Abstract
Perkembangan kelompok Islam radikal di Indonesia telah menimbulkan berbagai respon dari masyarakat, mengingat corak keberagamaan yang mereka tampilkan berbeda dengan karakter Islam Nusantara yang dikenal toleran, ramah, dan akomodatif terhadap budaya serta tradisi lokal. Sebaliknya, kelompok Islam radikal cenderung bersikap antipati terhadap tradisi keagamaan. Artikel ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa pendidikan Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) yang dikembangkan NU melalui LP Ma’arif dapat menjadi instrumen strategis dalam menangkal radikalisme, khususnya di kalangan pelajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain multisitus yang dilakukan di MA Ma’arif NU Blitar dan SMA Diponegoro Tulungagung. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum Aswaja yang memuat nilai-nilai tawasuth (moderat), tawazun (seimbang), dan tasamuh (toleran) berkontribusi signifikan dalam membentuk pemahaman keberagamaan yang moderat dan sikap toleran siswa. Internalisasi nilai-nilai tersebut tidak hanya memperkuat identitas keislaman yang inklusif, tetapi juga menjadi benteng ideologis yang efektif terhadap pengaruh paham radikal.
References
Abdillah, Junaidi. Radikalisme Agama: Dekonstruksi Tafsir Ayat-Ayat
Kekerasan Dalam Al-Qur’an, dalam Jurnal Kalam Volume 8,
Nomor 2, Desember 2014
Abdusshomad, Muhyidin. Hujjah NU: Akidah, Amaliah, Tradisi,
Surabaya: Khalista, 2008
Abidin, Zaenal. Wahabisme: Transnasionalisme dan Gerakan-Gerakan
Radikal Islam di Indonesia dalam Jurnal Tasâmuh Volume 12, No.
, Juni 2015
Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta:
Ciputat Press, 2002.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Baso, Ahmad. NU Studies: Pergolakan Pemikiran Antara Fundamentalisme
Islam dan Fundamentalisme Neo-Liberal. Surabaya: Erlangga, 2006
Haromain, Imam. Dkk, Pedoman dan Implementasi Pengembangan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs, Jawa Timur: Mapemda
Kantor Wilayah, 2009.
Keputusan Muktamar Ke-33 Nahdlatul Ulama Nomor: 002/Mnu-
/Viii/2015 Tentang Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah
Tangga Nahdlatul Ulama
Khaidar, Ali, Nahdlatul Ulama dan Islam Indonesia; Pendekatan Fiqih dalam
Politik, Jakarta: Gramedia, 1995.
Naim, Ngainun, Pengembangan Pendidikan Aswaja Sebagai Strategi
Deradikalisasi, dalam Jurnal Walisongo, Volume 23, Nomor I,
Mei 2015.
Miles M. B & Huberman A. Mikel, Qualitative Data Analisis, Beverly
Hills: SAGE Publication inc, 1992.
Munip, Abdul. Menangkal Radikalisme Agama di Sekolah, dalam Jurnal
Pendidikan Islam, Volume I Nomor 2, Desember 2012.
Muslih, Masnur. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual,
Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Nasution, Harun. Teologi Islam; Aliran-Aliran, Sejarah Analisa
Perbandingan, Jakarta: UI Pres, 2008
Qomar, Mujamil. Menggagas Pendidikan Islam, Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2014.
Qardhawi, Yusuf. Islam Radikal: Analisis terhadap Radikalisme dalam
Berislam dan Upaya Pemecahannya, terj. Hawin Murthado, Solo:
Intermedia, 2004
Rais, M. Amin. Cakrawala Islam, Bandung: Mizan, 1987 Cet I
Rubaidi, A. Radikalisme Islam, Nahdlatul Ulama; Masa Depan Moderatisme
Islam di Indonesia, Yogykarta: Logung Pustaka, 2010
Sahal, Akhmad (ed) Dari Ushul Fiqih Hingga Paham Kebangsaan,
Bandung: Mizan Pustaka, 2015
Shidqi, Ahmad, Respon Nahdatul Ulama (NU) terhadapa wahabisme dan
Implikasinya Terhadapa Deradikalisasi Pendidikan Islam, dalam
Jurnal Pendidikan Islam, Volume II, Nomor I, Juni 2013.
Siradj, Said Aqil, Ahlussunnah wal Jama’ah; Sebuah Kritik Historis, Jakarta:
Pustaka Cendikiamuda, 2008.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2000.
Tanzeh, Ahmad dan Suyitno, Dasar-Dasar Penelitian, Surabaya: eLKAF,
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang
Sistem Pendidikan Nasional
Haromain, Imam Dkk, Pedoman dan Implementasi Pengembangan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs, Jawa Timur: Mapemda
Kantor Wilayah, 2009.
Muslih, Masnur, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual,
Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Keputusan Muktamar Ke-33 Nahdlatul Ulama Nomor: 002/Mnu-33/Viii/2015 Tentang Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah
Tangga Nahdlatul Ulama
Zuhri, Saifuddin dkk., Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: Pustaka
Pelajar, 1999.
Zakiah Darajat, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: P.T. Bulan Bintang, 2005),
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta:
Ciputat Press, 2002