Dampak Penggunaan Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
PDF

Keywords

fintech
Perilaku Konsumsi
Shopee PayLater

How to Cite

Lutfiaazahra, A. (2025). Dampak Penggunaan Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 25(1), 1-12. https://doi.org/10.21274/dinamika.2025.25.1.1-12

Abstract

Adanya kemajuan teknologi dalam hal finansial (financial technology), salah satunya adalah perkembangan sistem PayLater (sistem bayar nanti) pada Shopee, yaitu Shopee PayLater membawa dampak yang signifikan terhadap mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan desain deskriptif eksploratif. Informan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Angkatan 2022/2023, sebanyak 12 orang. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar dari informan yaitu sebanyak 33 persen, menggunakan Shopee PayLater karena daya tarik promosi atau diskon yang diberikan, sebanyak 29 persen dari total informan karena alasan kemudahan proses pembayaran, 21 persen karena kebutuhan mendesak, 13 persen karena gaya hidup instan, dan sebanyak 4 persen karena kepuasan berbelanja. Penggunaan Shopee PayLater dapat membuat mahasiswa menjadi impulsive atau berbelanja tanpa rencana sebelumnya, tetapi hal tersebut hanya berlaku untuk sebagian kecil mahasiswa. Terdapat dampak positif dan negatif penggunaan Shopee PayLater, dan hal tersebut tergantung dari kebijaksanaan dalam penggunaan Shopee PayLater.

https://doi.org/10.21274/dinamika.2025.25.1.1-12
PDF

References

Dewi, L. G.K. (2021). Penggunaan E-Money terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa yang Dimediasi Kontrol Diri. Ekuitas: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 5(32), 1-19.

Fadila, Annisa. (2020). Pengguna PayLater Naik 14 Kali Lipat. Jakarta: Kontan. https://keuangan.kontan.co.id/news/punya-fitur-paylater-pengguna-gopay-naik-14-kali-lipat

Fahlefi, Rizal. (2018). Inklusi Keuangan Syariah Melalui Inovasi Fintech di Sektor Filantropi. Batusangkar International Conference III, 15-16 Oktober.

Fajrussalam, H & Devi H, et al. (2022). Analisis Pembayaran PayLater dalam Aplikasi Shopee Menurut Perspektif Islam. Attadib: Journal of Elementary Education, Vol. 6, No. 2, 265-290.

Felix, A & Vindis, et.al. (2024). Pengaruh Shopee PayLater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa: Antara Kemudahan dan Perangkap. Jurnal Digismantech, Vo. 4, No. 2: 33-43.

Feriyanto, O & Zulfa Qur’anisa, et al. (2024). Peran Fintech dalam Meningkatlan Akses Keuangan di Era Digital. GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol. 4, No.3: 99-114.

Fitriyah, DN & Pohan, HT. (2023). Pengaruh Penggunaan GopayLater terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Jakarta. Jurnal Ekonomi Trisakti Vol. 3, No. 1.

Hadijah, S. (2019, Oktober). Aplikasi Layanan PayLater Makin Diminati, Yuk Cek Keuntungan dan Kerugiannya. Cermati.com. https://www.cermati.com/artikel/aplikasi-layanan-pay-later-makin-diminati-yuk-cek-keuntungan-dan-kerugiannya

Kotler, P. & Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lestari, Made Ayu G, & Rudy, Dewa G. (2022). Keabsahan Shopee PayLater sebagai Financial Technology dalam Hukum Positif Indonesia. Jurnal Kertha Semaya, Vol. 10, N0. 4. Hlm. 772-781.

Melinda, et. al. (2022). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja di Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal Ilmiah Society, Vol. 2, No. 1.

Mowen, J.C., & Minor, M. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Peter, J Paul dan Jerry C. Olson. (2013). Perilaku Konseumen dan Strategi Pemasaran. Erlangga: Jakarta.

Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan PayLater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset dan Investasi, 7(1), 44-57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058

Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syafril. (2020). Bank dan Lembaga Keuangan Modern Lainnya. Kencana.

Tambunan, R. (2001). Remaja dan Pola Hidup Konsumtif. Jurnal Psikologi (online). www.e-psikologi.com

Verkuyten, M. (2003). Positive and Negative Self-Esteem Among Ethnic Minority Early Adolescents: Social and Cultural Sources and Threats. Youth and Adolescense. XXXXII (4), 267-277.

Walfajri, Maizal. (2019). Jumlah Pengguna Naik 10 Kali Lipat, Traveloka PayLater Tingkatkan Keamanan Pengguna. Jakarta: Kontan. https://industri.kontan.co.id/news/jumlah-pengguna-naik-10-kali-lipat-traveloka-paylater-tingkatkan-keamanan-pengguna

Yahmini, E. (2020). Kecenderungan Impulse Buying pada Mahasiswa Ditinjau dari Latar Belakang Keluarga. Exero: Journal of Research ini Business and Economics, 2(1), 41-56.

Downloads

Download data is not yet available.