PERENCANAAN MUTU SEKOLAH SEBAGAI DASAR MANAJEMEN STRATEGIK DALAM BIDANG PENDIDIKAN
PDF

How to Cite

Tanzeh, A. (2018). PERENCANAAN MUTU SEKOLAH SEBAGAI DASAR MANAJEMEN STRATEGIK DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 18(1), 89-104. https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.1.89-104

Abstract

Pendidikan memiliki tujuan, salah satunya untuk membentuk potensi-potensi manusia secara berimbang, optimal, dan terintegrasi. maka pendidikan harus mengutamakan nilai-nilai manusiawi, membangun manusia yang mampu membangun dirinya dan masyarakatnya. Untuk mencapai hal tersebut, Melaui perencanaan pendidikan diharapkan pendidikan mampu memberikan kesempatan untuk mengembangkan segala potensi peserta didik seoptimal mungkin. Perencanaan pendidikan menempati posisi strategis dalam keseluruhan perkembangan pendidikan. Perencanaan pendidikan memberikan kejelasan arah dalam usaha proses penyelenggaraan pendidikan. Dengan kejelasan arah ini manajemen usaha pendidikan akan dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien. Dalam rangka peningkatan mutu sekolah berorientasi kepada kebutuhan/harapan pelanggan, maka layanan pendidikan suatu lembaga haruslah memperhatikan kebutuhan dan harapan pelanggan. Kepuasan dan kebanggaan dari pelanggan sebagai penerima manfaat layanan pendidikan harus menjadi acuan bagi program peningkatan mutu layanan pendidikan.

Kata Kunci: Mutu sekolah, manajemen strategik, perencanaan.

https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.1.89-104
PDF

References

Baldridge, J.V. Curtis, D.V. Ecker, G.P., and Riley, 1977. G.L. Diversity in Higher Education: Professional Authonomy, dalam Riley, G.L dan Baldrige, J.V. (ed) Governing Academic Organizations : New Problem New Perspectives, Berkeley: McCutchan Publishing Co.

Murgatroyd, S., dan Morgan, C., 1994. Total Quality Management and the School. Buckinghm: Open University Press.

Nurochim, Peningkatan Mutu Sekolah (Online), 2007. http;// www. for everyone. go. id, diakses 10 September 2007.

Sa’ud, U.S. dan Makmun A.S., 2006. Perencanaan Pendidikan: Suatu

Pendekatan Komprehenshif, Bandung: Rosda Karya.

Schereens, J., 1992. Effective Schooling. Research, Theory and Practice.

New York: Cassell.

Scheerens, J. 2003. Peningkatan Mutu Sekolah, Jakarta: Penerbit Logos.

Sergiovanni, T.J. 1987. The Principleship: A Reflective Practice Perpective.

Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Sergiovanni, T.J. 1983. & Carver, F.F. The New School Executive: A Theory of Administration. New York: Dodd, Mead & Company.

Steers. R.M., 1985. Efektifitas Organisasi. terjemahan Magdalena jamin. Jakarta: Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen, Erlangga.

Strauss, G. and Sayles, L, 1991. Manajemen Personalia Segi Manusia dalam Organsiasi, Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Downloads

Download data is not yet available.