IMPLEMENTASI TEORI PSIKOLOGI (EKOLOGI) BRONFRENBENNER PADA PENDIDIKAN KELUARGA Q. S AT-TAHRIM (66): 6
PDF

Keywords

pendidikan keluarga, teori ekologi Bronfrenbenner

How to Cite

Fadhilah, R., & Musthofa, T. (2022). IMPLEMENTASI TEORI PSIKOLOGI (EKOLOGI) BRONFRENBENNER PADA PENDIDIKAN KELUARGA Q. S AT-TAHRIM (66): 6. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1-19. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.1-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi teori ekologi Bronfrenbenner pada pendidikan keluarga yang sesuai dalam Q.S at-Tahrim (66): 6. Metode yang digunakan adalah library research dengan pendekatan teori psikologi dari Bronfrenbenner, yaitu teori ekologi perkembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori ekologi pengembangan mengkaji pendidikan anak dengan beberapa pendekatan sub sistem, yaitu; 1) mikrosistem, mengkaji interaksi anak kepada anggota keluarga secara aktif. Keluarga mengajak serta memberikan contoh pendidikan sesuai ajaran agama yang benar, misalnya dalam hal beribadah. 2) ekosistem, mengkaji peran masif anak dalam kehidupan keluarga, misalnya yaitu hubungan internal suami istri yang berpengaruh pada pola interaksi terhadap anak. Sehingga dalam 2 sub sistem teori ekologi Bronfrenbenner, implementasi pada pendidikan keluarga agar terhindar dari api neraka dapat
dilakukan dengan membentuk pola komunikasi dan edukasi yang berdasarkan pada ajaran dan syariat agama yang benar.

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.1-19
PDF

References

Al-Maraghi, Ahmad Musthafa. Terjemah Tafsir Al-Maraghi Juz 10. Semarang: Toha Putra, 1986.

Al-Qurthubi, Imam. Tafsir Al-Qurthubi. Jakarta: Pustaka Azzam, 2009.

Amin, Alfauzan. “Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan.” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 16, no. 1 (April 11, 2018): 106–25.

Darajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Dkk, Mahmud. Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga. Jakarta Pusat: Akademia Permata, 2013.

Fahrudin, Ahmad. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian: Kompetensi Dan Strategi Jitu Riset Peneliti. 1st ed. Tulungagung: UIN SATU PRESS, 2020.

Hasbulloh. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Pustaka, 2017.

Mujahidah. “Implementasi Teori Ekologi Bronfrenbenner Dalam Membangun Pendidikan Karakter Yang Berkualitas.” Lentera IXX, no. 02 (2015): 174–75. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/lj.v17i2.439.

Muzakki, Hawwin, Ahmad Natsir, and Ahmad Fahrudin. “Transformasi Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Dengan Nilai Islam Indonesia (Dari Pendekatan Monodisipliner Menuju Pendekatan Interdisipliner).” Journal of Islamic Education Research 2, no. 1 (June 11, 2021): 27–44. https://doi.org/10.35719/JIER.V2I1.114.

Na’imah, Tri. ““Pendidikan Karakter (Kajian Dari Teori Ekologi Perkembangan),.” Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islam, 2012.

Natsir, Ahmad, Ahmad Fahrudin, Didin Wahyudin, Bagus Wahyu Setiawan, and Wilis Werdiningsih. “Kontribusi Pengetahuan Asbabunnuzul Dalam Pengembangan Materi Al-Quran Dan Hadits Di Madrasah Aliyah.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 21, no. 01 (July 15, 2021): 65–81. https://doi.org/10.21274/DINAMIKA.2021.21.01.65-81.

“Pelaku Klitih Yang Mnenewaskan Siswa SMA Di Yogyakarta Sudah Ditangkap,” n.d.

Putri, Sukma Ari Ragil, and Ahmad Fahrudin. “Polemik Work From Home (WFH) Bagi Perempuan Bekerja Di Tengah Digitalisasi Teknologi Dan Pandemi.” Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak 5, no. 2 (December 17, 2021): 377–99. https://doi.org/10.21274/MARTABAT.2021.5.2.377-399.

Rusydiyah, Evi Fatimatur. “Social Education through Digital Literacy among Indonesian Female Muslim Activists the Experience of Abdurrahman Wahid’s Daughters.” Journal of Indonesian Islam 14, no. 1 (June 1, 2020): 210–47. https://doi.org/10.15642/jiis.2020.14.1.210-247.

Sakerebau, Jubier. “Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran.” BIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Konstektual 11 (2018): 2. https://doi.org/https://doi.org/10.34307/b.v1i1.22.

Salik, Mohamad. “Conserving Moderate Islam in Indonesia: An Analysis of Muwafiq’s Speech on Online Media.” Journal of Indonesian Islam 13, no. 2 (December 1, 2019): 373–94. https://doi.org/10.15642/JIIS.2019.13.2.373-394.

Setyawan, Bagus Wahyu, Adatun Nuril Hidayah, Ahmad Natsir, Ahmad Fahrudin, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, and Universitas Sebelas Maret. “Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak Stereotype Terhadap Tokoh Utama Perempuan Dalam Novel Alun Samudra Rasa Karya Ardini.” Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak 5, no. 1 (2021): 60–82.

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.