INTERNALISASI INTEGRASI ILMU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK
pdf

Keywords

Integrasi Ilmu, Karakter, Peserta Didik.

How to Cite

Ramadhani, H., Hanum, A., & Arsyad, J. (2023). INTERNALISASI INTEGRASI ILMU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 99-119. https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.99-119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk integrasi ilmu di Madrasah Aliyah Kota Binjai, menganalisis pelaksanaan internalisasi  integrasi ilmu dalam pembentukan karakter Islami peserta didik Madrasah Aliyah di Kota Binjai, dan menganalisis faktor pendukung penghambat integrasi ilmu dalam pembentukan karakter Islami peserta didik Madrasah Aliyah di Kota Binjai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi . Instrumen utama penelitian dibantu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk integrasi ilmu yang diterapkan adalah dengan perpaduan nilai-nilai illahiyah  (ketuhanan) dalam materi pelajaran melalui ayatisasi Al-Qur’an dan Hadis, menanamkan motivasi dan pandangan Al-Qur’an tentang sains. Penerapan itu menunjukkan hasil pada karakter peserta didik yakni, religius, disiplin, toleransi, peduli lingkungan dan mandiri. Terdapat beberapa hal yang menjadi faktor pendukung yakni, pendidik yang profesional, peserta didik yang aktif, sarana yang memadai, kurikulum yang mendukung. Adapun hambatannya antara lain: kurangnya kesadaran pendidik mengenai integrasi ilmu, peserta didik yang tidak berfikir kritis, bahan ajar yang tidak dilengkapi sebagai dasar acuan pembelajaran

https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.99-119
pdf

References

Abubakar, I., & Hemay, I. (2020). Pesantren Resilience: The Path to Prevent Radicalism and Violent Extremism. Studia Islamika, A27(2), 397–404.

Aly, A., & Thoyibi, M. (2020). Violence in online media and its implication to Islamic education of Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 10(1), 177–198. https://doi.org/10.18326/ijims.v10i1.177-198

Aminuddin, A., & Kamaliah, K. (2022). Perencanaan Pendidikan Agama Islam Kontemporer. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 56–64. https://doi.org/10.46963/AULIA.V8I1.540

Andinata Dalimunthe, M., Pallathadka, H., Muda, I., Devi Manoharmayum, D., Habib Shah, A., Alekseevna Prodanova, N., Elmirzayevich Mamarajabov, M., & Singer, N. (2023). Challenges of Islamic Education in The New Era of Information and Communication Technologies. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 79(1), 1–6. https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8608

Anwar, M. E. (2017). Menelusuri Kebijakan PendidikanIslam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(05). https://doi.org/10.30868/EI.V3I05.43

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik (13th ed.). Rineka Cipta.

Bahri, M. Z. (2014). Teaching religions in Indonesian Islamic higher education: From Comparative Religion to Religious Studies. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 4(2), 155–188. https://doi.org/10.18326/ijims.v4i2.155-188

Bakar, A. (2016). Sinergi Pesantren dan Perguruan Tinggi (Studi Pengembangan Kurikulum Ma’had Sunan Ampel Al-Ali Malang). MADRASAH: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 34. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3318

Binti Khalid, A. S., & Putri, I. D. (2020). Analisis Konsep Integrasi Ilmu Dalam Islam. Wardah, 21(1), 35–49. https://doi.org/10.19109/wardah.v21i1.5822

Desnelita, Y., Susanti, W., Rizal, F., & Ritonga, A. R. (2013). The Implementation of Collaborative Project Based Learning Model with Inquiry Process using E-Learning in Higher Education. Educational Administration Theory and Practice, 29(1), 90–101.

Duryat, M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. Alfabeta.

Fahrudin, A. (2020). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian: Kompetensi dan Strategi Jitu Riset Peneliti (1st ed.). UIN SATU PRESS.

Fauzi, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 53–64. https://doi.org/10.31538/NDH.V2I2.22

Ghulam, Z., & Farid, A. (2019). Ideologisasi Identitas Aswaja An-Nahdliyah di LP. Ma’arif NU Lumajang dalam Menangkal Gerakan Islam Transnasional. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 177–200. https://doi.org/10.36835/TARBIYATUNA.V12I2.401

Gusnanda, G., & Nuraini, N. (2020). Menimbang Urgensi Ukhuwah Wathaniyah dalam Kasus Intoleransi Beragama di Indonesia. Jurnal Fuaduna: Jurnal Kajian Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.30983/FUADUNA.V4I1.3237

Hamzah, A. (2020). Amir Hamzah, Metode Penelitian Studi Kasus Single Case, Instrumental Case, Multicase & Multisite. Literasi Nusantara.

Januarto, K. R., Hartono, M., & Rumini. (2020). Evaluation of Physical Education Program through Intracurricular, Co-curricular, Extracurricular Activities at Junior High Schools in Tuban District. Journal of Physical Education and Sports, 9(3), 298–305.

Khairul Rahmat, H., & Kurniadi, A. (2020). Integrasi dan Interkoneksi antara Pendidikan Kebencanaan dan Nilai-Nilai Qur’ani dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 455–461. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/440

Kusnandi, K. (2019). Mengartikulasikan Perencanaan Pendidikan di Era Digital. Jurnal Wahana Pendidikan, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.25157/WA.V6I1.2023

Magnis-Suseno, F. (1995). Filsafat sebagai ilmu kritis. Penerbit Kanisius.

Maryati, S. (2020). Inovasi Kurikulum berdasarkan Komponen Kurikulum Strategi dan Evaluasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 51–66.

Mustofa, A. (2018). Masa Keemasan Pendidikan Islam ( Studi Tentang Peran Khalifah Harun Al-Rasyid Dalam Pendidikan Islam ). Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 107–132.

Muzakki, H., Natsir, A., & Fahrudin, A. (2021). Transformasi Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam dengan Nilai Islam Indonesia (dari Pendekatan Monodisipliner menuju Pendekatan Interdisipliner). Journal of Islamic Education Research, 2(1), 27–44. https://doi.org/10.35719/JIER.V2I1.114

Nasir, M. R. (2005). Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Pustaka Pelajar.

Pransiska, T. (2018). Pendidikan Islam Transformatif Syeikh Nawawi Al-Bantani: Upaya Mewujudkan Generasi Religius-Saintifik. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA, 18(2), 172–188. https://doi.org/10.22373/JID.V18I2.3241

Salam, M. Y., & Suharmon. (2018). The Implementation of Ma’had al-Jami’h Curriculum in Improving the Ability of Arabic Language in UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Proceeding IAIN Batusangkar: 3rd International Conference on Education 2018 Teachers in the Digital Age, 3(1), 207–214.

Suyadi, & Widodo, H. (2019). Millennialization of islamic education based on neuroscience in the third generation university in yogyakarta Indonesia. Qudus International Journal of Islamic Studies, 7(1), 173–202. https://doi.org/10.21043/qijis.v7i1.4922

Tolchah, M. (2014). The political dimension of Indonesian Islamic education in the post-1998 reform period. Journal of Indonesian Islam, 8(2), 284–298. https://doi.org/10.15642/JIIS.2014.8.2.284-298

Umar, M. (2018). Pembinaan Kedamaian Hidup Beragama melalui Optimalisasi Pendidikan Agama. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1), 1–38. https://doi.org/10.30984/JII.V10I1.588

Widiyanto, J. (2018). Evaluasi Pembelajaran (Sesuai dengan Kurikulum 2013): Konsep Prinsip dan Prosedur. UNIPMA PRESS.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.