Abstract
The successful education depends heavily on the hand of educators. The best teachers would surely deliver educated persons. Contemporarily, teachers have to face complicated challenges that put them into difficult situation. On the one hand, teachers must comprehend all the subjects of study and at the same time, they are demanded to be creative and innovative. These two are essential in learning process. Nevertheless, amid the increase number of teachers, there has been deserted number of creative and innovative teachers. The so-called Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) program is essential in this regards; to train teachers to be innovative and crative. This article deals with the PPL performed by students of the State Institute for Islamic Studies who participated the program.
Keyword: Creativity, Lesson Study, Students.
Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah faktor pendidik. Pendidik yang hebat akan melahirkan siswa yang hebat pula. Dewasa ini tugas pendidik semakin berat, karena selain dituntut menguasai setiap materi, pendidik juga dituntut untuk kreatif dan inovatif. Kedua hal ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Setiap tahun jumlah guru terus bertambah, tapi sayangnya jumlah guru yang dianggap kreatif dan inovatif tidaklah banyak, mereka masih terjebak dalam sistem klasik dengan cara mengajar yang kurang menarik dan cenderung membosankan. Oleh karena itu setiap calon guru harus dilatih sejak awal agar mereka menjadi guru-guru yang kreatif. Salah satu caranya adalah melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tulisan ini berisikan penelitian yang dilakukan terhadap mahasiswa PPL IAIN Tulungagung Fakultas Tarbiyah. Untuk melihat sejauh mana kreativitas mereka dalam mengajar dan bagaimana pengaruhnya dalam meningkatkan pembelajaran.
Kata Kunci: Kreativitas, Lesson Study, Mahasiswa.
References
Ali, Muhammad dan Asrori, Muhammad. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006
Chandra, Julius. Kreatifitas, Yogyakarta: Kanisius, 1994.
Catherine C. Lewis, Lesson study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc., 2002).
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indoneia Jakarta: Balai Putaka, 1989
Dewanto, Satriyo Agung Slamet, Bekti Wulandari, dan Ponco Wali Pranoto. “Implemantasi Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Perkuliahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja melalui Pendekatan Cooperative Learning.” Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Ekayanti, Ni Wayan. “Penerapan PBL berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Histologi Mahasiswa Pendidikan Biologi.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES). Vol. 1, No. 1, September 2018
Firdaus, Ahmad Qolfathiriyus dan Beni Asyhar, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Borland C++ untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Matriks di SMK Sore Tulungagung Kelas XII.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SEMNASDIKTA II) pada 15 Oktober 2016, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung
Hasan Langgulung, Kreatifitas dan Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1991.
Joyce Wycooff, Menjadi Super Kreatif, Bandung: Kaifa, 2003
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996
M. User Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1999
Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011
Nazir, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988
Rosidah, Ani. “Penerapan Media Pembelajaran Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran IPS.” Vol. 2, No. 2, 2016.
Rahmawati, Tutut. “Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPA.” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 1, April 2018.
Sudarsono, Beberapa Pendekatan dalam Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1992
Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005
Sutadipura, Balnadi. Aneka Problem Keguruan, Bandung: Angkasa, 1985
Tim Penyusun, Buku Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2017/2018, Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, 2017