PENDIDIKAN ASWAJA SEBAGAI UPAYA MENANGKAL RADIKALISME
PDF

How to Cite

Wahyudin, D. (2017). PENDIDIKAN ASWAJA SEBAGAI UPAYA MENANGKAL RADIKALISME. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 291-314. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.291-314

Abstract

Semakin berkembangnya kelompok Islam radikal di Indonesia telahmemuncukan banyak respon dari berbagai kalangan. Hal ini karenasikap keberagamaan yang ditampilkan oleh kelompok Islam radikalumumnya sangat berbeda dengan apa yang ditampilkan oleh muslimIndonesia pada umumnya yang dikenal toleran, ramah dan akomodatifterhadap budaya dan tradisi. Sementara kelompok Islam radikal sangatantipati terhadap berbagai tradisi keagamaan. Adalah NahdatulUlama salah satu ormas terbesar di Indonesia yang sangat aktif mengcountergerakan dan paham Islam radikal. Salah satu upaya nyata yangdilakukan NU adalah dengan mengembangkan pendidikan Aswaja diseluruh LP Ma’arif NU. Pendidikan Aswaja diharapkan mampumenjadi benteng dari pengaruh paham Islam radikal, terutama padakalangan pelajar. Hal ini karena pendidikan Aswaja memuat nilainilailuhur: tawasut, tawazun dan tasamuh. Dengan menanamkan nilainilaiAswaja tersebut diharapkan dapat membentuk pribadi yangberkarakter inklusif dan menjungjung tinggi toleransi.
https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.291-314
PDF

References

Abdillah, Junaidi. Radikalisme Agama: Dekonstruksi Tafsir Ayat-Ayat

Kekerasan Dalam Al-Qur’an, dalam Jurnal Kalam Volume 8,

Nomor 2, Desember 2014

Abdusshomad, Muhyidin. Hujjah NU: Akidah, Amaliah, Tradisi,

Surabaya: Khalista, 2008

Abidin, Zaenal. Wahabisme: Transnasionalisme dan Gerakan-Gerakan

Radikal Islam di Indonesia dalam Jurnal Tasâmuh Volume 12, No.

, Juni 2015

Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta:

Ciputat Press, 2002.

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Baso, Ahmad. NU Studies: Pergolakan Pemikiran Antara Fundamentalisme

Islam dan Fundamentalisme Neo-Liberal. Surabaya: Erlangga, 2006

Haromain, Imam. Dkk, Pedoman dan Implementasi Pengembangan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs, Jawa Timur: Mapemda

Kantor Wilayah, 2009.

Keputusan Muktamar Ke-33 Nahdlatul Ulama Nomor: 002/Mnu-

/Viii/2015 Tentang Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah

Tangga Nahdlatul Ulama

Khaidar, Ali, Nahdlatul Ulama dan Islam Indonesia; Pendekatan Fiqih dalam

Politik, Jakarta: Gramedia, 1995.

Naim, Ngainun, Pengembangan Pendidikan Aswaja Sebagai Strategi

Deradikalisasi, dalam Jurnal Walisongo, Volume 23, Nomor I,

Mei 2015.

Miles M. B & Huberman A. Mikel, Qualitative Data Analisis, Beverly

Hills: SAGE Publication inc, 1992.

Munip, Abdul. Menangkal Radikalisme Agama di Sekolah, dalam Jurnal

Pendidikan Islam, Volume I Nomor 2, Desember 2012.

Muslih, Masnur. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual,

Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Nasution, Harun. Teologi Islam; Aliran-Aliran, Sejarah Analisa

Perbandingan, Jakarta: UI Pres, 2008

Qomar, Mujamil. Menggagas Pendidikan Islam, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2014.

Qardhawi, Yusuf. Islam Radikal: Analisis terhadap Radikalisme dalam

Berislam dan Upaya Pemecahannya, terj. Hawin Murthado, Solo:

Intermedia, 2004

Rais, M. Amin. Cakrawala Islam, Bandung: Mizan, 1987 Cet I

Rubaidi, A. Radikalisme Islam, Nahdlatul Ulama; Masa Depan Moderatisme

Islam di Indonesia, Yogykarta: Logung Pustaka, 2010

Sahal, Akhmad (ed) Dari Ushul Fiqih Hingga Paham Kebangsaan,

Bandung: Mizan Pustaka, 2015

Shidqi, Ahmad, Respon Nahdatul Ulama (NU) terhadapa wahabisme dan

Implikasinya Terhadapa Deradikalisasi Pendidikan Islam, dalam

Jurnal Pendidikan Islam, Volume II, Nomor I, Juni 2013.

Siradj, Said Aqil, Ahlussunnah wal Jama’ah; Sebuah Kritik Historis, Jakarta:

Pustaka Cendikiamuda, 2008.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2000.

Tanzeh, Ahmad dan Suyitno, Dasar-Dasar Penelitian, Surabaya: eLKAF,

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional

Haromain, Imam Dkk, Pedoman dan Implementasi Pengembangan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs, Jawa Timur: Mapemda

Kantor Wilayah, 2009.

Muslih, Masnur, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual,

Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Keputusan Muktamar Ke-33 Nahdlatul Ulama Nomor: 002/Mnu-33/Viii/2015 Tentang Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah

Tangga Nahdlatul Ulama

Zuhri, Saifuddin dkk., Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: Pustaka

Pelajar, 1999.

Zakiah Darajat, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: P.T. Bulan Bintang, 2005),

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta:

Ciputat Press, 2002

Downloads

Download data is not yet available.