Tahadduts bi al-ni’mah Perspektif Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah dan Relevansinya terhadap Pelaku Flexing
PDF

Keywords

Flexing
Media Sosial
Tafsir al-Misbah
Tahadduts bi al-Ni’mah

How to Cite

Labib, A. (2022). Tahadduts bi al-ni’mah Perspektif Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah dan Relevansinya terhadap Pelaku Flexing. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 10(1), 153-171. https://doi.org/10.21274/kontem.2022.10.1.153-171

Abstract

This article aims to answer about the fate of Flexing perpetrators, which have recently been so prevalent on social media platforms that have received a lot of comments and criticism as a whole. This phoneme is caused by the lack of a deep understanding of religious knowledge, especially those related to Tahadduts bi al-Ni’mah. In this article, it is intended to describe the issue of flexing within the scope of the interpretation of the Qur'an, which will focus on the perspective of Quraish Shihab in the interpretation of al-Misbah. This study provides an understanding that the phenomenon of flexing Quraish Shihab's perspective is a negative act because it is considered irrelevant to Islamic religious rules when applied to people's social life.

https://doi.org/10.21274/kontem.2022.10.1.153-171
PDF

References

Abu Sari’, Zaki bin Muhammad. 2017. Di Pintu-Mu Aku Bersimpuh Kisah Orang-Orang Bertaubat dalam al-Qur’an. Terj. Rony Nurgoho. Jakarata: Pustaka al-Kautsar.

Adhari, Iendy Zelvian. dkk. 2021. Kumpulan Teori Penafsiran Al-Qur’an-Al Hadis dan Teori Ekonomi Islam Menurut Para Ahli. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Adzim, Imam Subarul. 2021. Tesis. “Pendekatan Hermeneutik Dalam Menafsirkan Ayat-Ayat Pluralisme Agama”. Program Studi Magister Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Konsentrasi Ilmu Tafsir Program Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta.

Al-Anshori, Abu ‘Abdulloh Muhammad ibn Ahmad ibn Ab Bakr ibn Farh. 1964. Jami’ul al-Ahkam al-Qur’an Tafsir al-Qurthubi. Juz 20. Kairo: Dar al-Kutub al-Misriyyah.

Al-Dzahabi, Husein. 2005. Tafsir Wa al-Wufassirun. juz 2. Kairo: Maktabah Wahbah.

Al-Farmawi, Abdul Hayy. 1997. al-Bidayah fῑ al-Tafsir al Mauḍu’i: Dirasah Manhajiyyah Ma’uḍu’iyyah. Mesir: Maṭba’ah al-hadarah al-Arabiyyah.

Alif, Muhtarul. 2022. "Flexing Ala Sultan, Begini Penjelasan Quraish Sihab tentang Tahaddus Bin Ni’mah". Diakses pada 15 Mei 2022, dari https://bincangsyariah.com/khazanah/flexing-ala-sultan-begini-penjelasan-quraish-sihab-tentang-tahaddus-bin-nimah/

Aljufri. 2021. Islam Itu Damai Konstruksi Pemikiran Menuju Paradigma Ummah. Guepedia.

Al-Walid, Kholid. 2015. Tesis. “Tuhan dalam Pemikiran M. Quraish Shihab”. Jakarta: Universitas Paramadina.

Amrullah, Haji Abdul Malik Abdul Karim. Tafsir Al-Azhar. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD.

Ash-Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi. tafsir al-Qur’anul Majid An-Nuur. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.

Baidan, Nashruddin. 2011. Metode Penafsiran Al-Qur’an Kajian Kritis terhadap Ayat-ayat yang Beredaksi Mirip. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahlan, Zaini. 2017. Qur’an Karim dan Terjemahan Artinya. Yogyakarta: UII Press.
_________. 2021. Memahami Kalam Suci: Tafsir al-Fatihah, ar-Rum, Yasin, al-Mulk dan Juz 30. Yogyakarta: Pesantren Mahasiswa UII.

Darmalaksana, Wahyudin. 2022. "Studi Flexing dalam Pandangan Hadis dengan Metode Tematik dan Analisis Etika Media Sosial". Gunung Djati Conference Series. Volume 8.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama.

Fanani, Muhyar. 2008. Metode Studi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghofur, Saiful Amin. 2013. Mozaik Mufasir al-Qur’an dari Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: Kuakaba Dipantara.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Gusmian, Islah. 2013. Khazanah Tafsir Indonesia dari Hermeneutika hingga Ideologi. Yogyakarta: LkiS.

Helmy, Muhammad Irfan. 2020. Pendekatan Sosiologis-historis dalam Fiqh al-Hadits: Kontribusi Asbab al-Wurud dalam Pemahaman Hadis Secara Kontekstual. Yogyajarta: Kreasi Total Media.

Khisni, A. 2011. “Transformasi Hukum Islam ke dalam Hukum Nasional”. Yogyakarta: Program Doktor Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum UII.

Latief, Hilman dan Mutaqin, Zezen Zaenal. 2015. Islam dan Urusan Kemanusiaan: Konflik, Perdamaian dan Filantropi. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Lufaefi. 2019. “Tafsir Al-Misbah : Tekstualitas, Rasionalitas dan lokalitas Tafsir Nusantara”. Jurnal Substantia, Volume 21 Nomor 1.

Maladi, Yasif. dkk. 2021. Makna dan Manfaat Tafsir Maudhu’i. Bandung: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati.

Muaz, Abdullah. Dkk. t.th. Khazanah Mufasir Nusantara. Cilandak: Progam Studi Alquran dan Tafsir.

Mubaidillah. 2016. “Tafsir Al-Lubab Karya M. Quraish Shihab (Kajian Metodologi Tafsir Kontemporer)”. Nur El-Islam, Volume 3 Nomor 1.

Muhammad, Husein. 2021. Spiritual Kemanusiaan. Yogyakarta: IRCiSoD.
Munawwir, Ahmad Warson. 1997. al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif.

Nata, Abuddin. 2011. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Nur, Afrizal. 2018. Tafsir al-Misbah dalam Sorotan: Kritik Terhadap Karya Tafsir Prof. M. Quraish Shihab. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

Prabowo, Thoriq Tri. 2022, 21 Maret. “Flexing dan Relasi Parasional”. Kedaulatan Rakyat.

Rivauzi, Ahmad. 2015. Wawasan Studi Keislaman Memahami Universitas Islam Untuk Mendidik Pribadi dan Masyarakat yang Berkarakter Rahmatan li al-'Alamin. Ciputat: Sakata Cendikia.

Said, Hasani Ahmad. 2015. Diskurusus Munasabah al-Qur’an Dalam Tafsir Al-Misbah. Jakarta: AMZAH.

Saifuddin. 2017. Tafsir Nusantara Analisis Isu-Isu Gender dalam al-Misbah Karya M. Quraish Shihab. Yogyakarta: LkiS.

Salim, Abd Muin. 2010. Metodologi Ilmu Tafsir. Yogyakarta: Teras.

Saragih, M. Syafi’i. 2015. Memaknai Jihad (Antara Sayyid Quthb & Qurais Shihab). Yohyakarta: Deepublish.

Sarijo. “Implementasi Dalam Penyelesaian Permasalahan Ahli Waris Pengganti (Studi Banding Berdasarkan Hukum Waris Islam Dan Hukum Waris Perdata)”. Mahasiswa Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum UNISSULA Semarang.

Septiani, Lutfiyah Aspita. 2020. “Pamer Harta”. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Shihab, M. Quraish. 1992. Membumikan al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.
_________. 1996. Wawasan al-Qur’an Tafsir Tematik atas Perlbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

_________. 2005. Logika agama: Kedudukan Wahyu dan Batas-Batas Akal dalam Islam. Jakarta: Lentera Hati.

_________. 2007. Secercah Cahaya Ilahi Hidup Bersama al-Qur’an. Bandung: Mizan.

_________. 2012. Tafsir Al-Lubab: Makna, Tujuan dan Pelajaran dari Surah-Surah al-Qur’an. Tangerang: Lentera Hati.

_________. 2013. Kaidah Tafsir: Syarat, Ketentuan, dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami Ayat-ayat Al-Qur’an. Tangerang: Lentera Hati.

_________. 2019. Islam yang Saya Anut: Dasar-Dasar Ajaran Islam. Tangerang: Lentera Hati.

_________. 2002. Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Soewadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sutopo, Ariesto Hadi dan Arief, Adrianus. 2010. Terampil Mengolah Data Kualitatif Dengan NVIVO. Jakarta: Prenada Media Group.

Taufik, Usman. 2021. Kumpulan Teori Penafsiran al quran – al Hadis dan Teori Ekonomi Islam Menurut Para Ahli. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Tim Penyusun Skripsi. 2020. Pedoman Penulisan Skripsi. Semarang: Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo.

Tolchah, Moch. 2016. Aneka Pengkajian Studi Al-Qur’an. Yogyakarta: LkiS Pelangi Aksara.

Wardani. 2009. “Kontroversi Penafsiran Tentang Penciptaan Perempuan Dalam Alquran: Analisis Terhadap Penafsiran M. Quraish Shihab”. Ishraqi. Vol. 5. No. 1.

Wartini, Atik. 2013. “Tafsir Feminis M.Quraish Shihab: Telaah Ayat-Ayat Gender dalam Tafsir al-Misbah”. PALASTREN, Vol. 6, No. 2.

Yunus, H. Mahmud. 2009. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah.

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.