PENGEMBANGAN MODEL FUN PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK TK B DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan motorik halus di TK B dengan melukis yang menyenangkan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Pengembangan model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ASSURE: 1) Menganalisis Kebutuhan, 2) Tujuan Pembelajaran, 3) Memilih metode pembelajaran, media dan materi, 4) Memanfaatkan media dan materi, 5) Memerlukan partisipasi peserta didik dan 6) Mengevaluasi dan merevisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendorong guru TK, orang tua, dan sekolah untuk memudahkan pelaksanaan model Fun Painting untuk anak usia dini. Teknik analisis data dengan menggunakan deskripsi dan kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh suatu produk model pembelajaran melukis yang menyenangkan berupa buku panduan dan program pembelajaran.

 

Kata Kunci: Keterampilan motorik halus, melukis yang menyenangkan, penelitian dan pengembangan

https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.1.25-44
PDF

Creative Commons License

Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.