MULTIKULTURALISME DAN DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (DARI MASA PENJAHAHAN HINGGA REFORMASI)
pdf

Keywords

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Dinamika, Multikulturalisme.

How to Cite

Idris, M. (2022). MULTIKULTURALISME DAN DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (DARI MASA PENJAHAHAN HINGGA REFORMASI). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 79-100. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.79-100

Abstract

Pendidikan Islam yang berada di Indonesia tidaklah muncul dan berkembang dengan tiba-tiba. Hal ini melewati proses sejarah yang panjang. Dengan mengkaji sejarah, dinamika serta epistemologi akan terurai terkait dengan historitas pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan masuk dalam kategori library research. Sumber datanya diperoleh dari buku primer dan jurnal yang berkaitan dengan tema, tenik analisis datanya menggunakan metode desktiptif analitik. Adapun hasil penelitian ini antara lain: bahwa pertama kali pendidikan Islam berada di bumi pertiwi selaras dengan masuknya Islam ke Indonesia. melalui dinamika yang panjang terdapat empat fase. Pertama, masa penjajahan Belanda yang diskriminatif tehadap pendidikan Islam, kemudian masa penjajahan Jepang pendidikan Islam agak longgar dari diskriminasi, karena Jepang pada masa itu memiliki misi perang dunia II. Kedua, masa orde lama perlahan pemerintah memberikan perhatian terhadap pendidikan Islam. Ketiga, orde baru, pada masa ini madrasah mendapatkan kesetaraan dengan sekolah umum. Keempat, masa reformasi, pendidikan Islam di masa ini sudah berkembang maju, kurikulum, kemudian pendidikan Islam juga diperhatikan dengan menggelontorkan anggaran 20% dari APBN. Kemudian terkait epistemology pendidikan Islam di Indonesia dapat dikenali dengan mempertegas melalui warisan budaya dan peradaban Islam berupa kehadiran madrasah.

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.79-100
pdf

References

Afiful Ikhwan. “Kajian Sosio-Historis Pendidikan Islam Indonesia Era Reformasi.” Edukasi 5, no. 1 (2017).

Amin, Muh. “Pendidikan Islam Masa Penjajahan Belanda Dan Jepang.” Jurnal Pilar 10, no. 2 (2019).

Amrozi, Shoni Rahmatullah. “SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA; PERSPEKTIF SEJARAH KRITIS IBNU KHOLDUN.” KUTTAB 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.30736/ktb.v4i1.105.

Andi Lukmanul Qosim. “Melacak Akar Epistemologi Pendidikan Islam (Studi Tentang Pemikiran Sa’id Ismail Ali).” Universitas Islam Sunan Kalijaga, 2015.

Anwar, Saiful. “Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia (Zaman Orde Baru Dan Reformasi).” Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2019). https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.643.

Aziz, Jamil Abdul. “Pesantren: Genealogi, Dinamika, Dan Nasionalisme.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 01 (1970). https://doi.org/10.37542/iq.v1i01.11.

Azra, Azyumardi. “REVITALISASI WAWASAN KEBANGSAAN MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.” Jurnal Ledalero 18, no. 2 (2019). https://doi.org/10.31385/jl.v18i2.185.183-202.

Fuad Raya, Khafidz. “‘Sejarah Orientasi Pendidikan Islam Di Indonesia (Dari Masa Kolonial Hingga Orde Baru).’” Jurnal Pendidikan Islam 8.2 (2018).

Hanipudin, Sarno. “Pendidikan Islam Di Indonesia Dari Masa Ke Masa.” Matan : Journal of Islam and Muslim Society 1, no. 1 (2019). https://doi.org/10.20884/1.matan.2019.1.1.2037.

Hasnida, Hasnida. “SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PADA MASA PRA KOLONIALISME DAN MASA KOLONIALISME (BELANDA, JEPANG, SEKUTU).” Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 16, no. 2 (2017). https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i2.6442.

Hoddin, Muhammad Sholeh. “Dinamika Politik Pendidikan Islam Di Indonesia; Studi Kebijakan Pendidikan Islam Pada Masa Pra-Kemerdekaan Hingga Reformasi.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 14, no. 1 (2020). https://doi.org/10.30984/jii.v14i1.1035.

Irja Putra, Pratama dan Zulhijra. “REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Irja.” Jurnal PAI Raden Fatah Vol I (2019).

Iswantir. Pendidikan Islam Sejarah, Peran Dan Kontribusi Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Bandar Lampung: Aura, 2013.

Kaelan. Negara Kebangsaan Pancasila: Kultural, Historis, Filosofis, Yuridis, Dan Aktualisasinya. Pancasila, 2013.

Kodir, Abdul. Sejarah Pendidikan Islam Dari Masa Rasulullah Hingga Reformasi Di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia, 2018.

Moelong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Vol. 53, 2005.

Muhammad Hambal Shafwan. Intisari Sejarah Pendidikan ISlam (Mengenal Dan Meneladani Proses Dan Praktek Tarbiyah Dan Dakwah Sejak Diutusnya Rasul Saw Hingga Kemerdekaan Indonesia). Sukoharjo: CV Pustaka Arafah, 2019.

Nasution, Kasron. “Historisitas Dan Dinamika Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 14, no. 2 (2021). https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i2.36.

Permatasari, Dyah Yovita. “DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (SEBUAH TINJAUAN HISTORIS-KRONOLOGIS).” Falasifa 8, no. 2 (2017).

Qomari, Mujamil. Epistimologi Pendidikan Islam, Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik. Jakarta: Erlangga, 2005.

Rahman, Kholilur. “Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Fakultas Tarbiyah, IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi Abstract 11, no. 1 (2020).

Ratna, Nyoman Kutha. Metodologi Penelitian Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Metodologi Penelitian, 2010.

Salim, Salim. “LEKTUR MODEREN SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 40, no. 1 (2016). https://doi.org/10.30821/miqot.v40i1.238.

Salwadila, Tiara. “SISTEM DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA REFORMASI.” Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah 3, no. 2 (2021).

Saputra, Fedry. “SEJARAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA.” AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam) 3, no. 1 (2021).

Sofyan, Sofyan. “Eksistensi Pendidikan Dan Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia Pra Dan Pasca Kemerdekaan.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 16, no. 1 (2022). https://doi.org/10.35931/aq.v16i1.856.

Sopiah. “Pendidikan Multikultural Dalam Pendidikan Islam.” Forum Tarbiyah 7, no. 2 (2009): 157–66.

Sudarmono, Muh. Aidil. “TINJAUAN SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM MASA ORDE LAMA.” KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam 18, no. 1 (2020). https://doi.org/10.52266/kreatif.v18i1.359.

Susmihara. “PENDIDIKAN ISLAM MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG.” Jurnal Rihlah 1, no. 1 (2013).

Umar. “Eksistensi Pendidikan Islam Di Indonesia (Perspekstif Sejarah Pendidikan Nasional).” Lentera Pendidikan 19, no. 1 (2016). https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a2.

Utomo, Ilham Nur, and Dwi Wijayanti. “Pemikiran Mohammad Hatta Tentang Pendidikan Islam.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 31, no. 2 (2020). https://doi.org/10.33367/tribakti.v31i2.1160.

Widi Astutik, F.X Wartoyo, dan J. Priyanto Widodo. Sistem Pendidikan Indonesia Pada Masa Revolusi Politik Kemerdekaan (1945-1950). Surakarta: Pelangi Pres, n.d.

Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Raja Grafindo, 1997.

Yuningsih, Heni. “Kebijakan Pendidikan Islam Masa Orde Baru.” Jurnal Tarbiya 1, no. 1 (2015).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.