Laduni Science On Muhammad Luthfi Ghozali’s Perspective
pdf

Keywords

laduni science, Muhammad Luthfi Ghozali, rational, mystical

How to Cite

Fatoni, M., & Naim, N. (2020). Laduni Science On Muhammad Luthfi Ghozali’s Perspective. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 8(2), 37-60. https://doi.org/10.21274/kontem.2020.8.2.37-60

Abstract

Abstract

This article examines the science of laduni and how to acquire it. Laduni science is generally perceived as a supernatural science that cannot be obtained aside from by few individuals. This knowledge is often associated with things that happen abruptly without any preceding process. Muhammad Lutfi Ghozali disproved this assumption by proposing logical, rational arguments and sticking to the naṣ of the Qur'an and Hadith. Muhammad Luthfi Ghozali explained that laduni science has an analytical mechanism. Those who understand the substance of laduni science and construct causal mechanisms will be achievable to acquire this knowledge. The thought of Muhammad Lutfi Ghozali places a comprehension of laduni science that seems mystical and irrational.

Keywords: laduni science, Muhammad Luthfi Ghozali, rational, mystical

Abstrak

Artikel ini membahas tentang ilmu laduni dan cara-cara mendapatkannya. Ilmu laduni umumnya dipahami sebagai ilmu mistik yang tidak mungkin diperoleh kecuali oleh sebagian kecil orang. Ilmu ini kerapkali dihubungkan dengan hal yang terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya proses yang mendahuluinya. Muhammad Luthfi Ghozali membantah anggapan tersebut dengan mengajukan argumentasi logis, rasional serta tetap berpegang pada naṣ Al-Qur’an dan hadits. Muhammad Luthfi Ghozali menjelaskan bahwa ilmu laduni memiliki mekanisme rasional. Mereka yang memahami substansi ilmu laduni dan membangun mekanisme sebab akan mungkin untuk mendapatkan ilmu ini. Pemikiran Muhammad Luthfi Ghozali ini mendudukkan pemahaman tentang ilmu laduni yang seolah mistik dan tidak rasional.

Kata kunci: ilmu laduni, Muhammad Luthfi Ghozali, rasional, mistik.

https://doi.org/10.21274/kontem.2020.8.2.37-60
pdf

References

Abdullah, M. Amin. Islamic Studies Di Perguruan Tinggi. 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Adib, Mohammad. “Filsafat Ilmu; Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, Dan Logika Ilmu Pengetahuan.” In Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Affandi, Abdullah, and Muhammad Suud. “Antara Takwa Dan Takut (Kajian Semantik Leksikal Dan Historis Terhadap Al-Quran).” Al-Hikmah (2016).

Al-Qurthubi. Tafsir Al-Qurthubi,. Kairo: Darul Kutub al-Mishriyyah, 1964.

Arif, Moh. “MEMBANGUN KEPRIBADIAN MUSLIM MELALUI TAKWA DAN JIHAD.” KALAM (2017).

Cholik, Ahmad Arisatul. “Relasi Akal Dan Hati Menurut Al-Ghazali.” KALIMAH (2015).

Fahrudin. “Tasawuf Sebagai Upaya Bembersihkan Hati Guna Mencapai Kedekatan Dengan Allah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim (2016).

Fathiyah Mohd Fakhruddin & Asmawati Suhid. “Process of Murabatah Al-Nafs According To Al-Ghazali in Developing Balanced and Holistic Individual.” Jurnal AL-ANWAR (2016).

Ghofar, Abdul, Usman Abubakar, and Muhammad Azhar. “TAZKIYATUN NAFS AS A STRENGTH BASE OF TEACHER PERSONALITY COMPETENCY.” IJISH (International Journal of Islamic Studies and Humanities) (2019).

Imam Al-Ghazali. Al-Risalah Al-Ladunniyyah. 1st ed. Mesir: Kurdistan al-Ilmiyyah, 1328.

Küçükoğlu, Hülya. “Improving Reading Skills Through Effective Reading Strategies.” Procedia - Social and Behavioral Sciences (2013).

Mahmud, Abdul Halim. Qadliyah Fi Al-Tashawwuf. 1st ed. Kairo: Maktabah al-Qahirah, n.d.

Mubarok, Ghozi. “AL-GHAZALI: REPUTASI DAN PENGARUHNYA DI PESANTREN.” Dirosat : Journal of Islamic Studies (2016).

MUFID, FATHUL. “EPISTEMOLOGI ILMU HUDHURI MULLA SHADRA.” ALQALAM 29, no. 2 (August 2012): 215.

Muhammad Luthfi Ghozali. Mencari Jati Diri Jilid 2, Ilmu Laduni Buah Ibadah Dan Tawasul. Semarang: Abshor, 2011.

———. Sejarah Ilmu Laduni. Semarang: Abshor, 2008.

Mujamma’ al-Lughat al-‘Arabiyyah. Al-Mu’jam Al-Wasith. 1st ed. Kairo: Maktabat al-Syuruq al-Dauliyyah, 2004.

Munirah, Abdina Totama. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SUFISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM.” Dk (2015).

Mushodiq, Muhamad Agus. “PERILAKU PATOLOGIS PADA KISAH NABI MUSA DAN ‘ABD DALAM ALQURAN: Telaah Epistemologi Al-Jâbirî Dan Semiotika Peirce.” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam (2018).

Nisa, Azizatun. “PERAN AKAL DALAM MEMAHAMI PENGETAHUAN LADUNI (TELAAH KITAB RISALAH AL-LADUNIYYAH AL GHAZALI).” Refleksi: Jurnal Filsafat dan Pemikiran Islam (2020).

Nurul Anam, Villatus Sholikhah. “Konstruksi Pendidikan Islam Berbasis Laduni Quotient (LQ).” In 2nd Proceedings Annual Conference for Muslim Scholars, 673–682. Surabaya: Kopertais IV Surabaya, 2018. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/169.

Qodir, Abdul. “Capaian Pendidikan Dalam Pendekatan Prinsip Theologi (Qadariyah).” Aqlania (2019).

Sholihin, Imam. “Konsep Ilmu Laduni Menurut Al-Ghazali (Tela’ah Atas Kitab Al-Risalah Al-Ladunniyyah).” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2016. http://digilib.uinsby.ac.id/13991/.

Suher. Ilmu Laduni Dalam Pandangan Syaikh Khaeril Munier Arli Mursyid Tarekat Qodiriah Wa Naqshabandiyyah Bongas Indramayu Jawa Barat. 1st ed. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2019.

Ulum, Mokhamad Miptakhul. “Relasi Pendidikan Akhlak Dan Ilmu Laduni Menurut Imām Al-Gazāli.” HIKMATUNA : Journal for Integrative Islamic Studies (2016).

Wirman, Eka Putra. “ABU HAMID AL-GHAZALI : DIALEKTIKA LOGIKA DAN INTUISI.” TAJDID : Jurnal Ilmu Keislaman dan Ushuluddin (2019).

Downloads

Download data is not yet available.