PENDIDIKAN ASWAJA SEBAGAI UPAYA MENANGKAL RADIKALISME
PDF

Keywords

Pendidikan Aswaja
Nilai aswaja
Radikalisme

How to Cite

Wahyudin, D. (2017). PENDIDIKAN ASWAJA SEBAGAI UPAYA MENANGKAL RADIKALISME. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 291-314. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.291-314

Abstract

Perkembangan kelompok Islam radikal di Indonesia telah menimbulkan berbagai respon dari masyarakat, mengingat corak keberagamaan yang mereka tampilkan berbeda dengan karakter Islam Nusantara yang dikenal toleran, ramah, dan akomodatif terhadap budaya serta tradisi lokal. Sebaliknya, kelompok Islam radikal cenderung bersikap antipati terhadap tradisi keagamaan. Artikel ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa pendidikan Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) yang dikembangkan NU melalui LP Ma’arif dapat menjadi instrumen strategis dalam menangkal radikalisme, khususnya di kalangan pelajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain multisitus yang dilakukan di MA Ma’arif NU Blitar dan SMA Diponegoro Tulungagung. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum Aswaja yang memuat nilai-nilai tawasuth (moderat), tawazun (seimbang), dan tasamuh (toleran) berkontribusi signifikan dalam membentuk pemahaman keberagamaan yang moderat dan sikap toleran siswa. Internalisasi nilai-nilai tersebut tidak hanya memperkuat identitas keislaman yang inklusif, tetapi juga menjadi benteng ideologis yang efektif terhadap pengaruh paham radikal.

 

https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.291-314
PDF

References

Abdillah, Junaidi. Radikalisme Agama: Dekonstruksi Tafsir Ayat-Ayat

Kekerasan Dalam Al-Qur’an, dalam Jurnal Kalam Volume 8,

Nomor 2, Desember 2014

Abdusshomad, Muhyidin. Hujjah NU: Akidah, Amaliah, Tradisi,

Surabaya: Khalista, 2008

Abidin, Zaenal. Wahabisme: Transnasionalisme dan Gerakan-Gerakan

Radikal Islam di Indonesia dalam Jurnal Tasâmuh Volume 12, No.

, Juni 2015

Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta:

Ciputat Press, 2002.

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Baso, Ahmad. NU Studies: Pergolakan Pemikiran Antara Fundamentalisme

Islam dan Fundamentalisme Neo-Liberal. Surabaya: Erlangga, 2006

Haromain, Imam. Dkk, Pedoman dan Implementasi Pengembangan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs, Jawa Timur: Mapemda

Kantor Wilayah, 2009.

Keputusan Muktamar Ke-33 Nahdlatul Ulama Nomor: 002/Mnu-

/Viii/2015 Tentang Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah

Tangga Nahdlatul Ulama

Khaidar, Ali, Nahdlatul Ulama dan Islam Indonesia; Pendekatan Fiqih dalam

Politik, Jakarta: Gramedia, 1995.

Naim, Ngainun, Pengembangan Pendidikan Aswaja Sebagai Strategi

Deradikalisasi, dalam Jurnal Walisongo, Volume 23, Nomor I,

Mei 2015.

Miles M. B & Huberman A. Mikel, Qualitative Data Analisis, Beverly

Hills: SAGE Publication inc, 1992.

Munip, Abdul. Menangkal Radikalisme Agama di Sekolah, dalam Jurnal

Pendidikan Islam, Volume I Nomor 2, Desember 2012.

Muslih, Masnur. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual,

Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Nasution, Harun. Teologi Islam; Aliran-Aliran, Sejarah Analisa

Perbandingan, Jakarta: UI Pres, 2008

Qomar, Mujamil. Menggagas Pendidikan Islam, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2014.

Qardhawi, Yusuf. Islam Radikal: Analisis terhadap Radikalisme dalam

Berislam dan Upaya Pemecahannya, terj. Hawin Murthado, Solo:

Intermedia, 2004

Rais, M. Amin. Cakrawala Islam, Bandung: Mizan, 1987 Cet I

Rubaidi, A. Radikalisme Islam, Nahdlatul Ulama; Masa Depan Moderatisme

Islam di Indonesia, Yogykarta: Logung Pustaka, 2010

Sahal, Akhmad (ed) Dari Ushul Fiqih Hingga Paham Kebangsaan,

Bandung: Mizan Pustaka, 2015

Shidqi, Ahmad, Respon Nahdatul Ulama (NU) terhadapa wahabisme dan

Implikasinya Terhadapa Deradikalisasi Pendidikan Islam, dalam

Jurnal Pendidikan Islam, Volume II, Nomor I, Juni 2013.

Siradj, Said Aqil, Ahlussunnah wal Jama’ah; Sebuah Kritik Historis, Jakarta:

Pustaka Cendikiamuda, 2008.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2000.

Tanzeh, Ahmad dan Suyitno, Dasar-Dasar Penelitian, Surabaya: eLKAF,

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional

Haromain, Imam Dkk, Pedoman dan Implementasi Pengembangan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs, Jawa Timur: Mapemda

Kantor Wilayah, 2009.

Muslih, Masnur, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual,

Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Keputusan Muktamar Ke-33 Nahdlatul Ulama Nomor: 002/Mnu-33/Viii/2015 Tentang Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah

Tangga Nahdlatul Ulama

Zuhri, Saifuddin dkk., Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: Pustaka

Pelajar, 1999.

Zakiah Darajat, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: P.T. Bulan Bintang, 2005),

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta:

Ciputat Press, 2002

Downloads

Download data is not yet available.