Reading Hizb Ghozali In Boarding School Luqmaniyyah Yogyakarta
pdf

Keywords

Hizib Ghozali, Karl Mannheim's, Sociology of knowledge theory

How to Cite

Rahmanto, O. (2020). Reading Hizb Ghozali In Boarding School Luqmaniyyah Yogyakarta. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 8(2), 87-120. https://doi.org/10.21274/kontem.2020.8.2.87-120

Abstract

Abstract

Reading Hizb Ghozali in Pondok Pesantren Luqmaniyyah Yogyakarta Hizib Ghozali is one of the many benefits of Hizb. As for the practice, Santri must do the Tirakat. Besides, Tirakat of Santri is obliged to do readings Hizib Ghozali every day. If Santri violates will be punished by the caretaker of Pesantren Luqmaniyyah Yogyakarta. By using Karl Mannheim's Sociology of knowledge theory, it is hoped that this research could reveal meaning the Santri in the reading of Hizb Ghozali. Karl Mannheim discusses in detail the behavioural behaviour and meaning of human behaviour. Karl Mannheim distinguishes between three different meanings in social action, i.e. objective, expressive and documentary meaning. As for the results of this research, the objective meaning contained in the reading Hizb Ghozali in Pondok Pesantren Luqmaniyyah is reading Hizib Ghozali is a form of Ijazahan from Kyai Na'im as caretaker of Pesantren Luqmaniyyah, besides, the recitation of Hizb Ghozali believed to grant all the Hajat desired. The meaning of expressive is the recitation of Hizb Ghozali performed by the students because of the sense of Ta'dzim on the teacher and can be trusted to give many benefits. The meaning of the documentary in the reading of Hizb Ghozali is the recitation of Hizb Ghozali in Pondok Pesantren Luqmaniyyah Yogyakarta is a practice that can be a thorough culture..

Keywords: Hizib Ghozali, Karl Mannheim's, Sociology of knowledge theory.

Abstrak

Membaca Hizib Ghozali dalam Pondok Pesantren Luqmaniyyah Yogyakarta, Hizib Ghozali adalah salah satu banyak manfaat dari Hizib. Adapun prakteknya, Santri harus melakukan Tirakat tertentu. Selain itu, Tirakat Santri wajib melakukan pembacaan Hizib Ghozali setiap hari. Jika Santri melanggar akan dihukum oleh penjaga Pesantren Luqmaniyah Yogyakarta. Dengan menggunakan Karl Mannheim tentang ilmu pengetahuan teori, diharapkan bahwa penelitian ini dapat mengungkapkan makna Santri dalam membaca Hizb Ghozali. Karl Mannheim membahas secara rinci perilaku dan makna perilaku manusia. Karl Mannheim membedakan antara tiga makna berbeda dalam aksi sosial, seperti makna, ekspresif dan dokumenter. Adapun hasil penelitian ini, tujuan yang terkandung dalam membaca Hizb Ghozali di Pondok Pesantren Luqmaniyyah adalah bentuk dari Ijazahan dari Kyai Na'im sebagai pengurus dari Pondok Pesantren Luqmaniyyah. Makna ekspresif pembacaan Hizib Ghozali dilakukan oleh Santri karena rasa takdzim pada Kyai dan dapat dipercaya untuk memberikan banyak keuntungan. Makna dari film dokumenter dalam pembacaan dari Hizib Ghozali adalah pembacaan dari Hizb Ghozali di Pondok Pesantren Luqmaniyyah Yogyakarta adalah latihan yang dapat menjadi budaya menyeluruh.

Kata Kunci : Hizib Ghozali, Karl Mannheim, Sosiologi Teori Pengetahuan.

https://doi.org/10.21274/kontem.2020.8.2.87-120
pdf

References

Abdullah, Muhammad. Fungsi Wirid dan Hizib dalam Sastra Lisan Pesantren (Studi Kasus Wirid Asma’ul Husna dan Hizib Lathif di Brangsong Kendal). Semarang:Jurnal, Ilmu Sastra, 2011.

Baum, Gregory. Agama dalam Bayang-bayang Relativisme, Kebenaran dan Sosiologi Pengetahuan, terj. Ahmad Murtajib Chaeri dan Masyhuri Arw. Yogyakarta: PT.Tiara Wacana Yogya, 1999.

Fahrudin, Ahmad. Pembacaan Hizib Al-Bayumi di Pondok Pesantren Wahid Hasyim (Studi Living Qur’an). Yogyakarta; Skripsi, Ushuluddin, 2019.

Hasanah, Uswatun. Analisis Kesalahan Fonetik dalam Pembacaan hizib Nahdatul Wathan Karya TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid. Yogyakarta:Thesis, Ilmu Bahasa Arab, 2018.

Maliki, Muhammad ‘alawi. Mafahim Yajibu an-Tushoha, (Darr Jawami’ul Kalim).

Mansur dkk Muhammad., Living Qur’an dalam Lintasan Sejarah al Qur’an, dalam Metodologi Penelitian Living Qur’an, Sahiron Syamsuddin. Yogyakarta: TH Press, 2007.

Mannheim, Karl .Essay On The Sociology Of Knowladge.London: Brodway House, 1954.

Mustaqim, Abdul Metode Penelitian al-Qur’an dan Tafsir .Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta, 2014.

Soehada, Moh. Metode Penelitian Sosial Kualitatif untuk Studi Agama. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga, 2012.

Teks hizib Ghozali terbitan Tegalrejo, Magelang.

Penuturan Kyai Nai’im Salimi Selaku Pengasuh Pondok Pesantren Luqmaniyyah Yogyakarta saat pemberian ijazah hizib ghozali kepada santri Luqmaniyyah pada tanggal 24 Juni 2019.

Wawancara kepada Ustadz Ulin Selaku Imam Pembacaan Hizib Ghozali di Pondok Pesantren Luqmaniyyah Yogyakarta pada tanggal 20 Maret 2020.

Wawancara kepada Mu’alim selaku keamanan pondok pesantren Luqmaniyyah Yogyakarta 23 Januari 2020.

Wawancara kepada Risa hafidz selaku ketua takmir pondok pesantren Luqmaniyyah Yogyakarta 20 Januari 2020.

Wawancara kepada Fajar Abdul Mukhlis dari Kebumen kelas Alfiyyah 1pada tanggal 25 februari 2020.

Wawancara kepada Muna dari Banyumas kelas Bukhori pada tanggal 16 April 2020.

Wawancara kepada Charismanto dari Palembang kelas Ihya pada tanggal 15 April 2020.

Wawancara kepada Irfa’ Amalia dari Pekalongan kelas Alfiyyah I pada tanggal 16 April 2020.

Wawancara kepada Ismau Rasidah dari Banyuwangi Kelas Alfiyyah II pada tanggal 15 April 2020.

Wawancara kepada Eka Zuliyana dari Magelang Kelas Bukhori pada tanggal 16 April 2020.

Wawancara kepada Lailatul Mumbasyitoh dari Cilacap pada tanggal 16 April 2020.

Wawancara kepada A’ang Ashari dari Tasikmalaya pada tanggal 17 April 2020.

Wawancara kepada Faisal Habib selaku takmir masjid Luqmaniyyah, 27 Maret 2020.

Wawancara kepada Ma’ruf dari Banjar pada tanggal 17 April 2020.

Downloads

Download data is not yet available.