AKTUALISASI SISTEM NILAI DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI LEMBAGA PENDIDIKAN Studi Multikasus di MAN 2 Tulungagung dan SMAN 1 Boyolangu Tulungagung
PDF

How to Cite

Khomsiyah, I., & Chotimah, C. (1). AKTUALISASI SISTEM NILAI DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI LEMBAGA PENDIDIKAN Studi Multikasus di MAN 2 Tulungagung dan SMAN 1 Boyolangu Tulungagung. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 15(1), 117-132. https://doi.org/10.21274/dinamika.2015.15.1.117-132

Abstract

Characteristics of organizational culture between one institution to another is not the same, and each uses a basic value as a reference act; value is an intangible aspect that can move the organizational elements forming organizational culture in a long time. In terms of organizational socialization values, there had to be obstacles, but can be solved by using effective communication.

Kata kunci: Nilai, budaya organisasi, pendidikan
https://doi.org/10.21274/dinamika.2015.15.1.117-132
PDF

References

Abudinata, 2000, Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru-Murid Studi Pemikiran Tasawuf Al-Ghozali, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Persada, Bahri, Djamarah Saiful, Zain Aswan, 1996, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rieneka Cipta.

Chazan, Barry, t.t., Contemporary Approaches to Moral Education Analyzing Alternative Theories, New york And London: Columbia University.

Departemen Agama RI, 2000, Al-Qur’an dan Terjemah, Bandung: CV. Diponegoro.

Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1984, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Proyek Pembinaan Perguruan tinggi Agama Islam.

Ekosusilo, Madyo, 2003, Hasil Penelitian Kualitatif Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo: Univet Bantara Press.

Fuad,Amsyari, 2001, Islam Kaffah Tantangan Sosial dan Aplikasinya di Indonesia, Jakarta: Gema Insani.

Kaswardi, Pendidikan Nilai Memasuki Tahun, 2000, Jakarta: Grasindo, 1993.

Idris, Zahara dan Lisma Jamal, 1992, Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Lincoln and Guba, t.t., Naturalistic Inquiry, Beverly Hill, Caifornia: Sage Publications.

Malik, Oemar, 1995, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Madjid, Nurcholis, 2010, Masyarakat Religius: Membumikan Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan, Jakarta: Dian Rakyat.

Mantja, W., 2003, Etnografi Desain Penelitian Kualitatif dan Manajemen Pendidikan, Malang: Winaka Media.

Miles M.B & Huberman A. Mikel, 1992, Qualitative Data Analisis, Beverly Hills: SAGE Publication, Inc.

Muhaimin, 2006, Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurangi Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhaimin, 2001, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Rohmat, 2004, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta.

Nasution, S., Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito, 2003.

Ndraha, Talizhidu, 1997, Budaya Organisasi, Jakarta: Rineka Cipta.

Rahman, Fazlul, “Islamic Metodology, The Post Formatif Development In Islam II”, dalam Kaswardi K.M, Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000, Jakarta.

Richards, Jack. C., 1999, Longman Dictionary of Language Teaching and Appied Linistics, Kualalumpur: Longman Group.

Thoha, Chabib, 1996, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiriaatmaja, Rochiati, 2007, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT. Rosdakarya.

Yusuf, Tayar dan Jurnalis Etek, 1987, Keragaman Teknik Evaluasi Dan Metode Penerapan Jiwa Agama, Jakarta: IND-HILL-CO.

Zuchdi, Darmiyati, 2008, Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang

Downloads

Download data is not yet available.