FILSAFAT PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI UPAYA MENCEGAH RADIKALISME
PDF

How to Cite

Fauziah, K. (2020). FILSAFAT PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI UPAYA MENCEGAH RADIKALISME. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 208-223. https://doi.org/10.21274/dinamika.2019.19.2.208-223

Abstract

Abstrak

Pendidikan multikultural menjadi sarana pengembangan potensi manusia yang mampu menghargai perbedaan baik dari segi suku, ras, etnis, agama, dan lain sebagainya. Keragaman ini sering memunculkan berbagai konflik. Maka, pendidikan menjadi kunci utama dalam transfer of knowladge, transfer of value, transfer of culture, transfer of methodology. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peran pendidikan multikulturalisme dalam mencegah radikalisme. Jenis penelitian kepustakaan (library research), sumber data yang diambil buku-buku, jurnal, ayat al-Quran yang relevan, pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan metode analisis data deskriptif analitik. Hasil dari penelitian ini yakni: (1) hakikat pendidikan multikultural merupakan sebuah proses pengembangan dan pembelajaran diri terhadap sebuah sikap yang menghargai adanya ragam budaya atau tradisi. (2) karakteristik pendidikan multikulturalisme secara global yakni memiliki prinsip demokrasi, menghargai, kesetaraan, keadilan, sikap perdamaian. (3) peran pendidikan multikulturalisme dalam mencegah radikalisme dengan menumbuhkan sikap toleransi antar sesama dengan berbagai perbedaan.

Kata kunci: Filsafat, Pendidikan Multikultural, Radikalisme

https://doi.org/10.21274/dinamika.2019.19.2.208-223
PDF

References

DAFTAR RUJUKAN

Anshori, Ahmad Afnan dan Inayatul Ulya, “Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Resolusi Konflik Agama di Indonesia”, dalam jurnal, Vol. 4, No. 1, 2016.

Baidhawy, Zakiyuddin, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Erlangga, 2005.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya Special for Women, Bandung: Syaamil Al-Qur’an, 2007.

Ibrahim, Rustam, “Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam”, dalam Jurnal ADDIN: Jurnal Pendidikan Islam, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta, 2013.

Julaiha, Siti, “Internalisasi Multikulturalisme Dalam Pendidikan Islam”, dalam Jurnal Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan Islam, STAIN Samarinda, 2014.

Lasijan, “Multikulturalisme Dalam Pendidikan Islam”, dalam jurnal TAPIs, Vol. 10, No. 2, (Juli-Desember 2014).

Mahfud, Choirul, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Maksum, Ali, Pluralisme Dan Multikulturalisme Paradigma Baru Pendidikan Islam di Indonesiai, Yogyakarta: Aditya Media Publishing, 2011.

Maragustam, Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter, Yogyakarta: Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga, 2018.

Maslikhah, Quo Vadis Pendidikan Multikultur Rekonstruksi Sistem Pendidikan Berbasis Kebangsaan, Surabaya: JP Books, 2007.

Muzadi, Hasyim, Radikalisme Hancurkan Islam, Jakarta: Center for Moderate Muslim (CMM), 2005.

Naim, Ngainun & Achmad Sauqi, Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Rois, Achmad, “Pendidikan Islam Multikultural Telaah Pemikiran Muhammad Amin Abdullah”, dalam Jurnal Episteme: Jurnal Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Kerinci Indrapura, 2013.

Suryana, Yaya & H.A. Rusdiana, Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa Konsep-Prinsip-Implementasi, Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Tilaar, H.A.R, Manifesto Pendidikan Nasional Tinjauan Dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural, Jakarta: Kompas, 2005.

Wekke, Ismail Suardi dan Payiz Zawahir Muntaha, “Paradigma Pendidikan Islam Multikutural: Keberagamaan Indonesia dalam Keberagaman”, dalam jurnal Intizar, Vol. 23, No. 1, 2017.

Nur Salim, Suryanto, “Pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme Melalui Pendidikan Multikulturalisme pada Siswa MAN Kediri I”, dalam jurnal ABDI NUS, Vol. 2, No. 1, 2018

Indriyani Ma’rifah dalam Andik Wahyun Muqoyyidin, “Membangun Kesadaran Inklusif-Multikultural untuk Deradikalisasi Pendidikan Islam” dalam jurnal Pendidikan Islam, Vol. II, No. 1, Juni 2013

Downloads

Download data is not yet available.