RELEVANCE OF OCCURATIONAL REPORTING IN AL-QUR'AN VERSES TO THE MIRACLES OF THE QUR'AN
PDF

Keywords

Pemberitaan
Gaib
Kemukjizatan
Alquran Preaching
Occult
Miracles
Al-Qur'an

How to Cite

Widodo, P., & Mujahid, A. (2023). RELEVANCE OF OCCURATIONAL REPORTING IN AL-QUR’AN VERSES TO THE MIRACLES OF THE QUR’AN. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 11(1), 167-184. https://doi.org/10.21274/kontem.2023.11.1.167-184

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pemberitaan gaib dalam beberapa ayat Alquran dan dampaknya terhadap sisi mukjizat Alquran. Fokus utama mencakup hakikat pemberitaan gaib, analisis terhadap mukjizatnya, dan manfaatnya dalam memperkuat sisi tersebut. Sumber data yang digunakan meliputi pustaka primer dan sekunder yang dianalisis secara mendalam. Hasilnya mengungkap bahwa pemberitaan gaib dalam Alquran berisi informasi yang tak bisa diterima melalui indera atau akal manusia. Ayat-ayat semacam itu juga berkontribusi pada sisi mukjizat Alquran, terhubung dengan berbagai disiplin ilmu. Keberadaan pemberitaan gaib ini berperan penting dalam memperkokoh mukjizat Alquran. Penelitian ini memberi kontribusi berharga pada pemahaman keilmuan Islam, meningkatkan pengetahuan umat terkait mukjizat Alquran lewat pemberitaan gaib. Lebih lanjut, hal ini mendorong ilmuwan untuk terus menganalisis ayat-ayat Alquran guna menguji dan membuktikan kemukjizatannya.

 

https://doi.org/10.21274/kontem.2023.11.1.167-184
PDF

References

‘A Aizid, Rizem.2018. Sejarah Terlengkap 25 Nabi. Yogyakarta: Diva Press.
"Alcaff, Muhammad. 2020. Tafsir Populer Al-Fatihah. Bandung: Mizan Pustaka."
"Daulay, Irmasani. 2022. Ijaz Alquran. Al-Kauniyah: Jurnal Ilmu Alquran dan Tafsir, Vol. 3, No, 1, p. 10-11. "
"Al-Dimasyqi, Abu Al-Fida’ Al-Hafid Ibnu Kasir. 1997. Tafsir Alquran Al-Adim. Beirut: Dar Al-Kutub Al-‘Ilmiyah. "
"El-Fikri, Syahruddin. 2011. Situs-Situs dalam Alquran. Jakarta: Republika. "
"Hadi, Sofyan. 2021. Surga dan Neraka. Serang: A-Empat. "
"Hamka. 2020. Tafsir Al-Azhar: Diperkaya dengan Pendekatan Sejarah, Sosiologi, Tasawuf, Ilmu Kalam, Sastra, dan Psikologi.Jakarta: Gema Insani Press. "
"Al-Halim, ‘Ad Al-Mustafa Abd. 2007. Al-Aba wa Al-Abna fi Alquran Al-Karim, Terj. Abdul Hayyie Al-Kattani, Kisah Bapak dan Anak dalam Alquran. Depok: Gema Insani Press. "
"HS, Bahtiar. 2008. Jejak-Jejak Surga Sang Nabi. Depok: Lingkar Pena Kreativa. "
"Ibn Muhammad, Abu Qasim Al-Husain. t.th. Al-Mufradat fi Garib Alquran. t.t: Maktabah Nazar Mustafa Al-Bani. "
"Kementerian Agama RI.2018. Alquran dan Terjemahnya. Jakarta: Kementerian Agama R. "
"Lul, Mbah. 2021. Agama Manusia dan Tuhan dalam Perspektif Alquran. Sleman: Budi Utama. "
"Marhan, S. Royani. 2012. Kiamat dan Akhirat:Panduan Ringkas Mengenal Kehidupan Abdi Setelah Mati. Yogyakarta: Erlangga Mahameru. "
"Al-Mahalli, Jalal Al-Din Muhammad ibn Ahmad ibn Muhammad dan Jalal Al-Din ibn Abd Al-Rahman ibn Abu Bakr Al-Suyuti. 1991. Tafsir A-Qur’an Al-‘Adim . Bojonegoro: Nadi Rafiq. "
"Nata, Abuddin. 2018. Islam dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana. "
"Rasyid, Muhammad Dirman dan Anugrah Reskiyani. 2022. Memahami Kemukjizatan Alquran(Tinjauan Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi). Pappasang: Jurnal Studi Alquran, Hadis, dan Pemikiran Islam, Vol. 4, No. 1, p. 43. "
"Rozabi, Izzul. 2014. Negarawan Penggugah Jiwa. Malang: UB Press. "
"Shihab, M. Quraish. 1997. Mukjizat Alquran:Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah, dan Pemberitaan Gaib. Jakarta: Mizan. "
"-------.2005. Tafsir A-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Alquran. Jakarta: Lentera Hati. "
"Susetya, Wawan. 2019. Sangkan Paraning Dumadi Cakramanggilingan: Siklus Kehidupan dalam Pandangan Manusia Jawa. Jakarta: Elex Media Komputindo. "
"Al-Zandani, Abd Al-Majid. 2016. ‘Ilm Al-Ima>n, Terj. Hafidz Muhmamad Amin dan Ali Nurdin, Ensiklopedi Iman. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. "
"Al-Zarqani,Muhammad Abd Al-Adim. t.th. Manah Al-‘Irfan fi ‘Ulum Alquran. Kairo: Maktabah Al-Taufiqiyah. "

Creative Commons License

Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.