UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Multi Kasus di MAN 3 Kediri dan SMAN 6 Kediri)
PDF

How to Cite

Hadi, Y. (2015). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Multi Kasus di MAN 3 Kediri dan SMAN 6 Kediri). Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 18(1), 45-66. https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.1.45-66

Abstract

Selama ini dunia pendidikan lebih menitikberatkan pada pengembangan kecerdasan intelektual semata. Dengan anggapan bahwa, kecerdasan intelektual seseorang menjadi kunci sukses di masa yang akan datang. Kecenderungan yang demikian sudah mulai berubah, para pendidik kini semakin sadar bahwa di samping kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan spiritual pun perlu ditanamkan pada para peserta didik. Hal ini sebagaimana amanah undang-undang yang mengatakan bahwa pendidikan bukan hanya menjadikan manusia cerdas intelektual, melainkan juga bertujuan untuk untuk menjadikan peserta didik memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian dan akhlak mulia. Tulisan ini menunjukan signifikansi peran dan upaya para guru dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual peserta didik di MAN 3 Kediri dan SMA 6 Kediri.

Kata Kunci: Guru PAI, Kecerdasan Sipritual, Peserta Didik

https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.1.45-66
PDF

References

Abdullah, Udik, 2005.Meledakkan IESQ dengan Langkah Taqwa dan Tawakal, Jakarta: Zikrul Hakim

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,

Jakarta: Rineka Cipta.

AR, Zahruddin Hasanuddin Sinaga, 2004. Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Akhyak, 2005. Profil Pendidikan Sukses, Surabaya: Elkaf.

Ali, Zainudin, 2008. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Al-Buny, Djamaluddin Ahmad, 2001. Menatap Akhlaqus Sufiyah, Surabaya: Pustaka hikmah Perdana.

Al-Qarashi, Baqir Sharif, “The Educational System in Islam”, terj. Mustofa

Budi Santoso, 2003. Seni Mendidik Islami Kiat-Kiat Menciptakan Generasi Unggul, Jakarta: Pustaka Zahra

An-Nahlawai, Abdurrahman, 1995. Pendidikan Islam Di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Prees

Bagoes, Mantra Ida, 2004. Filsafat Pendidikan dan Metode Penelitian Sosial,

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin, JP, 1999. Dictionary of Psychology, terj. Kartini Kartono, Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta: Rajawali Pers.

Departemen Agama, 2005. Panduan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam, Jakarta: direktorat Jendral kelembagaan Agama Islam,

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya, Jakarta: Dipdiknas.

Faisal, Sanapiah, 1990. Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar dan aplikasi,

Malang: Yogyakarta Asah, Asih, Asuh.

Muhaimin, 2004 Paradigma PAI Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

__________,2012 Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan

Islam, (Jakarta: Rajawali Press.

__________, kawasan dan Wawasan Studi Islam, Jakarta: Prenada

Media, 2005.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, 2005. Pendidikan Agama Berbasis Kompetensi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mantja, William, 2003. Etnografi Desain Penelitian Kualitatif dan Manajemen Pendidikan, Malang: Winaka Media

Mansur, 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Moh, Roqib, 2011. Prophetic Education, Purwokerto: STAIN Press

Munardji, 2004. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bina Ilmu

Muhajir, Noeng, 2007. Metodologi Keilmuan: Paradigma Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Yogyakarta; Rake Sarasin.

Lexy J. Moleong, 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari, 1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, Jakarta:

Masagung.

Nawawi, Hadari Pendidikan dalam Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 1993.

Najati, Utsman, 2003. Belajar EQ dan SQ Dari Sunnah Nabi, Jakarta:

Hikmah.

Nurhadi, dkk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK, Malang: UNM Press.

Nizar, Samsul, 2002. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat Pers.

Nggermanto, Agus, 2002. Quantum Quotient: Kecerdasan Quantum Cara Praktis Melejitkan IQ, EQ, Dan SQ Yang harmonis, Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia

Purwanto, M. Ngalim, 2011. Ilmu Pendidikan: Teoritis dan Praktis,

Bandung: Remaja Rosdakarya

Prawiradilaga, 2004. Dewi Salma Eveline Siregar, Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta: Prenada Media.

Ronnie, Donnie., 2003. Seni Mengajar dengan Hati, Jakarta: PT. Elex Media.

Roqib, Moh, 2009. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Lkis

Tafsir, Ahmad, 1991. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung:

PT Remaja Rosda Karya

Tasmara Toto, 2001. Kecerdasan Ruhaniah (Transcendental Intelligence) Membentuk Kepribadian Yang Bertanggung Jawab Profesional dan Berakhlak. Jakarta: Gema Insani Press

Tobroni, 2005. The Spiritual Leadership: Pengefektifan Organisasi Noble

Industry Melalui Prinsip-prinsip Spiritual Etis, Malang: UMM Press

Downloads

Download data is not yet available.