LITERASI DIGITAL DALAM PENGUATAN STUDI KEISLAMAN MAHASISWA FTIK IAIN TULUNGAGUNG
pdf

How to Cite

suwanto, suwanto. (2021). LITERASI DIGITAL DALAM PENGUATAN STUDI KEISLAMAN MAHASISWA FTIK IAIN TULUNGAGUNG. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(2), 226-249. https://doi.org/10.21274/dinamika.2020.20.2.226-249

Abstract

Mahasiswa memiliki intensitas tinggi dalam mengakses internet. Sedangkan pemanfaatan dibidang pendidikan baru 55,30%. Pada sisi lain pada laman sinta2.ristekdikti.go.id terdapat artikel yang berkaitan dengan  studi keislaman. Sehingga kajian studi keislaman perlu merespon baik hal tersebut. Penelitian yang dilakukan bertujuan 1) mengetahui strategi dosen membangun kompetensi berliterasi E-Jurnal mahasiswa FTIK IAIN Tulunggung, 2) mengetahui kompetensi berliterasi dengan E-Jurnal mahasiswa FTIK IAIN Tulunggung, dan 3) mengetahui pemanfaatan E-jurnal dalam studi keislaman mahasiswa FTIK IAIN Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan narasumber menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data berasal dari dosen, mahasiswa, dan pengelola program studi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teorinya Miles dan Huberman dengan 4 tahapan. Sedangkan uji keabsahan data dengan perpanjangan kehadiran peneliti di tempat penelitian, melakukan pengamatan terus menerus dan trianggulasi. Hasil dari penelitian ini 1) Dosen telah melakukan strategi membangun kompetensi berliterasi E-Jurnal mahasiswa FTIK IAIN Tulunggung. Sudah menunjukkan adanya sasaran yang terpenting yang akan dicapai, ada kebijakan-kebijakan yang mengarah kepada pelaksanaan dan langkah-langkah yang mewujudkan sasaran tersebut, 2) Mahasiswa telah memiliki kompetensi berliterasi E-jurnal sebab mereka baru dapat melakukan searching bebas dan dapat memahami arah hipertex tetapi belum mampu melakukan content evaluation dan knowledge Assembly, 3) Sudah ada pemanfaatan E-jurnal dalam studi keislaman mahasiswa FTIK IAIN Tulungagung Referensi yang digunakan tidak hanya buku dan dan jurnal cetak.

https://doi.org/10.21274/dinamika.2020.20.2.226-249
pdf

References

Azhar, Tauhid Nur, dkk., 2017, Membedah Anatomi Peradaban Digital, Bandung Barat: Tasdiqiya Publisher.

Bawden, D., 2008, Origins and concepts of digital literacy, in: Digital Literacies: Concepts, Policies and Practices, Peter Lang Publishing, New York.

Belshaw, D.A.J., 2011, What id “Digital Literacy”?, Durham University, United Kingdom.

Danim, Sudarwan. 2002., Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia.

Darmayanti, Riska. 2016., Membangun budaya literasi informasi bagi masyarakat kampus, (Jurnal Iqra’Volume 10 No.1, Mei 2016)

Gilster. 1997. Digital Literacy. New York: Wiley

Khoiriyah, 2013., Memahami Metodologi Studi Islam (Suatu Konsep Tentang Seluk Beluk Pemahaman Ajaran Islam, Studi Islam dan Isu-isu Kontemporer dalam Studi Islam), Yogyakarta: Teras.

Muhaimin, 2005., Kawasan dan Wawasan Studi Islam, Jakarta: Kencana.

Na’im. Ngainun. 2009., Pengantar Studi Islam, Yogyakarta: Teras.

Nata. Abuddin., 2016. Metodologi Studi Islam, Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Nawawi, Hadari, dan Martini, Mini. 1996., Penelitian Terapan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pratiwi, Nani, dan Pritanova, Nola,. Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologis Anak dan Remaja, (Sementik : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoensia, Pascasarjana UNY)

Rejeki, MC Ninik Sri, dkk., 2019, Literasi Media & Informasi dan Citizenship, Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya.

Sodikin, Abuy. 2000,. Metodologi Studi Islam, Bandung: Insan Madani.

Stefany, Stella dkk., Literasi Digital Dan Pembukaan Diri: Studi Korelasi Penggunaan Media Sosial Pada Pelajar Remaja di Kota Medan, (Sosioglobal :Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 2017).

Sukaesih, S. and Rohman, A.S., 2013. Literasi Informasi Pustakawan: Studi Kasus Di Universitas

Supiana, 2009., Metodologi Studi Islam, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Surachman, A., 2012, Pengembangan E-Resources: Salah Satu Upaya Membangun Perpustakaan Digital, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Zalnur, Muhammad., “Plagiarisme di Kalangan Mahasiswa dalam Membuat Tugas-tugas perkuliahan pada Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang”, Jurnal Al-Ta’lim, (2012) dalam http://journal.tarbiyahiainb.ac.id/indek.php/attalim/article/view/6 diakses 20 Agustus 2018

Zuhriyah, Luluk Fikri ., 2007, Metode dan Pendekatan dalam Studi Islam: Pembacaan atas pemikiran Charles J. Adams, Surabaya: Islamica Jurnal Studi Keislaman.

Downloads

Download data is not yet available.