ULAMA DAN UMARA DALAM MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI TANAH BUGIS ABAD XX
pdf

Keywords

Ulama
Umara
Modernisasi Pendidikan Islam

How to Cite

Dalle, M., & Jundi, M. (2022). ULAMA DAN UMARA DALAM MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI TANAH BUGIS ABAD XX. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 137-159. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.137-159

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran dan hubungan antara para ulama dan umara dalam modernisasi pendidikan Islam di tanah Bugis abad XX. Penelitian berjenis library research ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, data bersumber dari berbagai literatur ilmiah sejarah, dan dikumpulkan dengan metode dokumentasi serta dianalisis menggunakan kaca mata hermeneutika modern. Penelitian ini menemukan bahwa peran ulama dan umara dalam modernisasi pendidikan Islam di tanah Bugis pada Abad XX diwujudkan dalam beberapa gerakan besar, yaitu: Muhammadiyah, As’adiyah, Darud Da’wah wal irsyad, Amiriyyah, dan Universitas Muslim Indonesia. Di tanah Bugis, para ulama sangat dimuliakan sebab mereka bukanlah ulama rendahan yang bisa disuap dan menjilat penguasa. Justru para umara lah yang cenderung memperlihatkan ketergantungan terhadap para ulama. Di saat yang sama, terjadi hubungan simbiosis mutualisme anatara keduanya dimana umara memfasilitasi terwujudnya iklim pendidikan Islam yang kondusif untuk membangun sumber daya manusia yang berakhlak mulia, dan ulama pun tidak pernah tinggal diam jika melihat sebuah kemungkaran dengan langsung mengkritik serta mengingatkan umara. Meskipun demikian, hubungan simbiosis mutualisme ini sedikit ternodai oleh upaya pemaksaan umara terhadap ulama untuk mendukung hasrat politik kelompok mereka.

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.137-159
pdf

References

Ainin, Moh. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: Bintang Sejahtera, 2016.

Akhmar, Andi Muhammad. Islamisasi Bugis; Kajia Sastra atas La Galigo Versi Botinna I La Dewata Sibawa I We Attaweq (BDA). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2018.

Al-Jum’ah, Ais Nurbiyah. “Resitensi Bissu terhadap Pembantaian DI/TII di Sulawesi Selatan Periode 1950-1965 dalam Dua Cerpen Faisal Oddang.” Journal of Indonesian Islam 8, no. 2 (Desember 2014).

Arief, Syamsuddin. “Dinamika Jaringan Intelektual Pesantren di Sulawesi Selatan.” Lentera Pendidikan 11, no. 2 (Desember 2008).

Aslamiyah, Siti Suwaibatul. “Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Al-Hikmah 3, no. 2 (September 2014).

Bakar, Abu. “Konsepsi Ketatanegaraan Kahar Muzakkar.” al-Daulah 8, no. 1 (April 2018).

Bruinessen, Martin Van. Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat; Tradisi Tradisi Islam di Indonesia. 3 ed. Bandung: Mizan, 1999.

Dalle, Muhammad, dan Muhammad Jundi. “Sosio-Politik Orang Bugis dan Islamisasi Masyarakat Sulawesi Timur di Zaman Kolonialisasi Belanda.” HEURISTIK: Jurnal Pendidikan Sejarah 1, no. 2 (30 Agustus 2021): 90–106. https://doi.org/10.31258/hjps.1.2.90-106.

Daulai, Afrahul Fadhila. “Modernisasi Pendidikan pada Muhammadiyyah.” Tazkiya Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (Desember 2019).

Fahmid, Imam Mujahidin, dan dkk. “Pasang Surut Polarisasi Elit di dalam Etnis Bugis dan Makassar.” Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan 6, no. 2 (September 2012).

Gaffar, Suyuti, dan Muhammad Takbir. “Modernisasi Pendidikan Islam Abad Ke 20 di Sulawesi Selatan.” El-Hikmah 12, no. 1 (Juni 2018).

Haq, Moh. Nasirul. Back To Root; Kembali ke Akar. Kediri: Lirboyo Press, 2017.

Hasbi, Muhammad. “The Band of Abdul Qahhar Mudzakkar Biographical Sketch of Rebelious Leaders of Islamic State-Indonesian Islamic Army (DI/TII) of Sulawesi.” Journal of Indonesian Islam 8, no. 2 (Desember 2014).

Hidayat, Komarudin. Memahami Bahasa Agama; Sebuah Kajian Hermeutik. Cet. 1. Jakarta: PARAMADINA, 1996.

Idris, Syarifuddin. “Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia (Studi Analisis Tokoh, Organisasi, dan Lembaga Pendidikan).” Jurnal Ilmiah “Kreatif” Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam 12, no. 2 (Juli 2015).

Ilyas, Husnul Fahimah, Muslimin AR Effendy, Muh Wardiah, dan Taufik Subair. JARINGAN ULAMA SULAWESI SELATAN DAN SULAWESI BARAT AWAL ABAD XX. Cet. 1. Makassar: Balitbang Agama Makassar, 2018.

Junaeda, St. “Menelisik Jekak Pendidikan di Sulawesi Selatan; dari Siste Pendidikan Tradisional, Hingga Sisem pendidikan Modern.” Rihlah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan 2, no. 1 (2014).

Jundi, Muhammad. “Pendidikan Islam Dan Keteladanan Moral Rasulullah Muhammad Saw. Bagi Generasi Muda.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (27 Juni 2020). https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i1.6193.

———. “Persepsi Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Perkuliahan Naḥwu dengan Sistem Daring.” Al-Ma‘rifah: Jurnal Budaya, Bahasa, dan Sastra Arab 17, no. 2 (31 Oktober 2020): 105–18. https://doi.org/10.21009/almakrifah.17.02.01.

Kapojos, Shintia, dan Hengki Wijaya. “Mengenal Budaya Suku Bugis Pendekatan Misi Terhadap Suku Bugis” 6 (17 November 2018): 153–74.

Koentjaraningrat, Koentjaraningrat. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. 5. Jakarta: Djambatan, 1980.

Kurniawan, Yogi. “Hubungan Ulama dan Umara Menurut Imam Al-Ghazali dan Relevansinya di Indonesia (Study pada Kitab ihya’ Ulumuddin).” Bachelor Thesis, Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2018.

Mursalim, Mursalim. “Pemikiran Tasawuf Anregurutta H. Abdurahman Ambo Dalle (Telaah atas Kitab “AL-Qawl Al-Shadiq li Ma’rifat Al-Khaliq).” Fenomena 7, no. 2 (2015).

Nasution, Harun. Pembaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan. 9 ed. Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

Pabbajah, Mustaqim. “Religiusitas dan Kepercayaan Masyarakat Bugis- Makassar.” Al- Ulum 12, no. 2 (Desember 2012).

Pelras, Christian. Manusia Bugis. 1 ed. Jakarta: Nalar Bekerjasama dengan Jakarta-Faris Ecole Francaised’Extreme-Orient, 2006.

Rasmin, Muhammad Zaitun. “Pendidikan Islam dalam Perspektif Ulama Bugis K.H. Lanre Said.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (April 2018).

Saihu, Saihu. “Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia.” Al-Amin 3, no. 1 (2015).

Shihab, Alwi. Islam Inklusif Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama. 5 ed. Bandung: Mizan, 1999.

Sila’, Muhammad Adlin. “As’adiyah Pencetak Ulama dan Pesantren di Sulawesi Selatan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 3, no. 3 (Juli 2005).

Umar, dan dkk. “Konsepsi Guru Agama dalam Konteks Kebudayaan Bugis Maskassar.” Magelang: Universitas Muhammadiyyah Magelang, 2019.

Yahiji, Kasim, dan Damhuri Damhuri. “Revitalisasi Pembinaan Akhlak Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Quotient Di Era 4.0.” Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2018): 1–15.

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. 2 ed. Jakarta: Hidakarya Agung, 1984.

Zed, Mustika. Metodologi Penelitian Kepustakaan. Cet. 1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.