EKSPLOITASI PEREMPUAN DALAM MEDIA MASSA DAN TINJAUAN ISLAM

Abstract

Di media massa, perempuan sering dipresentasikan semata-mata sebagai objek dan melupakan personalitasnya. Bahkan eksploitasi terhadap mereka kerap dilakukan oleh media massa. Contoh sederhana yang sering kita dijumpai adalah pada iklan komersial. Model peraga iklan tersebut akan memainkan lekuk tubuh dan peranan tertentu, itulah yang kiranya sering disalahpahami dan dapat memicu penindasan bagi kaum perempuan. Perempuan yang berkecimpung di industri hiburan, salah satunya televisi, seringkali menjadi korban dari orang-orang seprofesi. Media massa yang seyogyanya memberi pendidikan yang baik justru menjadi bagian penindasan terstruktur bagi perempuan. Bagian-bagian tubuh tertentu yang sering mengundang gairah bagi laki-laki sering dipertontonkan dan menjadi obyek yang asyik bagi kamera. Padahal Allah swt telah berfirman bahwa perempuan laiknya permata yakut dan marjan. Kemewahan tersebut tak semestinya membuat perempuan mengumbar keindahannya, sebisanya ia harus menjaga diri. Dan bagi laki-laki, sudah sepatutnya ia menjaga pandangan dan memposisikan dirinya sebagai pelindung lawan jenisnya itu.

Kata kunci: Media Massa, Perempuan, Islam.

https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.2.279-300
PDF

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.

Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Downloads

Download data is not yet available.