PERBANDINGAN PENGARUH PENERAPAN METODE SQ3R DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
PDF

How to Cite

Maftucha, M. (2018). PERBANDINGAN PENGARUH PENERAPAN METODE SQ3R DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 18(1), 123-146. https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.1.123-146

Abstract

Pada dasarnya kegiatan membaca dilakukan agar tercipta suatu pemahaman terhadap isi yang terkandung dalam bacaan. Namun pada kenyataannya, tidak semua pembaca mampu memahamai apa yang sedang dan telah dibacanya. Hal demikian banyak terjadi, terutama pada para siswa sekolah dasar yang umumnya belum memiliki pemahaman yang kuat terhadap apa yang dibacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh metode SQ3R dan metode konvensional terhadap proses pembelajaran dan kemampuan memahami bacaan pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar SDIT Al-Rahbini Gondanglegi, Magelang. Peneitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimental dan desain penelitian eksperimen ini menggunakan yaitu prestest–postest control group design, yakni eksperimen yang dilakukan dalam satu kelas untuk mengukur peningkatan setelah menggunakan metode SQ3R.

Kata Kunci: Metode SQ3R, Proses Pembelajaran, Kemampuan Memahami Bacaan.

https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.1.123-146
PDF

References

Nurgiantoro, Burhan., 2007. Teori Pengkajian Fiksi, Yogyakarta:

Gadjahmada University Press, Cet. VI.

Ernawati Nasir, 2010. Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas V SDN sabelak kecamatan bulangi selatan. Jurnal Kreatif Tadulako

Online. Vol. 5 No 9. ISSN 2354 – 614X.

E. Mulyasa, 2012. Manajemen PAUD, Bandung: Rosdakarya Darmiyati, Zuchdi., 2007. Strategi meningkatkan kemampuan membaca

peningkatan komprehensi. Yogyakarta: UNY Press

Fakih Samlawi dan Bunyamin Maftuh, 1998. Konsep Dasar IPS.

Bandung: Depdikbud.

Haryono, 2008. Bahasa Indonesia SMP Kelas IX. Bogor: BP.

Henry Guntur Tarigan, 1994. Membaca sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa

...................., 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa, (Bandung:

Angkasa, cet. II.

......................., 2008. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra, (Bandung: Angkasa.

Cet, I.

Ichas Hamid A. danTuti Isnanti I, 2006. Pengambangan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Pengatahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jakarta:

Depdiknas, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Empat, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Maryati dan Sutopo, 2009. Bahasa dan Sastra Indonesia 3 Untuk SMP/MTS Kelas 1X. (Bandung: Pusat Perbukuan Depdiknas

Nurhadi, 1989. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca.

Bandung: Sinar Baru.

Rustaman, N, Rochintaniawati, D. Nurjihani, M. K. Subekti. R.

Redjeki dkk. Strategi Belajar Mengajar. JICA IMSTEP:

Sugiyono, 2001. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Download data is not yet available.