EKSISTENSI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM
pdf

Keywords

Eksistensi masyarakat, lingkungan, pendidikan Islam

How to Cite

sulistyorini, S. (2021). EKSISTENSI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 21(01), 187-202. https://doi.org/10.21274/dinamika.2021.21.01.187-202

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis eksistensi masyarakat dalam meningkatkan lingkungan pendidikan Islam. Penelitian ini dilakukan di MI Gogodeso, Kanigoro dan SDN  Sananwetan Kota Blitar. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi berperanserta, dan studi dokumentasi. Pengecekan kredibilitas data dengan teknik triangulasi, data yang terkumpul diorganisir, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, baik melalui analisis dalam kasus maupun analisis lintas kasus guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pertama masyarakat ikut memikirkan kondisi lingkungan akademik dan non akademik pada sekolah dasar tersebut dengan berpartisipasi dalam pengadaan buku-buku pengayaan, yang judul maupun isi bukunya menarik dan menambah wawasan pengetahuan bagi anak, kedua masyarakat bermusyawarah dengan sekolah untuk mengurangi sampah plastik dengan mendirikan kantin sehat dan kantin jujur. Jajanan yang dijual di dalam kantin tidak boleh dibungkus dengan plastik maupun dibungkus dengan daun. Di sekolah ini anak-anak dilarang njajan selain di kantin sehat dan kantin jujur tersebut dan masyarakat ikut membantu memikirkan dan menyediakan menu sehat untuk anak-anak, ketiga Jum’at bersih dilakukan oleh  sekolah  bersama-sama dengan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, dan membantu membuat taman sekolah supaya lingkungan kelihatan indah dan hijau, dan kelima fihak kelurahan setempat ikut membantu mengkondisikan lingkungan bersih, hijau dan sehat dengan membuatkan bipori dan sumur resapan, pada taman-taman yang telah dibuat oleh sekolah bersama dengan masyarakat.

https://doi.org/10.21274/dinamika.2021.21.01.187-202
pdf

References

Arifin, I. 1998. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Madrasah Ibtidaiyah Dan Sekolah Dasar Berprestasi Studi Multi Kasus Pada MIN Malang1, MI Mamba’ul Ulum, Dan SDN Ngaglik I Batu Malang.Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP Malang.

Ansar & Abd.Kadim.M., 2007, Manajemen Berbasis Sekolah, Malang: Nurul Jannah

Bafadal, I. 1995.Proses-Proses Perubahan di Sekolah: Studi Multi Situs Pada Tiga Sekolah Dasar yang Baik di Sumekar. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP Malang.

Bafadal, I. 2006. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Berg, B.L. 1989. Qualitative Research Methods for The Social Sciences. Boston: Allyn andBacon.

Bogdan R. 1972. Paricipant Observation in Organizational Setting. New York: Syracuse University Press.

Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. 1990.Riset Kualitatif untuk Pendidikan.Terjemahan oleh Munandir. Jakarta: Depdikbud.

Bogdan, R.C. & Taylor, S.J. 1992.Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Terjemahan oleh Arief Furchan. Surabaya: Usaha Nasional.

Bogdan, Robert dan Steven J.T. 1992.Surabaya, Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif, Alih Bahasa Arif Furkon: Usaha Nasional.

Bogdan, R. dan Tailor, S.J.1993 (A.Khozmi, A. Penterjemah).Kualitatif Dasar-Dasar Penelitian, Surabaya: Usaha Nasional.

Bogdan, R. C. Bicklen, Sari Knoop.1982.Qualitative research for education and introduction to theory and methiode. Boston: Allyn and Bacon.

Danim, S. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah, Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas, 2002.Panduan Umum Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

DeRoche, E.F. 1985. How School Administrators Solve Problems. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.

Gibbons, M. 1986. School Improvement Program.Ohio: Culumbus Public Schools, Dept. of Evaluation Services.

Gorton, R.A., 1976. School Administration: Challenge and opprtunity for Leadership. Dubuque Lowa. Wm.C. Brown Company.

Gorton, R.A. 1977. School Administration.Amerika: Brown Company Publishers.

Hanson, E.M. 1991. Educational Administration and Organizational Behavior.(Third Edition). Boston: Allyn and Bacon.

Harmadi. 2008. Peranserta Masyarakat dalam Pendidikan (Online), (http://www. Re-searchengines.com/cetak/2008/07/08/htm, diakses 5 September 2009),

Hersey, P.& Blanchard, K.1982. Management of OrganizationalBehavior: Utilizing Human Resources.New Jersey: Prentice Hall

Hoover, K.V., dkk. 1987. Parent Involvement: Contributions of Teacher Efficacy, School Socioeconomic status, and Other School Characteristics. American Educational Research Journal 24. (3). 417-435. Fall.

Husen, T. 1988. Learning Society, Jakarta : Rajawali Pers.

Hymes, J.L. 1953. Effective Home-school Relations. Englewood Cliffs, N. J. : Prentice-Hall, Inc.

Kamars, M.D. 1989. Sistem Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi Suatu Perbandingan Antar Beberapa Negara. Jakarta: Depdikbud-Ditjendikti P2LPTK.

Downloads

Download data is not yet available.