Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tokoh intelektual Aisyiyah di Indonesia tahun 1917-1960 M, dan menganalisis kontribusi tokoh-tokoh intelektual Aisyiyah tersebut, serta pengaruh pemikirannya di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengutamakan studi kepustakaan terhadap sumber-sumber yang relevan, seperti karya-karya tulis mengenai jejak tokoh Aisyiyah di Indonesia dan kajian terhadap pemikirannya serta kontribusinya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi tokoh atau disebut juga studi biografi. Analisis data yang ada pada penelitian ini adalah teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam meningkatkan pendidikan kaum perempuan, khususnya warga Muhammadiyah amat kuat. Ada empat tokoh Aisyiyah di Indonesia yang mengiringi perkembangan pendidikan dan sekaligus sebagai tokoh emansipasi pendidikan perempuan. Keempat tokoh tersebut ialah; Siti Walidah, Siti Bariyah, Siti Munjiyah, dan Siti Aisyah Hilal. Keempat tokoh Aisyiyah tersebut memiliki cara dan model masing-masing dalam mendorong perkembangan pendidikan dan kesetaraan gender di Indonesia, seperti; Memperkenalkan pemikirannya bahwa perempuan mempunyai hak yang sama untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya dan peran Wanita dalam membentuk karakter sebuah bangsa.
References
Alfaien, N. I., & Vashti, R. P. (2022). Kepemimpinan Siti Walidah dalam pendidikan. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 90–99. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i1.6933
Aly, H. N., Abdullah, S., Chamami, M. R., Fihris, Yahiji, K., Supiah, Damopolii, M., Ainiyah, N., & Ritonga, A. R. (2023). Reviewing the Colonial Period Islamic Education System in Indonesia: What is Still Relevant to Continue. Journal of Namibian Studies, 33, 671–687. https://doi.org/10.59670/jns.v33i.531
Andinata Dalimunthe, M., Pallathadka, H., Muda, I., Devi Manoharmayum, D., Habib Shah, A., Alekseevna Prodanova, N., Elmirzayevich Mamarajabov, M., & Singer, N. (2023). Challenges of Islamic Education in The New Era of Information and Communication Technologies. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 79(1), 1–6. https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8608
Ardiyani, D. (2017). Konsep Pendidikan Perempuan Siti Walidah. Tajdida: Jurnal Pemikiran Dan Gerakan Muhammadiyah, 15(1), 12–20.
Arlen, D. (Defti), Sinaga, R. M. (Risma), & Sudjarwo, S. (Sudjarwo). (2014). Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan dalam Bidang Sosial dan Pendidikan. Jurnal Studi Sosial, 2(4), 40959. https://www.neliti.com/publications/40959/
Desnelita, Y., Susanti, W., Rizal, F., & Ritonga, A. R. (2013). The Implementation of Collaborative Project Based Learning Model with Inquiry Process using E-Learning in Higher Education. Educational Administration Theory and Practice, 29(1), 90–101.
Fahrudin, A. (2020). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian: Kompetensi dan Strategi Jitu Riset Peneliti (1st ed.). UIN SATU PRESS.
Izati Mardiah, N., Luthfiyah, L., Ihlas, I., Sadat, A., Ramadhan, S., & Kusumawati, Y. (2022). ANALISIS PERGERAKAN PENDIDIKAN PEREMPUAN SERTA KIPRAH SITI WALIDAH DI AISYIYAH. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 60–75. https://doi.org/10.52266/TADJID.V6I1.779
Izati Mardiah, N., Sadat, A., Kusumawati, Y., & Ramadhan, S. (2022). Analisis Pergerakan Pendidikan Perempuan Serta Kiprah Siti Walidah di Aisyiyah. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 60–75. https://doi.org/10.52266/TADJID.V6I1.779
Kurnia, J. (2011). Peran Pimpinan Pusat Aisyiyah dalam Pemberdayaan Politik Perempuan [Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah, 2011]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24171
Mufid, F. (2016). RADIKALISME ISLAM DALAM PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI. ADDIN, 10(1), 61–82. https://doi.org/10.21043/addin.v10i1.1129
Mustaqim, A. (2014). Metode Penelitian Alquran dan Tafsir. Idea Press.
Nasution, H. (2019). Studi Analisis Kontribusi Pemikiran Siti Walidah (Nyai Ahmad Dahlan) Terhadap Pendidikan Perempuan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Nisa, A. (2019). Aktivitas-Aktivitas Siti Munjiyah dan Pemikirannya dalam Organisasi ‘Aisyiyah Tahun 1932-1955 M. Universitas ISlam Sunan Kalijaga Yogjakarta.
Pratiwi, A. (2018). Kiprah siti bariyah di ‘aisyiyah tahun 1917 -1929 M. In Skripsi. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
Pratiwi, W., & Nurhakim, M. (2023). Prophetic Leadership: The Projection of Muhammadiyah’s Leaders. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 673–684. https://doi.org/10.51278/AJ.V5I2.743
Remiswal, A., Fajri, S., & Putri, R. (2021). Aisyiyah dan Peranannya dalam Meningkatkan Derajat Kaum Perempuan. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 4(1), 71–77. https://doi.org/10.31539/KAGANGA.V4I1.2341
Setianingsih, S., Subroto, W., & Mardiani, F. (2021). Aisyiyah: Peran dan Dinamikanya dalam Pengembangan Pendidikan Anak di Banjarmasin Hingga Tahun 2014. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 1(1), 10–20. https://doi.org/10.20527/pakis.v1i1.3188
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Tiya, W. S. H. (2021). Peran Siti Walidah (Nyai Ahmad Dahlan) dalam Meningkatkan Pendidikan Kaum Perempuan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Utami, D. A., & Afiyanto, H. (2022). Siti Walidah Dahlan Pelita Pemberdayaan Perempuan Yogyakarta 1917-1946. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 3(2), 240–260. https://doi.org/10.21154/ASANKA.V3I2.4763
Waldi, I. (2019). NILAI-NILAI PENDIDIKAN (analisis terhadap kitab washaya al-Aba’i li al-Abna’). Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 5(1), 95–110. https://doi.org/10.30821/IHYA.V5I1.5323
Zuliana, Z. (2019). Kontribusi Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumut Terhadap Lembaga Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Madrasah yang Berkarakter Peduli Lingkungan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.