PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INTERAKSIONISME SIMBOLIK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI
pdf

How to Cite

Maulidiyah, E., & Reza, M. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INTERAKSIONISME SIMBOLIK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 81-95. https://doi.org/10.21274/dinamika.2020.20.1.81-95

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis interaksi simbol untuk membangun karakter anak di Taman Kanak-kanak Budi Utomo Lamongan sebagai upaya membangun kualitas karakter yang memiliki keterkaitan yang kuat dengan kemajuan bangsa. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian dengan mengembangkan model dan pengembangan penelitian Thiagarajan dengan model 4D yaitu Define, Design, Develop dan Diseminate. Model penelitian ini untuk pengembangan perangkat pembelajaran. Perumusan komponen model Perancangan pembelajaran didasarkan pada interaksi komponen yang berkaitan dengan materi guru, Perancangan sekolah dan kelas, serta penggunaan media pembelajaran. Hasil pengembangan model Perancangan pembelajaran berbasis interaksi simbolik dituangkan dalam bentuk SOP penyambutan anak, SOP kegiatan awal kegiatan,

 

Kata kunci : Interaksi simbolik, anak, karakter

https://doi.org/10.21274/dinamika.2020.20.1.81-95
pdf

References

DAFTAR PUSTAKA

Muhson, Ali. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII (2). 2010.

Ali, Suryadharma. Membangun Parpol Anti Korupsi. Seputar Indonesia. 25 Juni 2008

Ardianto, Elvinaro dan Bambang Q-Anees, Filsafat Ilmu Komunikasi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2007.

Arief S. Sadiman, dkk. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Edisi Pertama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Denzin, Norman K. & Yvonna S. Lincoln, Handbook of Qualitative Research, terj. Dariyatno, dkk, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009. Lihat pula Robert R. Sherman & Rodman B. Webb, Qualitative Research in Education Focus and Methods, (New York: Routledge Falmer Tylor and Francis e-Library, 2005

Groos, J.J. & Thompson, R.A, Emotion Regulation Conceptual Foundations. In JJ Gross (Ed.), Handbook of Emotion Regulation, New York Guliford Press. 2007.

Krismanda, Mutia Ayu; Bambang Ismanto, dan Ade Iriani. “Pengembangan Model Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua Melalui Media Sosial dalam Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di Sekolah Menengah Swasta”. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2017.

Maghfira, Tasya Aulia dan Adi Bayu Mahadian. “Interaksi Simbolik Pengajar Dan Siswa Di Komunitas Matahari Kecil”. Jurnal Komunikasi Global, 7 (1). 2018

Megawangi, Ratna. Pendidikan Karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation. 2009.

Nuryanti, Lusi. Psikologi Anak. Jakarta : PT Indeks. 2008.

Ridwan. “Implementasi Pendidikan Karakter melalui Media Film dalam Pembelajaran Agama Islam di SMP Negeri Cempaka Kabupaten Pinrang”. Al Islah: Jurnal Studi Pendidikan. XVI (2), 2018.

Santrock, John W. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga. 2007.

Schore, Allan N. Affect Regulation and the Repair of the self. Norton &company, 2003

Slameto. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Salatiga: Satya Wacana University Press. 2015.

Slavin, Robert E. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Indeks. 2009.

Spradley, James P. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara WacanaSubandi, Latihan Meditasi untuk Psikoterapi, Dalam Subandi (ed.), Psikoterapi: Pendekatan Konvensional dan Kontemporer, Yogyakarta: Unit Publikasi Fakultas Psikologi UGM. 2007.

Sugiyono.. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Cetakan Kesebelas. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Memberikan Deskripsi, Eksplanasi, Prediksi, Inovasi, dan juga Dasar-Dasar Teoritis bagi Pengembangan Pendidikan. Cetakan kedelapan, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.

Thiagarajan, Sivasailam dkk. Instruksional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Leadership Training Institute/special education: University of Minnesota. 1974.

Wahid, Abdul Hamid dkk. “Manajemen Kelas dalam Menciptakan Suasana Belajar yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa”. Al-Fikrah; Jurnal Manajemen Pendidikan. 5(2). 2018.

Downloads

Download data is not yet available.