STRATEGI PEMBELAJARAN KIAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR DAN DISIPLIN SANTRI
pdf

Keywords

Strategi Pembelajaran, Pembentukan Karakter Santri

How to Cite

Haryanti, N., & Indarti, L. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN KIAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR DAN DISIPLIN SANTRI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 121-136. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.121-136

Abstract

Penelitian   ini dilatarbelakangi oleh    fakta yang terjadi  kiai  harus mempunyai strategi untuk pembentukan karakter santri. Strategi dalam pembentukan karakter merupakan salah satu metode pendidikan nilai yang komprehensif.  Pembelajaran dalam pembentukan karakter santri sudah mulai mengenai dimana santri sudah mempunyai rasa kepedulian terhadap sesama santri yang terwujud dengan saling membantu, mempunyai sifat jujur jika memang melanggar mengakui saja dan siap mendapatkan hukuman. Metode pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi partisipan, wawancara atau interview mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menganalisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu: (1) analisis data kasus individu, dan (2) analisis data lintas situs. Hasil penelitiannya adalah:    Strategi  pembelajaran kyai dalam membentuk karakter jujur santri di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Ngunut Tulungagung dilakukan dengan jalan: a) kyai memberikan kesadaran etika dengan mengajarkannya sebagaimana yang dalam kitab menuntun para santri untuk berkata benar, pengetahuan tentang  etika berkata benar bahkan diajarkan  mengendalikan diri. b) kyai mengajarkan pada santri  untuk jujur  dalam  perkataan.   c) Kyai memberikan pengarahan untuk membiasakan diri untuk berhenti berbohong. 

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.121-136
pdf

References

Al Bantani, I. N., (t.t.). Nashaihul Ibad, Semarang: Pustaka Alawiyah.

Amin, D. (2000) Islame dan KebudayaaneJawa, Yogyakarta: eGama Media. e

Bakri, O. (1993). Akhlak Muslim, Bandung: Angkasa.

Gunarsa, S. (1991). PsikologiePraktis; AnakeRemaja daneKeluarga, Jakarta: eBPK GunungeMulia.

Latif, A. (2005). PendidikaneBerbasis NilaieKemasyarakatan, Bandung: eRefikaeAditama.

Madjid, N. (t.t). Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Dian Rakyat.

Majid, N.. (1984). Keilmuan Pesantren: antara Materi dan Metodologinya t.p. P3M.

Mastuhu, (1994). DinamikaeSistem PendidikanePesantren: eSuatu Kajiane Tentang Unsuredan Nilaie Sistem ePendidikan Pesantren, eJakarta: eINIS.

Moleong, eL. J., (2005). MetodologiePenelitianeKualitatif, Bandung: RemajaeRosdaeKarya.

Mukhtar, A. (2001). Membedah Diskursus Pendidikan Islam, Ciputat Kalimas.

Sadali, e (2020). EksistensiePesantren sebagaieLembagaePendidikan Islam, eAtta’dibeJurnalePendidikaneAgamaeIslam, 1 (2).

Schaefer, C. e (1996). CaraeEfektif MendidikedaneMendisiplinkan Anak, eJakarta: MitraeUtama.

Siahaan, H. N. (1986). Peran Ibu Bapak Mendidik Anak, Bandung: Angkasa.

Sukardi, (2003). MetodologiePenelitianePendidikaneKompetensiedan Prakteknya, eYogyakarta: eBumieAksara.

Suraji, I. (2006). EtikaeDalamePersepektifeAl-QuranedaneAl-Hadist, Jakarta: PustakaeAl-HusnaeBaru.

Tafsir, A. (1996). PendidikaneAgamaeDalameKeluarga, Bandung: RemajaeRosdakarya.

Yafi, A. (1988). Kitab Kuning, Produk Peradapan Islam, Pesantren VI (1).

Zuchdi, D. (2008). Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi, Jakarta: Bumi Aksara. e

Zuriah, N. (2008). PendidikaneMoral daneBudi Pekertiedalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual dan Futuristik, Jakarta: Bumi Aksara.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.