MOTIVASI MAHASISWA MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ PADA PROGRAM DIRASAT AL-QUR’AN IAIN TULUNGAGUNG
pdf

Keywords

Motivation; Tahfidz Program; Role; Achievement

How to Cite

Astuti, R. (2021). MOTIVASI MAHASISWA MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ PADA PROGRAM DIRASAT AL-QUR’AN IAIN TULUNGAGUNG. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 199-224. Retrieved from https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/dinamika/article/view/5436

Abstract

There was a significant increase in the number of new students at IAIN
Tulungagung who chose to participate at the Tahfidz program as a
compulsory program that they had to carry out every Monday until Thursday
starts from 07.00 to 08.30 am. This article outlines the motivation of
students to take part in the tahfidz program in the dirasat al-Qur’an IAIN
Tulungagung program, and outlines the role of that motivation for achieving
the target of tahfidz program students in the dirasat al-Qur'an IAIN
Tulungagung. It was concluded that the types of student motivation were
intrinsic and extrinsic. The majority of informants (83.3%) had the intrinsic
motivation and had considerable attention to memorization activities, both
unda’an and muroja’ah. The majority of informants also have a solution to
the obstacles they face in memorizing. Related to the role of motivation, the
majority of informants (83.3%) have the fluctuating motivation, they
(87.5%) also aware of the targets set by the Tahfidz program.

pdf

References

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.
Aziz, Amanu Abdul, Hafal al-Qur’an dalam Hitungan Hari, Bogor:
CV Hilal Media Grup, 2013.
Bungin, M. Burhan, Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi,
Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Edisi Kedua,
Jakarta: Prenada Media Grup, 2011.
Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta,
2002.
Fitriyani, Eka, dan Indah Puji Ratnani, “Memotivasi Siswa
Menghafal Surat Pendek Al-Qur’an Melalui “Mystery
Motivator” dalam Jurnal Psikologi, Vol. 12, No. 1, Juni 2016.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research Jilid I, Yogyakarta: Andi
Offset, 2003.
Hafidz, Ahsin W. al-, Bimbingan Praktis Menghafal al-Qur’an,
Jakarta, Amzah, 2008.
Hidayah, Aida, “Metode Tahfidz Al-Qur’an untuk Anak Usia Dini
(Kajian atas Buku Rahasia Sukses 3 Hafizh Quran Cilik
Mengguncang Dunia)” dalam Jurnal Studi Ilmu-Ilmu alQur’an dan Hadis, Vol.18, No. 1, Januari 2017.
Huda, M. Nurul, “Budaya Menghafal Alquran Motivasi dan
Pengaruhnya terhadap Religiusitas” dalam Sukma: Jurnal
Pendidikan, Vol. 2 Issue, Jul – Dec, 2018.
Idrus, Muhammad, Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan
Kualitatif dan Kuantitatif, Edisi Kedua, Jakarta: Penerbit
Erlangga, 2009.
Imamah, Istihabbil, Berita Acara Munaqasah Kelulusan Program
Tahfidz Tahun Akademik 2017 / 2018 tertanggal 24 Mei
2018.
Jawrah, Abdul Aziz Abu, Hafal al-Qur’an dan Lancar Seumur
Hidup, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.
Lubis, M. Hanafiah, “Efektifitas Pembelajaran Tahfizhil Al-Quran
dalam Meningkatkan Hafalan Santri di Islamic Centre
Sumatera Utara” dalam Jurnal Ansiru PAI, Vol. 1. No. 2, Juli
– Des, 2017.
M. Sardiman A., Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta:
Rajawali Pers, 2012.
Mahfudhon, Ulin Nuha, Jalan Penghafal al-Qur’an, Jakarta: Elex
Media Komputindo, 2017.
Mardhiyah, Annisa Nurul, dan Ayub Ilfabdy Imran, “Motivasi
Menghafal Al-Qur’an pada Anak Melalui Komunikasi
Interpersonal” dalam Nyimak: Journal of Communication,
Vol. 3, No. 2, September 2019.
Marza, Suci Eryzka, “Regulasi Diri Remaja Penghafal al-Qur’an di
Pondok Pesantren al-Qur’an Jami’atul Qurro’ Sumatera
Selatan” dalam Intelektualita, Vol. 06, No. 01, 2017.
Massul, Romdoni, Metode Cepat Menghafal & Memahami AyatAyat Suci al-Qur’an, Yogyakarta: Lafal Indonesia, 2014.
Mufidah, “Motivasi Mahasiswa Menghafalkan al-Qur’an (Studi
Kasus di Pondok Pesantren Al Munawir Krapayak
Yogyakarta”), Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga,
2003.
Munaji, Faik, “Motif Para Penghafal al-Qur’an (Studi di Pondok
Pesantren Salaf El-Tibyan Bulaksari Kecamatan Bantarsari
Kabupaten Cilacap”, Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto,
2016.
Munawir, “Pengaruh Pemberian Motivasi terhadap Semangat
Hafalan Al-Qur’an Siswi Kelas X Agama 2 Madrasah Aliyah
Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi Tahun Ajaran 2016 /
2017” dalam Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan,
Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, Vol. IX, No. 1:
122-147, September 2017.

Downloads

Download data is not yet available.