DEVELOPMENT OF ZISWAF LABORATORY MODEL INTEGRATED MB-KM CURRICULUM USING ROWNTREE MODEL

  • Noni Afrianty UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Adi Setiawan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Keywords: Laboratory Model, MB-KM Curriculum, Rowntree Model

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan model laboratorium yang teirntegrasi dengan kurikulum MB-KM dengan menggunakan pendekatan Model Rowntree. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedoman yang dikembangkan sebagai petunjuk pelaksanaan PPL dan KKN MB-KM dikategorikan baik, sehingga dapat digunakan dalam pengembangan model laboratorium ZISWAF Fakultas EKonomi dan Bisnis Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Kata kunci: Model Laboratorium, Kurikulum MB-KM, Model Rowntree

 

Abstract: This study aims to develop a laboratory model that integrates with the MB-KM curriculum using the Rowntree Model approach. The results of this study show that the guidelines developed as guidelines for the implementation of PPL and KKN MB-KM are categorized as good, so that they can be used in the development of the ZISWAF laboratory model of the Faculty of Islamic Economy and Business UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Keywords: Laboratory Model, MB-KM Curriculum, Rowntree Model

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliyani, Neeng Virly, and Dkk. “Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.” Jurnal Governansi 8, no. 1 (2022): 12.

B, Seels Barbara, and Rita C Richey. Teknologi Pembelajaran: Definisi Dan Kawasannya. Jakarta: UNJ, 1994.

Iswara;, Vinita, B.P Sitepu;, and Suprayekti. “Pengembangan Buku Panduan ‘Urinalisis’ Di Laboratorium.” Jurnal Pembelajaran Inovatif 1, no. 1 (2018): 29–57.

Murtini;, Wiedy, Sri Sumaryati;, and Leny Noviani. “Pengembangan Laboratorium Kewirausahaan Terpadu Prodi Pendidikan Ekonomi.” Cakrawala Pendidikan XXXIII, no. 2 (2014): 296.

Nurrohmah, L., Supriyadi, A., & Habib, M. A. F. (2022). Upaya Lembaga Zakat Yatim Mandiri Tulungagung dalam Meningkatkan Kualitas Anak Yatim dan Dhuafa Melalui Program Pendidikan Sanggar Genius. Management of Zakat and Waqf Journal (MAZAWA), 3(2), 87-101.

Rahman, Abdul. “Hubungan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Dengan Kepatuhan Wajib Pajak.” Jurnal Riset Akuntansi VI, no. 1 (2009).

Rodiyah, R. “Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Era Digital Dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum Yang Berkarakter Dan Professional.” Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang 7, no. 2 (2021): 425–434.

Rowntree, Derek. Preaparing Materials For Open,Distance,and Flexible Learning. London: Kogan Page, 1994.

Sobana;, Dadang HUsen, Deni Kamaludin Yusup;, Neneng Hartati;, and Nuraini Qalby Safira Budiana. Pengembangan Model Laboratorium Bisns Digital Di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTKIN). Bandung: Widina Bhakti Persada, 2023.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta, 2018.

Yuniarsari, Revita, Iwan Asmadi, Hendi Suhendraya Muchtar, and Rita Sulastini. “Peran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Meningkatkan Kemandirian Desa.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (2021): 6309.

“Ermendikbud Nomor 3 Tahun 2020.” Accessed September 16, 2020. Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi [JDIH BPK RI].

Published
2023-12-31
How to Cite
Afrianty, N., & Setiawan, A. (2023). DEVELOPMENT OF ZISWAF LABORATORY MODEL INTEGRATED MB-KM CURRICULUM USING ROWNTREE MODEL. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 10(2), 304-314. https://doi.org/10.21274/an.v10i2.8560
Section
Articles