STRATEGI GURU PAI DALAM MENCEGAH NILAI-NILAI RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK
pdf

Keywords

Radikalisme
Strategi Guru
Pendidikan Agama Islam

How to Cite

Izzah, H., Fahmi, M., & Thobroni, A. (2022). STRATEGI GURU PAI DALAM MENCEGAH NILAI-NILAI RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 56-78. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.56-78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dan dampak dari penerapan strategi guru PAI dalam mencegah nilai-nilai radikalisme pada peserta didik di SMPN 1 Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui kondensasi, penyajian, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang kredibel peneliti membatasi penelitian pada kelas VII, sehingga informan dalam penelitian ini terdiri dari guru PAI kelas VII, ketua takmir masjid, dan tiga peserta didik kelas VII. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa strategi yang dilakukan guru PAI dalam mencegah nilai radikalisme dengan memberikan edukasi mengenai radikalisme, pembiasaan melalui kegiatan keagamaan, membiasakan berempati pada sesama, menanamkan cinta tanah air dan agama, serta memperkuat sikap tasamuh dan tarahum. Adapun dampak dari penerapan strategi tersebut yaitu wawasan peserta didik mengenai radikalisme menjadi bertambah, pendidikan karakter peserta didik menjadi lebih kuat, terbentuknya sikap empati, serta sikap tasamuh dan tarahum pada peserta didik menjadi bertambah.

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.56-78
pdf

References

Abror, Mufidul. Radikalisasi dan Deradikalisasi pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya, 2016.

Ahmadi, Rulam. PROFESI KEGURUAN Konsep & Strategi Mengembangkan Profesi Karier Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2006.

Baharuddin. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Damanik, Caroline. Kompas.com. 2015. Buku Pelajaran SMA Berisi Ajaran Garis Keras Ditarik. April 1, 2015. Buku Berisi Ajaran Garis Keras Masih Dipegang Para Siswa SMA (kompas.com).

Dasar, Direktorat Sekolah. Profil Pelajar Pancasila. Juni 15, 2022. Profil Pelajar Pancasila - Direktorat Sekolah Dasar (kemdikbud.go.id).

Faisal, Sanapiah. Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi. Malang: YA3, 1990.

Fatonah, Nur, interview by Himmatul Izzah. Wawancara Pribadi (April 11, 2022).

Hasyim, Umar. Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam sebagai Dasar Menuju Kerukunan Antar Umat Beragama. Surabaya: Bina Ilmu, 1980.

Institue, Wahid. Intoleransi-Radikalisme Cenderung Naik. https://mediaindonesia.com/politik-dan hukum/284269/survei-wahid-institute-intoleransi-radikalisme-cenderung-naik. (Diakses 18Januari, 2020).

Jakarta, PPIM UIN. Api dalam Sekam” Keberagamaan Muslim Gen-Z. https://ppim.uinjkt.ac.id/wp-content/uploads/2020/11/Survey-Nasional-Keberagamaan-GenZ.pdf. (Diakses 13 Januari, 2022).

Kartodirdjo, Sartono. Ratu Adil. Jakarta: Sinar Harapan, 2012.

Machrus, interview by Himmatul Izzah. Wawancara Pribadi (April 11, 2022).

Masduqi, Irwan. "Deradikalisasi Pendidikan Islam Berbasis Khazanah Pesantren." Jurnal Pendidikan Islam, 2012: 3.

Nasional, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Sofi, Yan Irma, interview by Himmatul Izzah. Wawancara Pribadi (April 11, 2022).

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Grafindo, 2007.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.