NILAI-NILAI KEPRIBADIAN GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM
pdf

Keywords

Nilai-Nilai Kepribadian, Guru Pendidikan Islam, Kitab Irsyadul Muallimin

How to Cite

Nurfuadi, N., Khasanah, E., & Fian, K. (2022). NILAI-NILAI KEPRIBADIAN GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 43-55. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.43-55

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai kepribadian guru pendidikan Islam dalam kitab “Irsyadul Muallimin” Karya K.H. Taufiqul Hakim. Jenis penelitian ini yaitu literatur review dengan teknik pengumpulan data berdasar artikel atau buku yang sesuai topik. Analisis data menggunakan metode analisis dengan penyajian secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai kepribadian guru pendidikan agama Islam dalam kitab Irsyadul Muallimin yaitu guru memiliki kepribadian menyenangkan dengan indikator proaktif, cerdas, empati, bijaksana, kreatif dan inovatif, selalu belajar, humoris, bersahabat, mengetahui kebutuhan siswa, adil, sederhana, komunikatif, sabar, rendah hati, penyayang, tegas, mengayomi, disiplin, menghargai siswa, ikhlas, berpikir positif, pemaaf, dan demokratis.

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.43-55
pdf

References

----------------, “Oknum Guru SMA Lakukan Pelecahan Seksual Anak Didiknya Sendiri, Terungkap Gara-Gara Ini”. Tersedia di www.tribunnews.com. Diakses pada 13 September 2021.

Elihami, Elihami, dan Abdullah Syahid. 2018. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami.” Edumaspul-Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 1. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17.

Habibullah, Nur. 2019. “Hakikat Kepribadian Guru Sebagai Tenaga Pendidik”, Jurnal At-Ta’lim, Vol. 1, No. 1. Retrieved from http://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/Attalim/article/view/50

Hakim, Taufiqul. 2014. Irsyadul Muallimin (Petunjuk Para Guru), (Jepara: PP. Darul Falah).

Huda, Mualimul. 2018. “Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI).” Jurnal Penelitian, Vol. 11, No. 2. http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170

Irwansyah, Muhammad. dkk. 2019.“Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru dalam Sistem Pendidikan Perspektif Hadits Nabawi”, Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam , Vol. 9, No. 2.

https://dx.doi.org/10.18592/jt%20ipai.v9i2.3421

Masse. 2019. “Praktek Kekerasan di SMA Negeri 8 Luwu Timur”, Jurnal Sosialisasi, Vol. 6, No. 2. https://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/13234/7689

Muis, Tamsil, dkk. 2011. “Bentuk, Penyebab, dan Dampak dari Tindak Kekerasan Guru Terhadap Siswa dalam Interaksi Belajar Mengajar dari Perspektif Siswa di SMPN Kota Surabaya: Sebuah Survey” Jurnal Psikologi: Teori & Terapan, Vol. 1, No. 2. https://doi.org/10.26740/jptt.v1n2.p63-74

Sanusi, Hary Priatna. 2013. “Peran Guru PAI dalam Pengembangan Nuansa Religius di Sekolah.” Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 11, No. 2. http://jurnal.upi.edu/taklim/view/2287/peran-guru-pai-dalam-pengembangan-nuansa-religius-di-sekolah.html

Tilmidzi, Saknu. 2020. “Kompetensi Kepribadian Guru Persepktif K.H. Taufiqul Hakim (Analisis Kitab Irsyadul Muallimin)”, Vol.1, No. 1. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/jis/article/view/780

U, M. Shabir. 2015. "Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru", Auladuna, Vol. 2, No. 2. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/878

Windrati, Dyah Kusuma. 2011. “Pendidikan Nilai Sebagai Suatu Strategi dalam Pembentukan Kepribadian Siswa.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 1, No. 1. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i1.60

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.