TINGKAT ACADEMIC SELF CONCEPT SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN PAI & BP
pdf

Keywords

konsep diri akademik, konsep diri, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam

How to Cite

Alamsyah, A., Anwar, S., & Suresman, E. (2022). TINGKAT ACADEMIC SELF CONCEPT SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN PAI & BP. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 101-120. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.101-120

Abstract

PAI & BP di jenjang SMA menuntut siswa memiliki kompetensi baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor. Sedangkan persepsi kemampuan siswa meliputi kelebihan dan kekurangan dirinya terhadap mata pelajaran PAI & BP baik dalam mengikuti pembelajaran, memahami materi, serta mengaplikasikan nilai-nilai agama dalam keseharian itulah yang disebut academic self concept PAI & BP siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat ASC siswa SMA pada mata pelajaran PAI & BP serta faktor-faktor yang mempengaruhinya guna menjalin komunikasi yang terbuka antara guru dan siswa serta menciptakan partisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa. Instrumen ASC PAI & BP yang digunakan adalah hasil modifikasi atas instrumen ASC Sains milik Graham Hardy (2013). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif metode sensus desain Cross-Sectional dengan instrumen angket kuesioner campuran untuk mengetahui tingkat ASC PAI & BP siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi ASC PAI & BP siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat ASC PAI & BP siswa SMA berada pada kategori tinggi yang berarti ASC PAI & BP siswa sebagian besar positif dimana 72,0% siswa memiliki ASC PAI & BP yang tinggi, 27,3% siswa memiliki ASC PAI & BP yang sedang, dan 0,6% siswa memiliki ASC PAI & BP yang rendah.

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.101-120
pdf

References

A NSW Goverment-education. “Academic Self-Concept.” NSW Goverment, 2021. https://education.nsw.gov.au/student-wellbeing/tell-them-from-me/accessing-and-using-tell-them-from-me-data/tell-them-from-me-measures/academic-self-concept#:~:text=Academic self-concept relates to,well in their school work.

Ahmad, Muhammad Yusuf, and Siti Nurjannah. “Hubungan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Kecerdasan Emosional Siswa.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 13, no. 1 (2016): 1–17. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1509.

Ajriati. “Peningkatan Kompetensi Perilaku Kompetitif Dalam Kebaikan Melalui Metode ‘ Stad ’ Pada Bidang Studi Agama Dan Budi Pekerti.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter 7, no. 1 (2022): 63–72. https://i-rpp.com/index.php/jipk/article/view/1306/371371787.

Al-Atsari, Abdullah bin Abdul Hamid. Sholat (Definisi, Anjuran, Dan Ancaman). Edited by Salim Maqbul Al-Katsiri. 25 Mei 2010. IslamHouse.com, 2015. https//www.d1.islamhouse.com.

Beasley, Samuel T., and Shannon McClain. “Examining Psychosociocultural Influences as Predictors of Black College Students’ Academic Self-Concept and Achievement.” Journal of Black Psychology 47, no. 2–3 (2021): 118–50. https://doi.org/10.1177/0095798420979794.

Burns, R. B. Konsep Diri, Teori, Pengukuran Dan Prilaku. Edited by Eddy. Jakarta: Arcan, 1993.

Carlock, C. Jesse. Enhancing Self-Esteem. Edited by C. Jesse Carlock. Third. New York: Rotledge (Taylor & Francis Group), 1999. https://books.google.co.id/books?id=FW9EAQAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false.

Darmiah. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Lanjutan Menengah Atas Dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Karakter.” Pionir Jurnal Pendidikan 53, no. 9 (2019): 1689–99.

Fianti, F I A Lisma. “Pembiasaan Ibadah Pada Siswa Di Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Ma ’ Arif Nu 04 Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri.” IAIN Purwokerto, 2016. https://docplayer.info/38233818-Pembiasaan-ibadah-pada-siswa-di-madrasah-tsanawiyah-mts-ma-arif-nu-04-tamansari-kecamatan-karangmoncol-kabupaten-purbalingga.html.

Galugu, Nur Saqinah, and Samsinar Samsinar. “Academic Self-Concept, Teacher’s Supports and Student’s Engagement in the School.” Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling 5, no. 2 (2019): 141–47. https://doi.org/10.26858/jppk.v5i2.10549.

Gunawan, Adi W. Genius Learning Strategi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006.

Hamachek, Don. “Self‐Concept and School Achievement: Interaction Dynamics and a Tool for Assessing the Self‐Concept Component.” Journal of Counseling & Development 73, no. 4 (1995): 419–25. https://doi.org/10.1002/j.1556-6676.1995.tb01775.x.

Hardy, Graham. “Academic Self-Concept: Modeling and Measuring for Science.” Research in Science Education 44, no. 4 (2014): 549–79. https://doi.org/10.1007/s11165-013-9393-7.

Hasanah, Anisatul. “Pengaruh Konsep Diri Dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Di SMAN 04 Kecamatan Kedurang Kabupaten Bengkulu Selatan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Al-Bahtsu 3, no. 1 (2018): 201893–907. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/albahtsu/article/view/1298/1090.

Khafiya, H N. “Konsep Diri Akademik Pada Siswa MTS (Studi Pada Siswa Yang Berasal Dari SD Umum).” Universitas Muhammadiyah Malang, 2018. https://eprints.umm.ac.id/39410/%0Ahttps://eprints.umm.ac.id/39410/1/Script.pdf.

Marsh, Herbert W., Kit Tai Hau, and Chit Kwong Kong. “Multilevel Causal Ordering of Academic Self-Concept and Achievement: Influence of Language of Instruction (English Compared with Chinese) for Hong Kong Students.” American Educational Research Journal 39, no. 3 (2002): 727–63. https://doi.org/10.3102/00028312039003727.

Masykur, Mohammad Rizqillah. “Metodologi Pembelajaran Fiqih.” Al-Makrifat 4, no. 2 (2019): 31–44.

Mujiburrahman. “Pola Pembinaan Ketrampilan Shalat Anak Dalam Islam.” Jurnal Mudarrisuna 6, no. 2 (2016): 185–204. https://node1.123dok.com/dt03pdf/123dok/002/641/2641406.pdf_file.pdf?X-Amz-Content-Sha256=UNSIGNED-PAYLOAD&X-Amz-Algorithm=AWS4-HMAC-SHA256&X-Amz-Credential=7PKKQ3DUV8RG19BL%2F20220629%2F%2Fs3%2Faws4_request&X-Amz-Date=20220629T081919Z&X-Amz-SignedHeaders.

Mulyana. “Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran PAI & BP SD, SMP, SMA Kurikulum Sekolah Penggerak.” Forum Guru Indonesia, 2021. https://www.ainamulyana.info/2021/10/capaian-pembelajaran-mata-pelajaran-pai.html.

Pradita, Novi Enggar. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perkembangan Emosional Peserta Didik Di Smk Islam 1 Durenan.” Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2018. http://repo.uinsatu.ac.id/8743/.

Qowaid. “Tanggapan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.” Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 11, no. 1 (2013): 19–32. https://doi.org/10.32729/edukasi.v11i1.423.

Saleh, Mukmin. “Pengaruh Konsep Diri Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pai Di Sma Darusy Syafa’ah Kotagajah Lampung Tengah.” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 2020. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3115/.

Saputra, R A, A Hariyadi, and Sarjono. “Pengaruh Konsep Diri Dan Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan.” Jurnal Educatio FKIP … 7, no. 3 (2021): 1046–53. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1337.

susiyanti. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membentuk Karakteristik Islam (Akhlak Mahmudah) Di Sma Negri 9 Bandar Lampung.” Repository UIN Raden Intan Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2016. http://repository.radenintan.ac.id/2397/.

Yati, Ramida. “Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMK N 5 Bandar Lampung.” Repository UIN Raden Intan Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2021. http://repository.radenintan.ac.id/15183/.

Yusuf, M. “Model Pembelajaran Kompetisi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Asosiasi Dosen Tarbiyah STAI Darussalam 2, no. 2 (2020): 61–73.

Zubaidillah, Muh Haris, and M Ahim Sulthan Nuruddaroini. “Analisis Karakteristik Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2019): 1–11.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.