KREATIVITAS MAHASISWA PPL FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN TULUNGAGUNG DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH
PDF

How to Cite

Aziz, A. (2019). KREATIVITAS MAHASISWA PPL FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN TULUNGAGUNG DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), 47-68. https://doi.org/10.21274/dinamika.2019.19.1.47-68

Abstract

The successful education depends heavily on the hand of educators. The best teachers would surely deliver educated persons. Contemporarily, teachers have to face complicated challenges that put them into difficult situation. On the one hand, teachers must comprehend all the subjects of study and at the same time, they are demanded to be creative and innovative. These two are essential in learning process. Nevertheless, amid the increase number of teachers, there has been deserted number of creative and innovative teachers. The so-called Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) program is essential in this regards; to train teachers to be innovative and crative. This article deals with the PPL performed by students of the State Institute for Islamic Studies who participated the program.

Keyword: Creativity, Lesson Study, Students.

 

Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah faktor pendidik. Pendidik yang hebat akan melahirkan siswa yang hebat pula. Dewasa ini tugas pendidik semakin berat, karena selain dituntut menguasai setiap materi, pendidik juga dituntut untuk kreatif dan inovatif. Kedua hal ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Setiap tahun jumlah guru terus bertambah, tapi sayangnya jumlah guru yang dianggap kreatif dan inovatif tidaklah banyak, mereka masih terjebak dalam sistem klasik dengan cara mengajar yang kurang menarik dan cenderung membosankan. Oleh karena itu setiap calon guru harus dilatih sejak awal agar mereka menjadi guru-guru yang kreatif. Salah satu caranya adalah melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tulisan ini berisikan penelitian yang dilakukan terhadap mahasiswa PPL IAIN Tulungagung Fakultas Tarbiyah. Untuk melihat sejauh mana kreativitas mereka dalam mengajar dan bagaimana pengaruhnya dalam meningkatkan pembelajaran.

Kata Kunci: Kreativitas, Lesson Study, Mahasiswa.
https://doi.org/10.21274/dinamika.2019.19.1.47-68
PDF

References

Ali, Muhammad dan Asrori, Muhammad. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006

Chandra, Julius. Kreatifitas, Yogyakarta: Kanisius, 1994.

Catherine C. Lewis, Lesson study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc., 2002).

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indoneia Jakarta: Balai Putaka, 1989

Dewanto, Satriyo Agung Slamet, Bekti Wulandari, dan Ponco Wali Pranoto. “Implemantasi Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Perkuliahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja melalui Pendekatan Cooperative Learning.” Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Ekayanti, Ni Wayan. “Penerapan PBL berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Histologi Mahasiswa Pendidikan Biologi.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES). Vol. 1, No. 1, September 2018

Firdaus, Ahmad Qolfathiriyus dan Beni Asyhar, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Borland C++ untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Matriks di SMK Sore Tulungagung Kelas XII.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SEMNASDIKTA II) pada 15 Oktober 2016, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung

Hasan Langgulung, Kreatifitas dan Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1991.

Joyce Wycooff, Menjadi Super Kreatif, Bandung: Kaifa, 2003

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996

M. User Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1999

Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

Nazir, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988

Rosidah, Ani. “Penerapan Media Pembelajaran Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran IPS.” Vol. 2, No. 2, 2016.

Rahmawati, Tutut. “Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPA.” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 1, April 2018.

Sudarsono, Beberapa Pendekatan dalam Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1992

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005

Sutadipura, Balnadi. Aneka Problem Keguruan, Bandung: Angkasa, 1985

Tim Penyusun, Buku Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2017/2018, Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, 2017

Downloads

Download data is not yet available.