TOKOH AISYIYAH DI INDONESIA: KAJIAN ATAS ‎PEMIKIRAN DAN KONTRIBUSINYA PADA ‎PENDIDIKAN ISLAM DAN SOSIAL (TAHUN 1917 - 1960 M)‎
pdf

Keywords

Aisyiah, Muhammadiyah, Pendidikan Islam.‎

How to Cite

Dianthiny, S., Arsyad, J., & Sapri, S. (2023). TOKOH AISYIYAH DI INDONESIA: KAJIAN ATAS ‎PEMIKIRAN DAN KONTRIBUSINYA PADA ‎PENDIDIKAN ISLAM DAN SOSIAL (TAHUN 1917 - 1960 M)‎. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 120-141. https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.120-141

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tokoh intelektual Aisyiyah di Indonesia tahun 1917-1960 M, dan menganalisis kontribusi tokoh-tokoh intelektual Aisyiyah tersebut, serta pengaruh pemikirannya di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengutamakan studi kepustakaan terhadap sumber-sumber yang relevan, seperti karya-karya tulis mengenai jejak tokoh Aisyiyah di Indonesia dan kajian terhadap pemikirannya serta kontribusinya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi tokoh atau disebut juga studi biografi. Analisis data yang ada pada penelitian ini adalah teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam meningkatkan pendidikan kaum perempuan, khususnya warga Muhammadiyah amat kuat. Ada empat tokoh Aisyiyah di Indonesia yang mengiringi perkembangan pendidikan dan sekaligus sebagai tokoh emansipasi pendidikan perempuan. Keempat tokoh tersebut ialah; Siti Walidah, Siti Bariyah, Siti Munjiyah, dan Siti Aisyah Hilal. Keempat tokoh Aisyiyah tersebut memiliki cara dan model masing-masing dalam mendorong perkembangan pendidikan dan kesetaraan gender di Indonesia, seperti; Memperkenalkan pemikirannya bahwa perempuan mempunyai hak yang sama untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya dan peran Wanita dalam membentuk karakter sebuah bangsa.

https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.120-141
pdf

References

Alfaien, N. I., & Vashti, R. P. (2022). Kepemimpinan Siti Walidah dalam pendidikan. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 90–99. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i1.6933

Aly, H. N., Abdullah, S., Chamami, M. R., Fihris, Yahiji, K., Supiah, Damopolii, M., Ainiyah, N., & Ritonga, A. R. (2023). Reviewing the Colonial Period Islamic Education System in Indonesia: What is Still Relevant to Continue. Journal of Namibian Studies, 33, 671–687. https://doi.org/10.59670/jns.v33i.531

Andinata Dalimunthe, M., Pallathadka, H., Muda, I., Devi Manoharmayum, D., Habib Shah, A., Alekseevna Prodanova, N., Elmirzayevich Mamarajabov, M., & Singer, N. (2023). Challenges of Islamic Education in The New Era of Information and Communication Technologies. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 79(1), 1–6. https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8608

Ardiyani, D. (2017). Konsep Pendidikan Perempuan Siti Walidah. Tajdida: Jurnal Pemikiran Dan Gerakan Muhammadiyah, 15(1), 12–20.

Arlen, D. (Defti), Sinaga, R. M. (Risma), & Sudjarwo, S. (Sudjarwo). (2014). Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan dalam Bidang Sosial dan Pendidikan. Jurnal Studi Sosial, 2(4), 40959. https://www.neliti.com/publications/40959/

Desnelita, Y., Susanti, W., Rizal, F., & Ritonga, A. R. (2013). The Implementation of Collaborative Project Based Learning Model with Inquiry Process using E-Learning in Higher Education. Educational Administration Theory and Practice, 29(1), 90–101.

Fahrudin, A. (2020). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian: Kompetensi dan Strategi Jitu Riset Peneliti (1st ed.). UIN SATU PRESS.

Izati Mardiah, N., Luthfiyah, L., Ihlas, I., Sadat, A., Ramadhan, S., & Kusumawati, Y. (2022). ANALISIS PERGERAKAN PENDIDIKAN PEREMPUAN SERTA KIPRAH SITI WALIDAH DI AISYIYAH. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 60–75. https://doi.org/10.52266/TADJID.V6I1.779

Izati Mardiah, N., Sadat, A., Kusumawati, Y., & Ramadhan, S. (2022). Analisis Pergerakan Pendidikan Perempuan Serta Kiprah Siti Walidah di Aisyiyah. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 60–75. https://doi.org/10.52266/TADJID.V6I1.779

Kurnia, J. (2011). Peran Pimpinan Pusat Aisyiyah dalam Pemberdayaan Politik Perempuan [Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah, 2011]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24171

Mufid, F. (2016). RADIKALISME ISLAM DALAM PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI. ADDIN, 10(1), 61–82. https://doi.org/10.21043/addin.v10i1.1129

Mustaqim, A. (2014). Metode Penelitian Alquran dan Tafsir. Idea Press.

Nasution, H. (2019). Studi Analisis Kontribusi Pemikiran Siti Walidah (Nyai Ahmad Dahlan) Terhadap Pendidikan Perempuan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Nisa, A. (2019). Aktivitas-Aktivitas Siti Munjiyah dan Pemikirannya dalam Organisasi ‘Aisyiyah Tahun 1932-1955 M. Universitas ISlam Sunan Kalijaga Yogjakarta.

Pratiwi, A. (2018). Kiprah siti bariyah di ‘aisyiyah tahun 1917 -1929 M. In Skripsi. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Pratiwi, W., & Nurhakim, M. (2023). Prophetic Leadership: The Projection of Muhammadiyah’s Leaders. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 673–684. https://doi.org/10.51278/AJ.V5I2.743

Remiswal, A., Fajri, S., & Putri, R. (2021). Aisyiyah dan Peranannya dalam Meningkatkan Derajat Kaum Perempuan. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 4(1), 71–77. https://doi.org/10.31539/KAGANGA.V4I1.2341

Setianingsih, S., Subroto, W., & Mardiani, F. (2021). Aisyiyah: Peran dan Dinamikanya dalam Pengembangan Pendidikan Anak di Banjarmasin Hingga Tahun 2014. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 1(1), 10–20. https://doi.org/10.20527/pakis.v1i1.3188

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Tiya, W. S. H. (2021). Peran Siti Walidah (Nyai Ahmad Dahlan) dalam Meningkatkan Pendidikan Kaum Perempuan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Utami, D. A., & Afiyanto, H. (2022). Siti Walidah Dahlan Pelita Pemberdayaan Perempuan Yogyakarta 1917-1946. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 3(2), 240–260. https://doi.org/10.21154/ASANKA.V3I2.4763

Waldi, I. (2019). NILAI-NILAI PENDIDIKAN (analisis terhadap kitab washaya al-Aba’i li al-Abna’). Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 5(1), 95–110. https://doi.org/10.30821/IHYA.V5I1.5323

Zuliana, Z. (2019). Kontribusi Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumut Terhadap Lembaga Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Madrasah yang Berkarakter Peduli Lingkungan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.