PERAN PENDIDIK DALAM MEMBANGUN PERADABAN BANGSA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER
PDF

How to Cite

Chotimah, C. (2016). PERAN PENDIDIK DALAM MEMBANGUN PERADABAN BANGSA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(1), 1-26. https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.1.1-26

Abstract

Abstract: (The development of civilization depends on the potential of human resources is managing. Human resource potential will be maximized when supported by advanced education. In other say, between education and civilization are the two things are directly proportional. Therefore, civilized nations provide dedicated space for education. The more space for the higher education of civilization that will be engraved. Opposite, a civilization that is weak because education does not have adequate space. The essential values that includes the eighteen character value that discourse is not just a slogan but also requires real implementation and embedded in the character of students, which it could only be integrated through a learning process, a role model and habitus in education through the role of teacher. In genealogy, this article will examine the role of teacher in instilling the value of the character as the support base of civilization, carried out through three major roles namely: modeling, inspiring, and educating. In the process of education, the role thirth is integrative-mutually inclusive.)

Keywords: Role of Educators, Nation's Civilization, Character Education.

 

Abstrak: Maju mundurnya peradaban suatu bangsa tergantung pada potensi sumber daya manusia (SDM) yang mengelolanya. Potensi SDM akan maksimal manakala ditopang oleh pendidikan yang maju. Tak salah jika kekuatan pendidikan merupakan penopang peradaban bangsa yang utama. Antara pendidikan dan peradaban merupakan dua hal yang berbanding lurus. Oleh karena itu bangsa yang beradab memberikan ruang khusus untuk pendidikan. Semakin banyak ruang untuk pendidikan maka semakin tinggi peradaban yang akan diukir. Sebaliknya, peradaban yang lemah dikarenakan pendidikan tidak mempunyai ruang yang memadai. Nilai-nilai esensial yang meliputi delapan belas nilai karakter bukan sekadar slogan yang diwacanakan melainkan membutuhkan implementasi nyata dan tertanam dalam karakter peserta didik, yang mana hal tersebut hanya bisa diintegrasikan melalui proses pembelajaran, suri tauladan dan habitus dalam dunia pendidikan melalui peran pendidik. Secara genealogi, artikel ini akan mengkaji peran pendidik dalam menanamkan nilai karakter sebagai penopang dasar peradaban bangsa, dilakukan melalui lima peran utama yakni: transferring, transforming, modelling, transcending, dan inspiring. Dalam proses pendidikan, kelima peran tersebut bersifat integrative-mutually inclusive.

Kata kunci: Peran Pendidik, Peradaban Bangsa, Pendidikan Karakter.

https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.1.1-26
PDF

References

A. Nasir, Sahilun. Tinjauan Akhlak, Surabaya: Al Akhlas, t.t.

Armai, Arief. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Jakarta Pers, 2002.

Badudu, J.S., dan Sutan Mohammad, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.

Ekosusilo, Madyo, Hasil Penelitian Kualitatif Sekolah Unggul Berbasis Nilai: Studi Multi Kasus di SMAN 1, SMA Regina Pacis, dan SMA al-Islam 01 Surakarta, Sukoharjo: UNIVET Bantara Press, 2003.

Goverment Public Relations, Revolusi Mental Indonesia Baik, diakses dari http://kemdikbud.go.id/, tanggal 8 April 2016.

Hujair AH. Sanaky, Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Safiria Insania Pres, 2003. Indriyanto, Bambang., Mengkaji Revolusi Mental dalam Konteks Pendidikan, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 20 Nomor 4, Desember 2014.

Isngadi, Islamologi Populer, Surabaya: PT Bina Ilmu, 1984.

Jalal, Dino Patti, Harus Bisa! Seni Kepemimpinan ala SBY, Jakarta: Red and White Publishing, 2008.

Kadarusmadi, “Upaya Orang Tua dalam Menata Situasi Pendidikan dalam Keluarga”, disertasi tidak dipublikasikan, Bandung: PPs IKIP Bandung, 1996.

Kasali, Renald, “Guru Kurikulum dan Guru Inspiratif” dalam Kompas, edisi 29 Agustus 2007. Katsoff, Louis O., Elements of Philosophy, terj. Soejono Soemargono, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1989.

Khan, Yahya, Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan, Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010.

Kumar, M., “Constructivist Epistemology in Action”, dalam The Journal of Educational Thought, 40 (3) 2006.

Kusoema, Doni, Pendidikan KarakterUtuh dan Menyeluruh, Yogyakarta: Kanisius, 2012. Latif, Abdul, Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan, Bandung: Refika Aditama, 2006 Lickona, Thomas ¸ Mendidik untuk Membentuk Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2012. Mulyana, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Yogyakarta: Alfabeta, 2012.

Munir, Abdullah, Pendidikan Karakter: Membangun Karakter dari Rumah, Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Naim, Ngainun, Menjadi Guru Inspiratif, (Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2010

Nana, Sudjana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2000. Nasution, S., Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Nata, Abudin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997 Ndraha, Talizhidu, Budaya Organisasi, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Pambudi, Dholina Inang, Guru Inspiratif Ujung Tombak Keberhasilan Pendidikan, diakses melalui http://uad.ac.id/, diakses tanggal 20 Mei 2016.

Rosyadi, Khoiron, Pendidikan Profetik, Cet.1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Santoso, Teguh, “Kembangkan Kepribadian Siswa Unggul melalui Bina Karakter Guru”, dalam Tabloid Penabur Jakarta, No, 23, Edisi November-Desember 2008.

Shihab, Quraish, Wawasan Al Qur'an: Tafsir Maudhu'I atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2003.

Suseno, Feans Magnis., Menalar Tuhan, Yogyakarta: Kanisius, 2006

Rusn, Abidin Ibnu, Pemikiran Al Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Tilaar, H.A.R., Membenahi Pendidikan Nasional, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002

Tim Pengembang Pendidikan Karakter, Bahan Ajar Pendidikan Karakter, Jakarta: Kemendikbud, 2011.

Tukiyo, Sistem Pendidikan dan Pendidikan Karakter di Jepang serta Perbandingannya dengan di Indonesia, Proceeding, 2012

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008, Tentang Guru dan Dosen, Bandung: Citra Umbara, 2009.

Zahruddin, AR dan Sinaga, Hasanuddin, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.

Downloads

Download data is not yet available.