.v0i0.981
Halistin, Kadir, & Masi, L. (2015). Deskripsi pengetahuan dasar matematika siswa kelas IX SMP Negeri se-Kota Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(April), 38–47. https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v6i1.2058
Handayani, F. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) bernuansa islami dengan pendekatan kontekstual pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa kelas VIII semester ganjil. (UIN Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung. Retrieved from: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5164
Hapiz, A., Afifuddin, M., Annisa, H., Abdussakir, A., & Imam, R. (2019). Bilangan pecahan dalam Al-Qur’an dan Hadist. Proceeding at Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SENDIKA), V(1), 72-80. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo. Retrieved from: http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/637
Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender the effect of problem solving learning model toward mathematical communication ability viewed from gender. Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219-228. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15770
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan matematika terintegrasi islam kepada anak sejak dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326
Maarif, S. (2015). Integrasi matematika dan islam dalam pembelajaran matematika. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4(2), 223–236. https://doi.org/10.24090/insania.v19i2.716
Maonde, F., Bey, A., & Adawia. (2017). Deskripsi perbedaan pengetahuan dasar matematika siswa kelas VII SMP Negeri dan SMP Swasta di Kota Kendari tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 125-138. https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v7i2.3087
Mardianita, W. (2016). Pengembangan LKS pemecahan masalah kaidah pencacahan dengan pendekatan metakognitif untuk SMA Kelas XI. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 138-144. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i1.991
Misu, L., & Hasnawati. (2023). Kaitan kemampuan penalaran formal dan pemecahan masalah matematik siswa SMA. Jurnal Aksioma, 12(1), 1–9.
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS Advanced 2015 International Results in Advanced Mathematics and Physics. TIMSS & PIRLS International Study Center.
Musbihin. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Contextual Teching and Learning(CTL) pada Materi Pokok Himpunan dengan Soal-Soal Berbasis Berpikir Kritis Matematis untuk MTs/SMP. (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Retrieved from: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/726
OECD. (2019). PISA 2018 insights and interpretations. Retrieved from: https://www.oecd.org/pisa/PISA%202018%20Insights%20and%20Interpretations%20FINAL%20PDF.pdf
Palapasari, R., Kadir, & Anggo, M. (2017). Pengaruh penerapan konstruktivis realistik dan kemampuan dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 46–56. https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v8i1.5930
Pansa, H. E., Caswita, & Suharsono. (2017). Pengembangan LKPD dengan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Lampung, 5(3), 149–200. Retrived from: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/12640/9043
Patih, T. (2016). Analisis pengetahuan dasar matematika siswa SMP Negeri 3 Kendari sebagai gambaran persiapan siswa dalam menghadapi ujian nasional. Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 182–200. https://dx.doi.org/10.31332/atdb.v9i1.508
Patih, T., Halistin, H., Sangila, Agus, I., Dedyerianto, D., Hadi, A. La, Aini, N., Sardin, L. O., & Samrin, S. (2020). Peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 13(2), 65. https://doi.org/10.31332/atdbwv13i2.2330
Prajono, R., Rahmat, Maryanti, E., & Salim. (2021). Kemampuan Penalaran matematis siswa ditinjau dari gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 208. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3641
Rahmawati, A., & Rizki, S. (2017). Pengembangan Bahan ajar matematika berbasis nilai-nilai islam pada materi aritmatika sosial. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.860
Riana, R., & Ibrahim, M. (2019). LKS himpunan: Sebuah pengembangan matematika integrasi. JTAM: Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 3(2), 162. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1063
Supriatna, U., Darsiharjo, & Yani, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran kawasan ekowisata kampung batu malakasari sebagai sumber belajar geografi. Gea: Jurnal Pendidikan Geografi, 14(1), 62–72. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3363.g2358
Susanto, F., & Ayuni, I. R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe NHT dengan strategi pemecahan masalah (problem solving) sistematis bagi peserta didik SMP di Kabupaten Pringsewu. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1054
Syarifah, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing materi trigonometri. (UIN Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung. Retrived from: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1240
Syibli, M. A., Abidin, Z., & Noviartati, K. (2021). Pengembangan LKS matematika topik aritmatika sosial berbasis contextual teaching and learning terintegrasi nilai - nilai Islam. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 155–169. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v10i2.3161
Widoyoko, E. P. (2016). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yasir, M., Susanti, E., & Isnawati. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis strategi belajar metakognitif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat manusia. BioEdu, 2(1), 77–83. Retrieved from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/1622/1178
Yulia, S., Buyung, B., & Relawati, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem based learning pada materi bilangan di kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.33087/phi.v2i1.28
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.