Abstract
Semakin berkembangnya kelompok Islam radikal di Indonesia telahmemuncukan banyak respon dari berbagai kalangan. Hal ini karenasikap keberagamaan yang ditampilkan oleh kelompok Islam radikalumumnya sangat berbeda dengan apa yang ditampilkan oleh muslimIndonesia pada umumnya yang dikenal toleran, ramah dan akomodatifterhadap budaya dan tradisi. Sementara kelompok Islam radikal sangatantipati terhadap berbagai tradisi keagamaan. Adalah NahdatulUlama salah satu ormas terbesar di Indonesia yang sangat aktif mengcountergerakan dan paham Islam radikal. Salah satu upaya nyata yangdilakukan NU adalah dengan mengembangkan pendidikan Aswaja diseluruh LP Ma’arif NU. Pendidikan Aswaja diharapkan mampumenjadi benteng dari pengaruh paham Islam radikal, terutama padakalangan pelajar. Hal ini karena pendidikan Aswaja memuat nilainilailuhur: tawasut, tawazun dan tasamuh. Dengan menanamkan nilainilaiAswaja tersebut diharapkan dapat membentuk pribadi yangberkarakter inklusif dan menjungjung tinggi toleransi.References
Abdillah, Junaidi. Radikalisme Agama: Dekonstruksi Tafsir Ayat-Ayat
Kekerasan Dalam Al-Qur’an, dalam Jurnal Kalam Volume 8,
Nomor 2, Desember 2014
Abdusshomad, Muhyidin. Hujjah NU: Akidah, Amaliah, Tradisi,
Surabaya: Khalista, 2008
Abidin, Zaenal. Wahabisme: Transnasionalisme dan Gerakan-Gerakan
Radikal Islam di Indonesia dalam Jurnal Tasâmuh Volume 12, No.
, Juni 2015
Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta:
Ciputat Press, 2002.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Baso, Ahmad. NU Studies: Pergolakan Pemikiran Antara Fundamentalisme
Islam dan Fundamentalisme Neo-Liberal. Surabaya: Erlangga, 2006
Haromain, Imam. Dkk, Pedoman dan Implementasi Pengembangan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs, Jawa Timur: Mapemda
Kantor Wilayah, 2009.
Keputusan Muktamar Ke-33 Nahdlatul Ulama Nomor: 002/Mnu-
/Viii/2015 Tentang Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah
Tangga Nahdlatul Ulama
Khaidar, Ali, Nahdlatul Ulama dan Islam Indonesia; Pendekatan Fiqih dalam
Politik, Jakarta: Gramedia, 1995.
Naim, Ngainun, Pengembangan Pendidikan Aswaja Sebagai Strategi
Deradikalisasi, dalam Jurnal Walisongo, Volume 23, Nomor I,
Mei 2015.
Miles M. B & Huberman A. Mikel, Qualitative Data Analisis, Beverly
Hills: SAGE Publication inc, 1992.
Munip, Abdul. Menangkal Radikalisme Agama di Sekolah, dalam Jurnal
Pendidikan Islam, Volume I Nomor 2, Desember 2012.
Muslih, Masnur. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual,
Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Nasution, Harun. Teologi Islam; Aliran-Aliran, Sejarah Analisa
Perbandingan, Jakarta: UI Pres, 2008
Qomar, Mujamil. Menggagas Pendidikan Islam, Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2014.
Qardhawi, Yusuf. Islam Radikal: Analisis terhadap Radikalisme dalam
Berislam dan Upaya Pemecahannya, terj. Hawin Murthado, Solo:
Intermedia, 2004
Rais, M. Amin. Cakrawala Islam, Bandung: Mizan, 1987 Cet I
Rubaidi, A. Radikalisme Islam, Nahdlatul Ulama; Masa Depan Moderatisme
Islam di Indonesia, Yogykarta: Logung Pustaka, 2010
Sahal, Akhmad (ed) Dari Ushul Fiqih Hingga Paham Kebangsaan,
Bandung: Mizan Pustaka, 2015
Shidqi, Ahmad, Respon Nahdatul Ulama (NU) terhadapa wahabisme dan
Implikasinya Terhadapa Deradikalisasi Pendidikan Islam, dalam
Jurnal Pendidikan Islam, Volume II, Nomor I, Juni 2013.
Siradj, Said Aqil, Ahlussunnah wal Jama’ah; Sebuah Kritik Historis, Jakarta:
Pustaka Cendikiamuda, 2008.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2000.
Tanzeh, Ahmad dan Suyitno, Dasar-Dasar Penelitian, Surabaya: eLKAF,
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang
Sistem Pendidikan Nasional
Haromain, Imam Dkk, Pedoman dan Implementasi Pengembangan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs, Jawa Timur: Mapemda
Kantor Wilayah, 2009.
Muslih, Masnur, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual,
Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Keputusan Muktamar Ke-33 Nahdlatul Ulama Nomor: 002/Mnu-33/Viii/2015 Tentang Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah
Tangga Nahdlatul Ulama
Zuhri, Saifuddin dkk., Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: Pustaka
Pelajar, 1999.
Zakiah Darajat, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: P.T. Bulan Bintang, 2005),
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta:
Ciputat Press, 2002