Peningkatan Profesionalisme Guru Raudhatul Athfal
PDF

How to Cite

Zahroh, L. (2014). Peningkatan Profesionalisme Guru Raudhatul Athfal. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 114-126. https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.1.114-126

Abstract

Raudhatul Athfal (RA), an Islamic kindergarten, is a kind of early education which aims at education children from newly born till the age of six years. The purpose of such kind of education is to provide stimulation and assist the development of children’s physical and spiritual aspect. RA teachers, therefore, must be professional and professionalism must be developed continuously. The biggest challenge of RA teacher professionalism is the advancement of science and technology.
https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.1.114-126
PDF

References

Arifin, M., Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Darmaningtyas, Pendidikan Rusak-Rusakan, Yogyakarta: LKis, 2008.

Fathurrohman, Muhammad, Sulistyorini, Meretas Pendidik yang Berkualitas dalam Pendidikan Islam: Menggagas Guru atau Pendidik yang Ideal dan Berkualitas dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2012.

Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.

Knowles, Malcolm, The Adult Learner A Neglected Species, London: Gulf Publishing Company Book Division, 3rd Edition, 1984.

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Muchtar, Heri Jauhari, Fikih Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Mulyasa, E., Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007..

Munardji, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Ilmu, 2004.

Namsa, M. Yunus, Kiprah Baru Profesi Guru Indonesia Wawasan Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Pustaka Mapan, 2006.

Nurdin, Syafrudin, Guru Profesional Dan Implementasi Kurikulum, Jakarta:Ciputat Pers, 2002.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) Bab VI tentang Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Sholeh, Asrorun Ni.am, Membangun Profesionalitas Guru, Jakarta: Elsas, 2006.

Soetjipto, Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004..

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Syamsuddin, Ach. Maimun, “Tantangan Profesionalisme Standar Kertas”, dalam Jurnal Pendidikandan Kebudayaan EDUKASI (Diknas Kabupaten Sumenep), Nomor 14 Tahun 2010.

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Tilaar, H.A.R., Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Tim Kajian Staf Ahli Mendiknas Bidang Mutu Pendidikan, “Kajian Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”, dalam http://yusufhadi.net/wp-content/uploads/2009/02/ sinopsis-kompetensi-guru.pdf, diakses 11 Pebruari 2014.

Usman, M. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

The author has full rights to the articles that has been sent to Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. The author is responsible for the originality of the articles and all the references used in the journal script.

Downloads

Download data is not yet available.